Lifestyle

Kok Cepat Loyo Ketika Puasa? Hmm, Mungkin Anda Harus Lakukan 5 Hal Ini

Puasa bukan alasan untuk Anda jadi pemalas dan kurang produktif, karena loyo. Tak ada alasan menunda pekerjaan hanya karena lapar dan haus. Aktivitas harian masih bisa tetap dilakukan, hanya saja Anda memang harus menyesuaikan porsinya. Syarat utama, tentu Anda harus selalu bugar selama berpuasa dan pantang loyo. Sedikit rumit memang, karena bugar identik dengan kecukupan nutrisi tubuh yang didapat dari makanan. Lalu bagaimana agar Anda tak loyo selama berpuasa? Poin berikut bisa menjadi jawabannya.

1. Pilih Makanan yang Tepat

Kiat Bugar Selama Berpuasa dengan Makanan Berkuah

Dimulai saat sahur, sebisa mungkin selalu konsumsi makanan berkuah. Selain kenyang, kelembapan tubuh juga akan terjaga berkat kuahnya. Begitu saatnya berbuka puasa, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan bersantan. Kebiasaan ‘ngamuk’ saat buka juga sebaiknya dihindari, karena kenyang bisa menyebabkan mengantuk lho. Di antara waktu buka dan sahur, usahakan mengonsumsi air paling tidak 10 gelas.

Baca Juga: Yuk, Persiapkan Diri Agar Tetap Fit di Bulan Puasa Dengan Cara Ini

2. Mengatur Pola Tidur

Kiat Bugar Selama Berpuasa dengan Menjaga Pola Tidur

Anda mungkin pernah melakukan cara ekstrem untuk melupakan lapar dengan tidur seharian. Jika pernah, sebaiknya hindari cara ini karena bisa memicu lethargy. Normalnya, tubuh butuh 8 jam untuk tidur. Kalau berlebihan, justru tidak baik untuk tubuh. Kekurangan tidur akibat tarawih, tadarus, dan sahur bisa diganti saat siang hari. Yang penting, jaga pola tidur yang sama hingga satu bulan ke depan.

3. Tetap Berolahraga

A pretty muslim woman athlete stretching her body at stadium track

Olahraga cenderung menghabiskan energi. Tak heran jika banyak orang menghindari olahraga saat puasa. Ada benarnya juga sih, apalagi jika olahraga yang dipilih berupa olahraga atletik. Saat puasa, olahraga yang dipilih sebaiknya disesuaikan. Hindari olahraga yang terlalu membakar kalori, seperti angkat beban atau lari. Anda bisa memilih yoga, jalan sehat, stretching, atau keliling komplek dengan sepeda santai.

4. Lakukan Power Nap

Kiat Bugar Selama Berpuasa Dengan Power-nap

Bulan puasa adalah bulan spesial, jadi para pelaku puasa harus diperlakukan spesial juga. Dalam artian, karena kurang tidur, maka sebaiknya Anda yang berpuasa melakukan power nap sejenak. Sebagai gambaran, power nap adalah aktivitas berupa istirahat singkat. Power nap bisa mengembalikan kebugaran tubuh dan memulihkan energi. Meski dilakukan sesaat, namun tubuh langsung segar!

5. Sesuaikan Aktivitas

Kiat Bugar Selama Berpuasa yaitu Dengan Menyesuaikan Aktivitas

Dengan segala keterbatasan, Anda tetap harus melakukan aktivitas harian. Tidak apa-apa kok, namun ada baiknya jika Anda menyesuaikan aktivitas Anda. Untungnya, kebanyakan perusahaan sudah mulai terbuka dengan kondisi ini. Jika sebelumnya Anda adalah pekerja lapangan, maka sebaiknya Anda memperbanyak kegiatan di dalam ruangan untuk menghemat energi dan mencegah dehidrasi.

Baca Juga: Rekomendasi Pelembap yang Bisa Anda Coba Agar Kulit Tetap Terhidrasi Selama Berpuasa

PREVIOUS ARTICLE

Waspadai 5 Jenis Kanker Yang Sering Menimpa Wanita Ini

NEXT ARTICLE

Ups, 3 Hal Ini Diam-Diam Bisa Membuat Rumah Tangga Anda Berantakan!

RELATED ARTICLES

comments