ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Inspiration

Perjalanan Menemukan Passion dan Perjuangan di Industri Bisnis dari Mata Dinar Amanda, Sosok di Balik Rollover Reaction

Just have fun. You will know what you will do later in your life. Kamu adalah anak 17 tahun yang sangat standar dan cuma ingin main-main. And it’s really okay

– Pesan yang ingin disampaikan Dinar Amanda pada dirinya di usia 17 tahun.

Kalau mendengar nama Rollover Reaction (RR), mungkin Anda akan langsung teringat akan produk maupun akun Instagram-nya yang memiliki tampilan visual menarik. Namun, tak banyak yang tahu bahwa di balik tampilan visual Rollover Reaction ada sosok Dinar Amanda yang menjabat sebagai Marketing & Creative Director. Walaupun memiliki latar belakang yang terlihat kurang sejalan dengan kariernya saat ini, Dinar berhasil menemukan passion-nya dan mendirikan Rollover Reaction yang kini telah menjadi salah satu brand kecantikan lokal ternama di tanah air. Penasaran bagaimana kisah Dinar Amanda dalam membangung karier berikut pendapatnya mengenai dunia karier bagi wanita? Simak di sini!

Dinar AmandaHai, Dinar! Dengar-dengar, dulu kuliah ambil jurusan Kriya Tekstil, ya? Mengingat adanya perbedaan dengan karier yang sekarang dijalani, boleh cerita bagaimana prosesnya sampai menemukan passion di bidang kecantikan?

Sebetulnya, passion aku tetap di bidang kreatif atau dunia art scene. Mungkin, beauty akhirnya jadi sebuah platform yang memang personal karena aku pun perempuan. Kalau dibilang ‘nyasar’, aku paham sih! Hahaha. Tapi, aku memang enggak saklek kuliah desainer, ya, harus jadi desainer juga. Along the way, selama aku kuliah dan sempet kerja di beberapa tempat, aku sadar kalau aku ingin menciptakan karya yang bisa dijual dan menghasilkan.

Aku juga sadar kalau aku tuh senang menyakinkan orang, membuat cerita dari benda mati yang dikemas semenarik mungkin, dan bagaimana membuat seseorang tertarik hingga memutuskan untuk membeli suatu produk. Mungkin, passion aku juga termasuk meng-influence seseorang sampai dia ‘teracuni’. Hahaha.

Pada akhirnya, aku sangat senang kalau misalkan aku lagi ke kamar mandi dan nggak sengaja ngeliat orang di samping aku–yang aku tidak kenal sama sekali–memakai produk Rollover Reaction. The feeling is priceless, more than just merely marketing and sales.

Baca Juga: 5 Produk Terbaik Rollover Reaction yang Layak untuk Anda Coba

Banyak yang melihat Rollover Reaction sebagai brand kecantikan yang sukses. Tapi, seperti apa sih perjuangan di balik itu semua? Atau, adakah hal sulit yang harus dilalui untuk bisa sampai ke posisi saat ini?

Bicara soal masalah tentu 100% pasti ada. Namanya juga usaha, pasti ada jatuh bangunnya. Tapi, di RR kami punya mindset di mana kalau ada masalah, kami menganggapnya sebagai tantangan, dan tantangan pasti ada solusinya. So, at the end of the day, kita pasti akan ketemu solusinya. Mungkin, perjalanan RR terlihat ‘mulus’ karena kami sangat berusaha untuk menghargai orang-orang yang bekerja dengan RR.

Apa mimpi terbesar Dinar dalam karier dan untuk Rollover Reaction?

Pastinya, kami ingin menjadi number 1 leading company yang menyediakan kebutuhan wanita. Mungkin berawal dari kosmetik, namun bisa jadi ke depannya akan ada project baru yang masih berkaitan dengan wanita Indonesia.

Dinar Amanda

What was your best moment in 2018?

Banyak alhamdulillah… salah satunya kalau terkait RR, pekerjaan kita memenuhi target dan tidak banyak delay. Jadi, bisa dibilang untuk product growth RR sudah cukup stabil. Kedua, kami akhirnya buka offline store di Plaza Indonesia dan ini lumayan jatuh bangun prosesnya! Banyak tangisan di baliknya. Tapi, banyak juga ketawanya. Lalu, kami juga mengadakan product launching juga di Lamoda. Senang sekali karena yang datang ramai.

Baca Juga: Rekomendasi Produk Skin Care dari Rollover Reaction yang Praktis Dibawa Saat Liburan

Kalau bisa memutar balik waktu dan bertemu Dinar di usia 17 tahun, kira-kira pesan apa yang ingin disampaikan?

Just have fun. You will know what you will do later in your life. Kamu adalah anak 17 tahun yang sangat standar dan cuma ingin main-main. And it’s really okay. You don’t have to try so hard to be something you’re not, you don’t have to prove yourself with whatever you don’t want to do, and you will discover who you really are.

