ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Inspiration

Mengenal Dark Tourism, Kunjungan ke Tempat Bersejarah yang Berkaitan dengan Kematian

Pergi berwisata merupakan kegiatan melepas penat yang biasanya dinanti-nantikan oleh banyak orang. Biasanya, tempat wisata yang menjadi favorit adalah taman rekreasi atau wisata alam seperti pantai dan pegunungan. Menyukai wisata yang dapat memicu adrenalin? Tempat wisata yang menawarkan berbagai extreme sports seperti paralayang dan bungee jumping tentu sudah menjadi hal yang biasa untuk Anda. Jika merasa berwisata ke tempat-tempat tersebut sudah biasa dan Anda menginginkan destinasi wisata baru, Anda harus berkenalan dengan dark tourism. Yuk, simak pembahasan mengenai dark tourism di bawah ini!

Apa Itu Dark Tourism?

Dark Tourism

Konsep wisata dark tourism memang tidak begitu akrab di telinga setiap orang karena konsep yang ditawarkan berbeda dengan wisata lainnya. Dalam bahasa Indonesia, dark tourism bisa diartikan sebagai “wisata kelam” atau “wisata gelap.” Secara singkat, dark tourism merupakan perjalanan wisata yang mengunjungi lokasi atau tempat yang identik dengan tragedi yang memakan banyak korban jiwa. Bisa dibilang, lokasi wisata dark tourism adalah tempat-tempat yang berhubungan dengan kematian. Namun, jangan merasa takut dulu, ya! Tempat-tempat ini pada umumnya memiliki nilai sejarah atau politik yang sangat berharga.

Uniknya, meskipun dark tourism sangat berkaitan dengan kematian, makna yang dapat diambil dari wisata ini sebetulnya juga sangat erat kaitannya dengan kehidupan. Menurut Dr. Philip Stone, salah satu pendiri dari Institute for Dark Tourism Research di Inggris, banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi lokasi dark tourism karena dapat memberi pengetahuan lebih akan bencana yang terjadi di tempat tersebut serta berempati lebih kepada para korban dari bencana.. Setelah melakukan dark tourism, tak sedikit dari para wisatawan yang merasa lebih menghargai kehidupan, karena menyadari bahwa bencana bisa terjadi kapan saja dan tidak menutup kemungkinan bahwa mereka bisa menjadi salah satu korbannya pula.

Baca Juga: Destinasi Wisata Ekstrem di Dunia yang Wajib Dikunjungi para Pecandu Adrenalin

Lokasi Wisata Dark Tourism

Dark Tourism

Hiroshima Peace Memorial Park, Jepang

Lantas, lokasi apa saja yang bisa dikategorikan sebagai lokasi wisata dark tourism? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tempat-tempat ini bisa dibilang adalah “saksi bisu” akan bencana yang terjadi di wilayah tersebut dan memakan korban jiwa dengan jumlah yang fantastis. Karena itulah, lokasi wisata dark tourism sebagian besar adalah situs perang, penjara, situs perbudakan, dan area pemakaman kuno yang biasanya menjadi “simbol” wisata di suatu wilayah. Beberapa lokasi wisata dark tourism yang terkenal adalah Hiroshima Peace Memorial Park yang dibangun untuk mengenang dampak bencana nuklir di Hiroshima, Jepang yang menewaskan sekitar 140.000 orang dan Ground Zero, monumen yang dibangun untuk mengenang lokasi terjadinya serangan terorisme 9/11 yang menewaskan lebih dari 3000 orang di New York.

Dark Tourism

Ground Zero, New York

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi lokasi wisata dark tourism ini, tentu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Karena lokasi ini sebagian besar mengenang para korban yang meninggal akibat dampak dari bencana, tentu Anda harus menjaga etika dan perilaku selama mengunjungi tempat tersebut. Banyak kritik yang ditujukan untuk para turis yang sering ber-selfie sambil tersenyum di beberapa bagian yang sakral dari lokasi dark tourism, serta tidak menunjukkan empati yang mendalam saat mengunjungi tempat tersebut. Anda juga harus berhati-hati sebelum memutuskan untuk mengunjungi situs perang yang masih aktif hingga saat ini karena dapat membahayakan jiwa Anda serta orang lain yang bepergian dengan Anda.

Baca Juga: 5 Wisata Makam Di Indonesia dan Luar Negeri yang Bisa Jadi Alternatif Liburan Anti-mainsteram

PREVIOUS ARTICLE

Mandi dengan Air Panas atau Air Dingin, Mana yang Lebih Sehat?

NEXT ARTICLE

Sering Berujung pada Sanksi Pemecatan, Berikut 5 Kesalahan Fatal yang Harus Anda Hindari di Tempat Kerja

RELATED ARTICLES

QC Content at BeautyJournal

COMMENTS

1comment


  • wita tan1 week ago

    jdi pengen travelling ahahaha