ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Jaga Ginjal Tetap Sehat dengan Rutin Mengonsumsi Makanan Berikut

Ginjal merupakan salah satu organ vital bagi tubuh karena berfungsi sebagai filter untuk membuang racun dan kelebihan air dari dalam darah, serta mengontrol tekanan darah. Sayangnya, banyak yang masih belum memberikan perhatian lebih pada organ vital satu ini, hingga fungsi ginjal terganggu. Padahal, kondisi ini dapat dicegah sebelum terlambat. Selain rutin mengonsumsi air sesuai kebutuhan tubuh serta mengurangi konsumsi alkohol, Anda juga bisa menjaga ginjal tetap sehat dengan rutin mengonsumsi berbagai jenis makanan dan buah yang dikenal baik untuk ginjal. Apa saja jenis makanannya? Yuk, cari tahu di sini.

Kol

 

 

Sayuran yang satu ini kaya akan phytochemical, yaitu zat yang mampu mengurangi efek radikal bebas di dalam tubuh, sehingga bisa mengurangi risiko kanker, gangguan kardiovaskuler, serta disfungsi ginjal. Kol juga mampu mengurangi peradangan dan oksidasi sehingga membantu kembali berfungsinya organ ginjal.

Bawang Merah

 

 

Bawang merah ternyata juga sangat bermanfaat dalam menjaga ginjal tetap berfungsi dengan baik. Bawang merah mengandung flavonoid dan quercetin yang bisa mencegah penumpukan lemak pada pembuluh darah. Quercetin adalah antioksidan yang mampu menurunkan resiko kanker dan penyakit jantung. Bawang merah sangat baik untuk ginjal dan juga memiliki kandungan potasium yang rendah. Kandungan chromium di dalamnya juga bisa membantu metabolisme lemak, protein dan karbohidrat.

Apel

 

Apel merupakan buah yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Buah ini juga memiliki kandungan anti inflamasi dan antioksidan yang dapat mengurangi kolesterol jahat, menurunkan resiko serangan jantung, kanker dan diabetes. Karena diabetes juga berhubungan dengan gagal ginjal, mengonsumsi apel 1 buah setiap hari dipercaya dapat melindungi tubuh dari gangguan fungsi ginjal.

Baca juga: Deretan Buah Ini Cocok untuk Dikonsumsi Agar Badan Tetap Sehat Selama Bulan Puasa

Jus Lemon

 

 

Jus lemon memiliki potensi untuk meringankan gangguan ginjal. Kandungan vitamin C dan asam sitratnya dapat membantu menjaga pH internal, meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh secara keseluruhan. Anda bisa meminum jus lemon di pagi hari atau sebelum makan siang. Namun sebaiknya jangan menambahkan gula ya, lebih baik tambahkan pemanis alami seperti madu atau stevia.

Anggur Merah

Buah lezat ini dipenuhi dengan polyphenolic alami yang disebut resveratrol. Zat ini merupakan zat yang dapat memberikan berbagai macam manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan jantung dan melindungi ginjal. Resveratrol juga dapat membantu memperbaiki cidera ginjal. Jadi, untuk mendapatkan ginjal yang tetap sehat sebaiknya Anda rutin mengonsumsi buah anggur merah secara rutin.

Baca juga: Jangan Sampai Dehidrasi dan Terkena Risiko Ginjal, Coba Cara Ini Untuk Anda yang Sering Lupa Minum Air

PREVIOUS ARTICLE

Berbagai Jenis Perselingkuhan Menurut Ahli, yang Perlu Anda Waspadai

NEXT ARTICLE

Rekomendasi Film dan Series Korea Berdasarkan Kisah Nyata untuk Mengisi Waktu di Libur Lebaran

RELATED ARTICLES

COMMENTS

10comments


  • Adinda Sopiani1 month ago

    Thanks for info:)

  • Inas Abidah Septadela1 month ago

    selain itu minum air putih yang banyak juga dapat menjaga kesehatan ginjal

  • Catherine V1 month ago

    Follback ya

  • karimatul fitriyani1 month ago

    follback please

  • Safira Aulia1 month ago

    Nice info

  • Valentina Yosnanda2 months ago

    Hello beautiful, Minta folbacknya ya. Thank you :)

  • Vhelly Dinastri2 months ago

    Terima kasih infonya :)

  • Debbie Kurniawaty2 months ago

    Thanks infonyaaa

  • Feby Yusriyyah2 months ago

    bermanfaat sekali infonya

  • Ade hadiati Nuzuliana2 months ago

    terimakasih infonya :)