ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Inspiration

Jenis Sepatu yang Berdampak Buruk untuk Kesehatan Jika Dipakai Secara Terus Menerus

Apa sih yang menjadi kriteria Anda saat memilih sepatu? Mungkin sebagian besar akan menjawab, “Model dan ukurannya! Asalkan nyaman dipakai, ya tidak masalah!”. Jika sependapat dengan pernyataan ini, Anda benar. Perlu diketahui, dalam setahun, rata-rata orang berjalan sejauh 245-292 kilometer. Itulah mengapa sangat penting untuk memakai sepatu yang nyaman dan tidak mengganggu kesehatan kaki Anda. Hindari pemakaian satu jenis sepatu secara terus menerus karena hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Ingin tahu seperti apa dampak sepatu pada kesehatan jika digunakan terlalu lama dan dalam jangka waktu yang panjang? Keep reading!

Pointed shoes memiliki ruang sempit untuk jari-jari kaki Anda

sepatu wanita

Menggunakan jenis sepatu seperti ini mungkin akan terlihat modis, namun kaki Anda kemungkinan besar terapit karena ruang yang sempit pada sepatu. Hal ini akan memberikan banyak tekanan pada jari-jari kaki Anda. Seiring berjalannya waktu, pemakaian yang sering dan lama dapat menyebabkan benjolan, bengkak, dan nyeri saraf. Benjolan terbentuk ketika jaringan atau tulang pada sendi pangkal bergeser. Pergeseran ini sering terjadi saat Anda memakai sepatu dengan bagian depan runcing dan menyempit.

High heels dapat menyebabkan kerusakan saraf

sepatu wanita

Seorang wanita dikatakan girly saat ia bisa menggunakan high heels. Saat menggunakan high heels, tumit akan semakin tinggi dan memaksa kaki Anda ke posisi yang tidak wajar, sehingga tulang pada kaki akan tertekan. Hal ini dapat berisiko menyebabkan terjadinya kelainan bentuk pada tulang, cidera, kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam, kerusakan saraf, dan nyeri punggung bagian bawah. Namun, jika memang Anda diharuskan menggunakan sepatu jenis ini dalam aktivitas sehari-hari, sebaiknya gunakan high heels yang tingginya tidak lebih dari 3 inci. Dan ingat, selalu bawa sandal atau sepatu ganti sebagai emergency di saat kaki sudah terasa tidak nyaman lagi menggunakan high heels.

Flat shoes dapat memberi tekanan pada plantar fascia

sepatu wanita
Siapa yang menyangka bahwa flat shoes ternyata dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan, mengingat banyak wanita, mungkin termasuk Anda, yang menggunakan sepatu jenis ini. Menggunakan flat shoes secara terus menerus ternyata juga dapat merusak kesehatan kaki Anda,lho! Hal ini terjadi karena flat shoes tidak memiliki lengkungan yang memberikan tekanan pada tumit. Akibatnya, Anda akan mengalami plantar fasciitis yang merupakan kondisi di mana kaki mengalami banyak inflamasi atau bengkak yang menyebabkan nyeri tumit.

Sepatu wedges dapat merusak cara berjalan Anda

sepatu wanita

Wedges merupakan jenis sepatu yang tidak fleksibel dan memiliki alas kaki yang kaku. Saat memakainya, kaki perlu lebih banyak menyesuaikan sepatu karena harus dapat ditekuk dengan cara tertentu dan bertentangan dengan cara berjalan seseorang pada umumnya. Jadi, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan sepatu wedges agar tidak mengubah ataupun merusak cara berjalan Anda.

Baca Juga: Waspada! Terlalu Sering Mengenakan Flat Shoes Ternyata Dapat Memicu 5 Masalah Ini

PREVIOUS ARTICLE

Ragam Fakta Menarik Mengenai Bikram Yoga. Anda Pernah Mencobanya?

NEXT ARTICLE

5 Etika Menjadikan Rekan Kerja sebagai Sahabat Dekat yang Perlu Anda Ketahui

RELATED ARTICLES

Content writer at Beauty Journal

COMMENTS

6comments


  • virli andani3 weeks ago

    Makasih banyak info nyaa

  • Dzakia Wranggana1 month ago

    makasih ka infonya

  • Ani_Triani _Hambali1 month ago

    yang paling berasa banget sih high heels :')

  • Nurhidayatul Laili1 month ago

    Keren

  • Soraya Dzuraida1 month ago

    Thanks infonya!

  • Astuti Astuti1 month ago

    Baru tau flat shoes ada efek buruknya. Thanks infonya 👍🏻