ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Inspiration

Alasan Mengapa Memeriksa Ponsel Pasangan Merupakan Kebiasaan Buruk

Memberikan kepercayaan pada pasangan merupakan kunci dari suksesnya sebuah hubungan. Ada berbagai cara dan bentuk kepercayaan yang dapat diberikan pada partner Anda, misalnya membiarkan dia bertemu dengan teman-temannya tanpa terus menerus ‘meneror’ keberadaannya, hingga mempercayai keputusan yang dia buat.  Namun, kepercayaan pada sebuah hubungan tidak akan pernah terbentuk jika salah satu dari Anda masih memiliki kebiasaan buruk yang sangat dasar, yaitu selalu memeriksa isi ponselterlebih lagi kepo dengan isi chat-nya hingga history panggilan masuk maupun keluar. You are too old for doing this, honey. Menurut ahlinya, ada banyak alasan untuk tidak memeriksa ponsel pasangan, bahkan jika Anda khawatir dia melakukan perselingkuhan.

1. Membuat Anda menjadi seseorang yang tidak diinginkan

memeriksa handphone pasangan
Ketika perasaan insecure mulai menggerogoti jiwa dan merasa tidak puas dengan jawaban pasangan saat ditanyai, secara diam-diam Anda mulai memeriksa ponsel pasangan tanpa sepengetahuannya. Menurut seorang psikolog Dr. Samantha Rodman, pada dasarnya banyak orang, mungkin termasuk diri Anda dan pasangan, yang ingin merasa dihargai dengan integritas dan harga diri. Tidak ada yang lebih penting dari harga diri selain ‘mengintip’ diam-diam, seperti seorang penjahat dan berusaha mendapatkan informasi yang bukan hak Anda.

Selama Anda terus melakukan kebiasaan buruk ini, khawatir nantinya akan berkembang dan berubah menjadi fokus utama pikiran Anda. Hal ini hampir mirip dengan Obsessive Compulsive Disorder (OCD) yang dalam beberapa kasus, menjadi perilaku yang sangat ekstrem sehingga sulit dihilangkan.

2. Merusak kedekatan

memeriksa handphone pasangan

Banyak hubungan tidak pernah bangkit kembali setelah pasangan mengaku mengintai pasangannya. Bahkan jika ternyata pasangan sebenarnya sedang menggoda orang lain. Meskipun perilaku licik Anda seringkali membuat pasangan mengakhiri aksi ‘nakalnya’, namun di sisi lain, Anda kehilangan landasan moral dalam berargumen. Sangat sulit bagi siapapun untuk memercayai seseorang yang secara sadar sedang memata-matai, mencari bukti perilaku buruk tentang dirinya.

3. Anda tidak percaya diri

memeriksa handphone pasangan

“Mengintai ponsel pasangan itu menandakan seseorang yang kurang percaya diri. Saat melakukannya, sebenarnya Anda merasa tidak cukup,” ujar seorang psikoterapis, Michele Paiva. Ketika seseorang memeriksa ponsel pasangannya, baik itu melihat pesan teks, email, buku catatan, dan sejenisnya, itu berarti Anda merasa perlu mencari validasi akan suatu hal. Jawaban yang tepat untuk menghindari kebiasaan buruk ini adalah dengan mencintai diri sendiri. “Jika Anda tidak percaya diri, maka Anda juga tidak percaya pada orang lain,”. Saat melihat orang lain seolah-olah adalah penjahat, Anda aka menciptakan diri sendiri sebagai korban.

4. Merupakan kebiasaan yang bodoh

memeriksa handphone pasangan

Jika Anda memiliki kepercayaan dan kejujuran dalam hubungan, mengapa harus memeriksa ponsel pasangan? Saat Anda terlibat dalam hubungan yang sehat, mengintai ponsel pasangan merupakan hal yang benar-benar bodoh. Sebab, orang-orang akan selalu melakukan apa yang menjadi kepentingan terbaiknya. Menghentikan hal itu, tidaklah mungkin. Orang perlu menemukan kekuatan dalam diri mereka yang tidak hanya ditentukan oleh sebuah hubungan.

5. Perilaku yang licik

memeriksa handphone pasangan

“Saat mengintai ponsel pasangan, apakah Anda siap mengetahui sesuatu atas apa yang Anda temukan?” Tanya seorang terapis pasangan asal New York, Janet Zinn. Anda menuduhnya melakukan sesuatu, namun dengan sikap yang licik. Zinn berpendapat bahwa Anda menjadi orang yang tidak dapat dipercaya ketika mulai memeriksa ponsel pasangan. Yang lebih buruk lagi adalah Anda kerap menyembunyikan perilaku ini. Siklus buruk seperti ini sudah pasti harus dihindari agar Anda dan pasangan dapat terus meningkatkan rasa percaya satu sama lain.

 Baca juga: Punya Pasangan Posesif? Mungkin Anda Perlu Mencoba 5 Cara Ini untuk Mengatasinya

PREVIOUS ARTICLE

Segera Tayang, Ini 5 Fakta Menarik Film 'Avengers: Endgame' yang Tak Boleh Anda Lewatkan

NEXT ARTICLE

5 Film dengan Latar Kehidupan Luar Angkasa yang Menarik Ditonton

RELATED ARTICLES

Content writer at Beauty Journal

comments