Guide

Ups, Ternyata Tak Semua Sakit Kepala Punya Obat yang Sama. Kenali Dulu Jenisnya di Sini

Sakit kepala itu memang tidak enak, apalagi kalau sudah mulai terasa menusuk dan dibarengi dengan mata panas hingga gangguan keseimbangan. Anda pasti tidak bisa fokus untuk melakukan aktivitas. Banyak juga yang sudah minum obat ternyata sakit kepala tetap saja tidak reda, kenapa ya? Secara medis, ternyata sakit kepala itu bisa datang dari sumber dan dengan intensitas yang berbeda, karena itu tidak ada obat yang mampu menyingkirkan semua sakit kepala sekaligus. Untuk bisa disembuhkan secara efektif, Anda harus tahu dulu jenis sakit kepala yang dirasakan.

1. Sakit Kepala Karena Tekanan/Stres

Hmm, sepertinya hampir setiap orang pernah merasakan hal ini. Gejalanya bisa dikenali dari rasa sakit yang menekan bagian atas dan samping kepala. Hal ini biasanya diakibatkan oleh stres, terlalu lama duduk menatap komputer atau mengemudi, postur tubuh yang kurang baik, atau salah posisi tidur. Menurut ahli syaraf, sakit ini bisa diatasi dengan obat bebas yang banyak tersedia di pasaran, seperti Ponstan dan obat yang mengandung asam mefenamat. Namun, obat ini tidak boleh diminum setiap hari agar tidak mengakibatkan iritasi perut dan sakit kepala susulan. Bila Anda terkena sakit kepala lebih dari dua kali dalam seminggu karena alasan ini, segera berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Meredakan Stres Dalam Waktu Kurang Lebih 1 Menit

2. Sakit Kepala Sinus

Anda yang menderita alergi atau punya masalah dengan sinus, pasti sudah tidak asing dong dengan sakit kepala ini? Ya, pusing yang menyebalkan ini akan mengakibatkan tekanan pada mata, pipi, dahi, bahkan rasa sakit di gigi bagian atas. Nah, cara paling ampuh untuk menghilangkan hal ini adalah dengan membersihkan saluran sinus menggunakan neti pot yaitu alat untuk cuci hidung yang bisa dibeli di apotik, serta meminum obat anti inflamasi atau peradangan seperti Aspirin dan anti-biotik. Hal ini dilakukan agar cairan yang menekan otot sinus bisa keluar dan sakit kepala menjadi reda. Kalau masih tidak ada perubahan, segera ke dokter ya.

3. Sakit Kepala Migrain

Anda pasti sudah sering mendengar soal sakit kepala migrain, atau malah pernah mengalaminya sendiri? Gejalanya adalah sensasi kepala yang terasa berdenyut hebat di satu atau kedua sisi kepala, dan bukan tidak mungkin disertai rasa mual, muntah, dan lebih sensitif terhadap suara dan cahaya. Untuk penderita migrain, Anda bisa coba obat pereda sakit non-steroid, yang mengandung kafein lebih banyak dari obat lainnya. Bila Anda mengalami migrain lebih dari satu kali dalam seminggu, biasanya dokter akan memberikan resep obat pencegah dan bila sudah parah akan dibarengi dengan obat anti-mual.

4. Sakit Kepala Hormonal

Sering merasa sakit kepala saat sedang datang bulan? Jangan panik dulu. Hal ini wajar terjadi akibat perubahan hormon, karena estrogen yang ada pada tubuh menurun drastis saat menstruasi. Cara mengatasinya cukup mudah. Anda bisa minum obat penghilang rasa sakit yang mengandung parasetamol atau asam mefenamat.

Baca Juga: Singkirkan Gejala PMS Yang Bikin Bete Dengan 7 Cara Sehat Ini!

PREVIOUS ARTICLE

Ingin Punya Karier Sukses Setelah Lulus Kuliah? Jalankan Strategi Ini Dari Sekarang

NEXT ARTICLE

Merah atau Hitam? Ternyata Ada Hubungan Antara Warna Darah Menstruasi, Kesehatan, dan Kesuburan Anda!

RELATED ARTICLES

comments