ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Agar Rumah Mungil Tampak Luas dan Nyaman, Hindari 5 Kesalahan Saat Menata Hunian Minimalis Ini!

Dewasa ini banyak orang atau keluarga kecil yang tinggal di kota-kota besar memiliki lahan terbatas untuk tempat tinggal, sehingga biasanya mereka akan tinggal di apartemen dengan luas ruangan yang minim ataupun membangun rumah minimalis. Menciptakan dekorasi pada hunian minimalis tentulah bukan sebuah perkara yang mudah. Keterbatasan ukuran dan jumlah ruangan membuat pemilik rumah harus pandai-pandai dalam mendekorasi ruangan dengan ukuran kecil agar tidak menciptakan kesan sumpek atau monoton. Jika Anda merupakan salah satu pemilik hunian minimalis, berikut beberapa kesalahan saat menata hunian minimalis yang perlu Anda hindari.

Menyimpan Banyak Barang

Ciri khas rumah minimalis adalah penataan yang sederhana dan tidak menggunakan banyak barang. Jika Anda menyimpan banyak barang pada rumah dengan ruangan berukuran kecil akan membuat rumah menjadi semakin sempit dan menciptakan kesan yang berantakan. Oleh karena itu, hindarilah menggunakan banyak perabotan pada rumah minimalis. Anda bisa memilih perabotan multifungsi untuk menghemat ruangan. Anda juga perlu menyortir kembali barang-barang yang sekiranya tidak terlalu Anda butuhkan dan mana yang masih dibutuhkan. Agar tidak membuat tumpukan barang, Anda bisa menjual kembali barang atau perabotan yang sudah tidak digunakan di toko-toko barang bekas.

Tidak Memperhatikan Pencahayaan

kesalahan saat menata hunian minimialis

Pencahayaan yang kurang baik pada rumah minimalis bisa membuat suasana rumah terkesan suram. Oleh karena itu, pencahayaan yang cukup sangat diperlukan untuk membuat suasana rumah menjadi hidup dan terang. Tapi bukan berarti Anda harus boros listrik, ya. Anda bisa memanfaatkan sinar matahari untuk menerangi ruangan. Bila memungkinkan, buatlah jendela minimalis berukuran besar yang berfungsi agar sinar matahari bisa menyinari seluruh sudut ruangan. Anda juga bisa memasang sebuah cermin berukuran sedang hingga besar di seberang jendela untuk menyebarkan dan memantulkan cahaya ke seluruh ruangan agar terasa lebih luas dan lega. Baru saat malam hari, gunakan bantuan pencahayaan dari lampu.

Tidak Memberi Sekat

Berbeda dengan tempat tinggal yang memiliki ukuran cukup luas, hunian minimalis hanya memiliki beberapa ruangan yang mungkin luasnya tidak seberapa. Biasanya kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik rumah minimalis adalah menggabungkan ruangan satu dengan ruangan yang lain. Misalnya, menggabungkan ruang keluarga dengan ruang makan dan dapur tanpa menggunakan partisi untuk memisahkan ruangan. Hal tersebut membuat rumah tampak tidak rapi dan menciptakan kesan ruangan yang berhimpitan. Sebetulnya tidak ada salahnya menggabungkan beberapa ruangan dalam satu area, namun alangkah baiknya jika Anda menggunakan dinding pembatas atau partisi ruangan yang sifatnya semi permanen untuk membuat dekorasi terlihat rapi, serta membuat rumah yang minimalis tampak lebih luas.

Tidak Menggunakan Customized Furniture

Pemilik rumah minimalis kerap dibuat bingung dalam memilih perabotan yang sesuai untuk dekorasi ruangan. Hal ini membuat mereka kerap melakukan kesalahan seperti, membeli furnitur dengan ukuran kurang tepat yang membuat dekorasi rumah justru tampak sempit dan tidak beraturan. Daripada salah membeli barang dan malah merusak dekorasi rumah, lebih baik jika menggunakan jasa customized furniture. Dengan bagitu Anda bisa memesan furnitur yang sesuai dengan kebutuhan dekorasi untuk hunian minimalis. Selain itu, menggunakan customized furniture akan membuat perabotan di rumah Anda terlihat eksklusif dan tidak pasaran.

Terpaku Pada Warna Putih

Biasanya para penghuni rumah minimalis lebih suka dengan warna putih untuk memberikan kesan rumah yang lebih luas. Namun, hanya memakai satu warna pada hunian akan menciptakan kesan monoton yang membosankan. Anda bisa mewarnai dinding rumah dengan warna-warna netral selain putih, seperti abu-abu muda atau krem pada ruangan yang berbeda untuk memberi ilusi ruangan terlihat terbuka dan tampak lebih luas. Jka Anda ingin menggunakan warna cerah, gunakan hanya di beberapa titik tertentu.

Baca Juga: 7 Tips Dekorasi Kamar Tidur yang akan Membuat Ruangan Terlihat Lebih Luas

PREVIOUS ARTICLE

5 Alasan Kenapa Anda Tak Semestinya Menerima Ajakan Balikan dari Mantan

NEXT ARTICLE

5 Hal Besar yang Diputuskan Sendiri Ini akan Berguna untuk Masa Depan

RELATED ARTICLES

QC Content at Beauty Journal

COMMENTS

3comments


  • Amanda Alethea11 hours ago

    love_eyes

  • Yinta Apsari4 weeks ago

    :coming_soon:

  • Ratna Prima4 weeks ago

    😍😍