ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Sering Berujung pada Sanksi Pemecatan, Berikut 5 Kesalahan Fatal yang Harus Anda Hindari di Tempat Kerja

Proses pemecatan karyawan memang bukan hal yang mudah terjadi, umumnya ada berbagai faktor yang membuat keputusan ini harus dijatuhkan pada karyawan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Career Builder, 22% karyawan mengalami pemecatan karena memalsukan izin sakit sedangkan 17% karyawan dipecat karena sesuatu yang diunggah di sosial media. Dari penelitian tersebut bisa terlihat di mana hal-hal sepele juga bisa berakibat fatal. Nah, agar Anda terbebas dari bayang-bayang pemecatan, ada baiknya untuk mengetahui tindakan apa saja yang bisa membuat seorang karyawan dipecat dari perusahaan, seperti 5 hal di bawah ini!

1. Menggunakan properti kantor untuk keperluan pribadi

kesalahan di tempat kerja

Terlebih bagi Anda yang masih menjadi staf dengan keterbatasan penggunaan properti kantor. Memanfaatkan properti kantor bisa menjadi masalah besar kalau Anda ketahuan menggunakannya untuk keperluan pribadi. Sebut saja pemanfaatan ATK, hingga kendaraan. Mungkin secara pribadi Anda akan menganggap hal ini sepele, tapi bisa saja perusahaan memandang sikap ini sebagai gambaran karakter di mana Anda tergolong karyawana yang memiliki sikap menghalalkan segala cara demi kepentingan pribadi. Tentu tak ada perusahaan yang menginginkan karyawan dengan sikap seperti ini, bukan?

2. Membocorkan rahasia perusahaan

kesalahan di tempat kerja

Rahasia perusahaan tidak melulu siapa pemilik saham terbesar ataupun nomilan hutang perusahaan. Bisa jadi rencana launching produk tertentu yang tidak boleh dulu disebar, serta berbagai kendala lain yang tengah dihadapi perusahaan. Tahan diri untuk tidak mudah menuliskan status atau menyebarkan cerita mengenai tempat kerja Anda di ranah media sosial. Selain itu Anda juga harus bertindak profesional dan tidak membahas soal lingkungan kerja jika memiliki teman yang bekerja di perusahaan rival. Persahabatan memang bisa terjalin dengan siapa saja, tetapi ada baiknya untuk tetap memahami batasan dengan tidak mengungkapkan rahasia perusahaan di lingkungan pertemanan.

3. Terlibat Affair

kesalahan di tempat kerja

Tindakan perselingkuhan memang bersifat personal. Namun lain halnya, jika Anda menjalin affair dengan seseorang di lingkup kantor hingga menyebabkan permasalahan. Untuk menghindari hal ini sebaiknya berlaku secara profesional pada semua rekan kerja dan segera menghindar atau bertindak tegas jika melihat gelagat ketertarikan dari rekan kerja yang sudah memiliki komitmen.

4. Tidak menjalankan tugas sesuai SOP perusahaan

kesalahan di tempat kerja

Walaupun hasil akhirnya tidak menunjukkan adanya masalah, tetap saja beberapa perusahaan menganggap proses sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pelaksanaan kerja. Menjalankan tugas sesuai dengan SOP adalah sesuatu yang wajib, kalau Anda ingin tetap bekerja di perusahaan yang saat ini ditempati.

5. Melakukan tindakan tak terpuji yang menjadi viral

kesalahan di tempat kerja

Dengan meningkatnya penggunaan media sosial, maka ancaman kehilangan pekerjaan juga bisa datang dari lingkungan di luar tempat kerja, lho. Selain postingan kontroversi yang diunggah, seorang karyawan juga bisa diancam sanksi pemecatan saat bertindak sewenang-wenang di lingkungan umum dan tindakannya menjadi viral. Seperti halnya yang dialami Juli Briskman, seorang wanita asal Virginia, yang mengacungkan jari tengah pada iring-iringan kendaraan presiden Trump. Akibat perbuatannya, Juli dipecat dari perusahaan tempat ia bekerja karena dinilai tidak mencerminkan image perusahaan.

Baca juga: Mengenal Karoshi, Fenomena Gila Kerja yang Memicu Kematian di Jepang

PREVIOUS ARTICLE

Mengenal Dark Tourism, Kunjungan ke Tempat Bersejarah yang Berkaitan dengan Kematian

NEXT ARTICLE

5 Manfaat yang Dapat Anda Rasakan dengan Melakukan Rehat Media Sosial

RELATED ARTICLES

COMMENTS

5comments


  • fatma rahayu6 days ago

    thx info nya

  • Bintar Daru1 week ago

    bermanfaat sekaliiii

  • Adinda Oryma1 week ago

    Berguna banget infonya

  • Merlyn Jhuang1 week ago

    Thanks infonya :)

  • Krisnia Ardhia1 week ago

    wah