ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Bisa Jadi Indikator Penyakit Serius, Berikut Berbagai Jenis Sakit Perut yang Tidak Boleh Diabaikan

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit perut dalam hidupnya. Sakit perut bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti telat makan, salah mengonsumsi makanan, gugup, atau akibat menstruasi. Di luar semua ketidaknyamanan itu, ada beberapa jenis sakit perut yang tanpa disadari bisa menjadi masalah kesehatan dan tidak boleh diabaikan, lho, ladies. Saat sakit perut melanda, Anda mungkin sulit membedakan mana sakit perut yang akan sembuh dengan sendirinya atau mana yang harus diperiksakan ke dokter. Kini tak perlu bingung, karena Anda bisa mengetahui apa saja jenis sakit perut yang tidak boleh diabaikan, melalui penjelasan di bawah ini.

Rasa sakit yang tidak kunjung hilang

Sakit perut yang terus menerus atau berulang dan berlangsung selama tiga bulan atau lebih merupakan sakit perut kronis yang perlu ditinjaklanjuti ke dokter. Ketidaknyamanan semacam ini termasuk gejala seperti diare, sembelit, sakit setelah makan, merasa kenyang hanya dengan beberapa gigitan makanan, dan kembung. Kondisi ini bisa disebabkan oleh apa saja, mulai dari penyakit iritasi usus besar atau intoleransi laktosa hingga gastroparesis yang merupakan suatu kondisi di mana perut kosong. Segeralah periksakan diri Anda ke dokter jika mengalami sakit perut yang terus berulang.

Rasa sakit disertai mual atau muntah

Seorang ahli gastroenterologi, Elena Ivanina, mengatakan, ketidaknyamanan perut yang disertai mual termasuk dalam penyumbatan usus atau infeksi gastrointestinal, peradangan, batu ginjal, kista ovarium yang pecah, maag, bahkan serangan jantung. Sakit perut disertai mual biasanya disebabkan karena keracunan makanan dan terjadi dalam satu atau dua hari. Ivanina mengatakan, “Banyak orang yang menderita sakit perut dalam sehari dan tahu bagaimana rasa sakitnya.” Namun, sekarang saatnya untuk memeriksakannya ke dokter jika rasa sakit perut Anda terasa aneh, semakin memburuk, dan tidak kunjung hilang.

Rasa sakit bersama dengan darah pada kotoran

“Darah apapun yang keluar dari mulut atau anus perlu diperiksakan ke dokter.” Begitulah aturan penting yang diutarakan oleh  Samantha Nazareth, seorang ahli gastroenterologi asal New York. Anda harus mengetahui, darah pada kotoran tidak selalu berwarna merah, namun bisa juga hitam, yang berasal dari tempat yang lebih tinggi pada saluran pencernaan, seperti perut. Pendarahan gastrointestinal dapat berasal dari sejumlah sumber termasuk kolitis, divertikulosis, wasir, perdarahan ulkus lambung, dan kanker saluran cerna, kata Nazareth.

Rasa sakit yang tiba-tiba dan intens

Ada sesuatu yang tidak benar jika Anda mengalami sakit perut yang hebat dan parah pada satu tempat yang spesifik, karena itu bisa saja berasal dari penyumbatan, seperti batu empedu atau baju ginjal. Sakit perut yang datang tiba-tiba atau tidak hilang bisa disebabkan oleh ulkus, pankreatitis atau penyumbatan saluran empedu. Radang usus buntu juga menjadi pertimbangan saat Anda mengalami rasa sakit yang tajam.

Rasa sakit yang datang bersama dengan penurunan berat badan

Masih menurut Ivanina, penurunan berat badan yang tidak terduga atau tidak disengaja selalu mengkhawatirkan dan harus diawasi oleh dokter, apakah itu dapat disertai dengan sakit perut atau gejala lainnya. “Sakit perut yang datang bersamaan dengan penurunan berat badan dapat menjadi tanda risiko kanker dan pankreatitis kronis.”

Nyeri perut disertai demam

Sakit perut yang disertai demam tinggi merupakan indikasi adanya infeksi. Segeralah periksakan ke dokter, karena tentunya Anda yang paling mengetahui saat tubuh merasakan hal yang berbeda atau ada yang tidak benar pada kondisi tubuh. Jangan pernah ragu untuk berkonsultasi pada dokter jika merasakan ada yang tidak beres pada tubuh, karena pada akhirnya bersikap mencegah lebih baik daripada mengobati.

Baca juga: Mengetahui Kondisi Kesehatan Tubuh Melalui Perbedaaan Warna Urine

PREVIOUS ARTICLE

5 Cara Efektif Mendampingi Orang Terdekat yang Mengalami Depresi

NEXT ARTICLE

Merasa Terganggu? 5 Pertanyaan Basa-basi Ini Tidak Wajib Anda Tanggapi, Lho!

RELATED ARTICLES

Content writer at Beauty Journal

comments