Sebagai salah satu figur inspiratif, karakter atau hal apa sih yang harus dimiliki wanita Indonesia agar bisa sukses sedini mungkin?

Dedikasi atau kamu tidak akan kemana-mana! Aku sendiri tipe orang yang ‘do big or nothing at all’. Jadi, nggak pernah setengah-setengah. Menurutku, kesuksesan juga datang dari usaha keras. Kita nggak akan tahu nantinya bakal sukses atau ‘jatuh’. Kalau nantinya harus jatuh, ya, jatuh saja. Kalau aku sih, nyemplung saja dulu. Tapi, setiap orang mungkin formulanya berbeda, ya.

Kedua, stay hungry. Jangan merasa sudah tahu segalanya. Tetap eksplorasi dan berkembang. Di saat seseorang sudah merasa terlalu nyaman atau merasa sukses, orang tersebut akan mudah ‘jatuh’. So, stay hungry to learn new things and be humble. Untuk perempuan yang cenderung lebih emosional, don’t let emotion take over you and be persistent.

Dinar AmandaMenurut Dinar, apa tantangan terbesar yang dihadapi wanita Indonesia saat ini dalam usaha meraih kesuksesan?

Untuk membuktikkan kalau kita bisa, toh yang dipakai juga otak, bukan sekadar gender. Selain gender, menurut aku tantangan lainnya adalah umur. Aku mendirikan RR di usia 22 tahun dan aku harus datang ke pabrik, ke sana ke mari untuk mengajak kerjasama, dan banyak yang malah berkomentar, “lo siapa?” atau “kamu masih fresh graduate, ini (proses pembuatan RR) tuh untuk ujian kuliah, ya?“.

Apalagi, industri di tanah air juga masih didominasi oleh laki-laki dan yang lebih berumur, jadi menurut aku tantangannya ya untuk membuktikan kalau kita bisa, untuk tetap humble, dan untuk keep it cool saat berurusan dengan orang-orang yang lebih tua atau beda gender.

Punya quotes favorit yang selalu diingat nggak?

Find your purpose, passion, and value.

Kalau buku atau film yang menurut Dinar inspiratif, ada?

Banyak, salah satunya ya buku berjudul Purpose, Passion, and Value tadi itu. Isinya kurang lebih seperti self motivation, di mana dituliskan kalau sesuatu nggak bisa dibilang passion kalau nggak ada usaha dan motivasinya juga. Menurut aku, passion memang harus ada purpose alias tujuannya. Dan selama kita punya tujuan, seharusnya kita juga tahu value atau nilai-nilai yang dianut.

Kalau bisa menghabiskan waktu 1 jam bersama siapa pun di dunia ini untuk berbincang-bincang, siapa orang yang akan dipilih dan apa alasannya?

Waduh! Pertanyaannya daritadi bikin aku mikir keras, ya! Hahaha. Hmm, karena kami (RR) suka banget sama brand millenial seperti Glossier, jadi aku ingin banget ngobrol–bukan sama Emily Weiss-nya–tapi sama tim kreatif marketing-nya yang bertugas bikin campaign Glossier. Tapi, sama Emily Weiss juga nggak apa-apa, sih, karena dia sukses breaking the beauty rules.

Aku juga ingin ngobrol sama Gothamista, mungkin lebih dari satu jam kalau bisa. Dan aku ingin nanya kulit aku jenisnya apa dan cocoknya pake produk apa. Hahaha. Kalau boleh memilih 3 orang, aku mau bisa ngobrol juga sama Presiden Indonesia. Ya, siapa sih yang nggak mau makan siang bareng Pak Jokowi? Aku bahkan sampai pernah mimpi makan gado-gado sama Pak Jokowi, lho!

Baca juga: Hobi Traveling Seperti Dinar Amanda? Yuk, Simak Bagaimana Pendiri Brand Rollover Reaction Ini Merawat Kulitnya Saat dan Pasca Berlibur!

PREVIOUS ARTICLE

5 Lagu Patah Hati Paling Populer di Spotify Sepanjang 2018

NEXT ARTICLE

Kegiatan Menulis Ternyata Dapat Melepaskan Stres, Lho! Tertarik Mencobanya?

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

COMMENTS

6comments


  • Olga Fatriana2 weeks ago

    Sukaaa

  • Sofia Filo2 weeks ago

    Sangat menginspirasi 😍

  • Amadea Safirinka2 weeks ago

    sukaa banget sama rollover reactionn !!

  • Riane Suciaty2 weeks ago

    inspirasi😍😍

  • Risky Amaliya2 weeks ago

    semoga bisa mengikuti jejak

  • Maslahatul Adawiyah2 weeks ago

    wooowww kereennn... bangga bnget baca berita ini..😍..bs menambah semangat sbg perempuan..