Guide

Waspadai 5 Jenis Kanker Yang Sering Menimpa Wanita Ini

Sedikit mengutip statistik dari American Cancer Society (ACF), jumlah wanita yang meninggal dunia karena kanker diperkirakan akan mengalami peningkatan sebesar 5,5 juta jiwa pada tahun 2030. Sebagai gambaran, jumlah ini hampir sama dengan populasi negara Denmark atau Finlandia! Karena itulah, walaupun masih muda, bukan berarti Anda bisa menganggap remeh kanker, lho. Justru, sekarang adalah saat yang tepat untuk mengurangi risiko terkena jenis kanker yang sering menimpa wanita. Selain waspada dengan jenisnya, perhatikan juga cara mencegahnya. Simak paparannya di bawah ini.

1. Kanker Serviks

Jenis Kanker Yang Sering Menimpa Wanita - Kanker Serviks

Setiap tahunnya, tidak kurang dari 40.000 kasus baru kanker serviks atau kanker leher rahim terjadi di Indonesia, dan kanker ini berada di urutan teratas sebagai penyebab kematian wanita karena penyakit. Bahayanya lagi, jenis kanker yang sering menimpa wanita ini lebih banyak terjadi pada mereka yang berusia sekitar 30 tahunan, lho. Selain disebabkan oleh penularan Human Papillomavirus (HPV), perilaku seksual Anda juga sangat memengaruhi tingkat risiko kanker serviks. Selain melakukan pap smear secara rutin sejak usia 21 tahun, Anda juga bisa mengurangi risikonya dengan vaksin HPV, berhenti merokok, serta tidak sering berganti pasangan.

2. Kanker Payudara

Jenis Kanker Yang Sering Menimpa Wanita - Kanker Payudara

Berada di urutan kedua sebagai jenis kanker yang sering menimpa wanita, ada kanker payudara dengan tingkat insiden mencapai 40 kasus per 100.000 wanita. Selain gaya hidup tidak sehat dan berat badan berlebih, riwayat kesehatan keluarga Anda juga menjadi faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker ini. Untuk melindungi diri dari kanker payudara, lakukan kebiasaan ini berikut yuk.

  • Mulai jalankan pola makan sehat kaya serat, disertai asupan buah dan sayur dengan kadar anti-oksidan dan karotenoid tinggi, seperti wortel, bayam, tomat, atau paprika.
  • Jaga berat badan ideal dan turunkan kadar lemak dalam tubuh dengan aktif bergerak.
  • Rutin melakukan 6 langkah SADARI (pemeriksaan payudara sendiri).
  • Lakukan mamogram secara rutin saat sudah memasuki usia 40.

Baca Juga: Wah, Ternyata 5 Kebiasaan Ini Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Payudara!

3. Kanker Usus Besar

Jenis Kanker Yang Sering Menimpa Wanita - Kanker Usus Besar

Masih sering jajan sembarangan? Sebaiknya kurangi deh mulai sekarang kalau tidak mau sampai terkena kanker usus besar. Belum banyak yang tahu, kalau penyakit ini adalah salah satu jenis kanker yang sering menimpa wanita, dengan lebih dari 40.000 kasus baru setiap tahunnya. Berita baiknya, kanker usus besar ini sangat bisa dicegah. Caranya adalah dengan menjaga berat badan ideal, mengurangi konsumsi daging merah dan makanan olahan, memastikan kebersihan makanan, serta mendapatkan cukup asupan vitamin D. Jangan lupa juga, mulai lakukan pemeriksaan rutin saat memasuki usia 50 ya.

4. Kanker Rahim

Jenis Kanker Yang Sering Menimpa Wanita - Kanker Rahim

Banyak juga yang tidak menyangka kalau penyakit ini ternyata menduduki posisi keempat sebagai jenis kanker yang sering menimpa wanita. Pada wanita yang menjelang masa menopause, pendarahan abnormal serta siklus menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi salah satu indikasi kanker rahim. Wanita dengan berat badan berlebih juga memiliki risiko dua kali lebih besar untuk terkena kanker rahim. Jadi, mulai sekarang jaga berat badan Anda pada angka ideal serta kurangi kadar lemak pada tubuh. Minum pil KB secara rutin selama 12 bulan juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit ini hingga 50-80% hingga 15 tahun setelahnya.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Mengurangi Kadar Lemak Dalam Makanan

5. Kanker Tiroid

Jenis Kanker Yang Sering Menimpa Wanita - Kanker Tiroid

Apa Anda tahu kalau di bagian depan leher ada yang namanya kelenjar tiroid? Nah, kelenjar satu ini ternyata memiliki potensi untuk berubah menjadi kanker. Biasanya, sel kanker akan menempel pada kelenjar tiroid hingga membentuk benjolan di leher, dan kalau sudah parah harus segera diangkat dengan cara operasi. Hiii, seram juga ya? Selain benjolan pada leher, gejala lain yang harus diwaspadai adalah sering merasa lelah, pelemahan otot, kenaikan berat badan, serta sensitif terhadap suhu dingin. Sebisa mungkin, hindari paparan radiasi dalam bentuk apapun, termasuk CT scan atau Rontgen.

 

Yuk, mulai jalani gaya hidup sehat, agar semua jenis kanker yang sering menimpa wanita di atas tidak mampir ke tubuh Anda.

PREVIOUS ARTICLE

Cara Mengatasi Bau Mulut yang Mungkin Muncul Saat Berpuasa

NEXT ARTICLE

Kok Cepat Loyo Ketika Puasa? Hmm, Mungkin Anda Harus Lakukan 5 Hal Ini

RELATED ARTICLES

comments