Guide

Sebelum Memutuskan untuk Mudik Menggunakan Sepeda Motor, Ketahui Dulu Plus Minusnya Berikut Ini

Meskipun tidak dianjurkan oleh pemerintah, mudik dengan menggunakan sepeda motor rupanya masih menjadi pilihan favorit bagi banyak pemudik di tahun ini. Orang-orang yang memilih mudik menggunakan motor biasanya memiliki alasan tersendiri. Misalnya, karena butuh kendaraan yang bisa digunakan untuk berjalan-jalan di kampung halaman, atau karena sudah kehabisan tiket transportasi umum. Apa Anda mengalami kondisi yang serupa? Sebelum memutuskan untuk mudik menggunakan sepeda motor, ketahui dulu beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan, berikut ini.

Kelebihan Mudik Menggunakan Sepeda Motor

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan jika mudik menggunakan sepeda motor:

  • Tidak Perlu Berdesak-desakan atau Mengantri – Anda yang mudik dari kota besar, seperti Jakarta, akan mudik bersama jutaan pemudik lainnya. Sudah terbayang betapa penuhnya terminal, stasiun dan bandara yang dipadati oleh pemudik? Berdesakan-desakan dengan sekian banyak orang tentu akan terasa tidak nyaman, belum lagi antrian panjang yang terbentuk saat sedang pemeriksaan tiket atau urusan administrasi lainnya. Nah, dengan mudik menggunakan sepeda motor, Anda bisa terbebas dari rasa tidak nyaman akibat padatnya jumlah pemudik.
  • Bebas Mengatur Perjalanan – Mudik menggunakan transportasi umum membuat kita harus mengikuti jadwal sesuai dengan tiket yang dipesan. Terkadang, kita jadi dibuat panik karena takut terlambat dan tertinggal. Kalau mudik menggunakan sepeda motor, Anda bebas mengatur jam berangkat dan jam istirahat sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Jadi tidak perlu terburu-buru lagi, deh!
  • Lebih Hemat – Hemat merupakan salah satu alasan utama yang membuat banyak pemudik memutuskan untuk mudik menggunakan sepeda motor. Dibandingkan dengan transportasi umum, Anda bisa menghemat ongkos perjalanan hingga 50%, lho! Lumayan, kan? Sisa uangnya bisa digunakan untuk menabung atau membayar keperluan mudik lainnya.

Baca juga: Berencana Mudik dengan Sepeda Motor? Yuk, Intip Tips Berikut Agar Perjalanan Anda Aman dan Nyaman!

Kekurangan Mudik Menggunakan Sepeda Motor

Setelah mengetahui kelebihannya, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan kekurangan yang akan dirasakan jika mudik menggunakan sepeda motor:

  • Aspek Keselamatan – Meskipun memiliki banyak kelebihan, jangan sampai melupakan faktor keselamatan Anda, ya! Perlu diingat bahwa tubuh kita jauh lebih terekspos saat menggunakan sepeda motor. Selalu terapkan safety riding dan periksa kondisi kendaraan terlebih dahulu sebelum berangkat.
  • Bawaan Terbatas – Umumnya, seseorang akan membawa banyak bawaan saat mudik. Mulai dari pakaian, hingga buah tangan untuk keluarga di kampung halaman. Jika Anda mudik menggunakan sepeda motor, bawaan yang bisa Anda bawa tentu menjadi sangat terbatas, apalagi jika Anda membonceng/dibonceng seseorang. Mungkin Anda hanya bisa membawa tas ransel yang ringkas saja. Selain berbahaya, membawa muatan lebih pada sepeda motor juga dapat membuat Anda diberhentikan oleh polisi, lho!
  • Kondisi Tubuh Rentan Sakit atau Kelelahan – Berkendara dalam jarak jauh menggunakan sepeda motor lebih menguras tenaga dan pikiran. Butuh kondisi fisik yang prima dan tingkat fokus yang tinggi agar terhindar dari kecelakaan. Selain itu, risiko terpapar sinar matahari yang menyengat dan kehujanan juga dapat membuat tubuh rentan sakit akibat perjalanan. Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat baik di perjalanan, maupun di tujuan agar dapat menjalanani aktivitas hari raya dengan maksimal, ya!

PREVIOUS ARTICLE

Sudah Siap untuk Lebaran? Pastikan Anda Sudah Melakukan Bebagai Hal Ini Sebelum Meninggalkan Rumah

NEXT ARTICLE

Tak Perlu Dihindari, Ini Jawaban Kreatif untuk Menanggapi Pertanyaan "Kapan Nikah?" Saat Lebaran

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

comments