ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Inspiration

Tertarik Menulis Jurnal? Ini Berbagai Jenis Jurnal yang Bisa Menjadi Inspirasi Anda!

Meski sederhana, tetapi kegiatan menulis catatan secara rutin bisa memberikan berbagai efek positif bagi kesehatan mental seseorang. Hal tersebut diketahui dari penelitian yang dilakukan oleh University of Rochester Medical Center yang menemukan fakta di mana kegiatan rutin menuliskan catatan dapat membantu seseorang keluar dari rasa depresi sekaligus memperbaiki kualitas kesehatan mental. Karena dengan menuliskan atau mengekspresikan apa yang ada di pikiran terbukti jauh lebih baik dibandingkan hanya memendamnya di dalam kepala.

Melihat manfaatnya yang cukup besar, tak heran jika di era digital sekalipun, masih banyak orang yang senang menuangkan kreativitasnya ke dalam media kertas. Dan jika Anda juga ingin mencobanya, berikut beberapa jenis jurnal yang bisa diaplikasikan untuk bantu menjaga kesehatan mental Anda.

Bullet Journal

Bullet journal jadi salah satu jenis jurnal yang banyak diaplikasikan orang. Selain mengasah kemampuan menulis dan kreativitas pembuatnya, bullet journal juga punya berbagai manfaat lain seperti menjadikan hidup Anda lebih teratur serta membantu mengevaluasi kualitas diri, karena Anda bisa melihat kembali catatan kegiatan yang dilakukan setiap hari. Biasanya bullet journal dibuat dalam desain yang memanjakan mata dan tampil dalam bentuk yang cenderung rapi untuk memudahkan si pemilik dalam membuat jadwal, catatan maupun to do list.

Visual Journal

Sesuai namanya, jurnal satu ini lebih didominasi dengan kombinasi warna dan gambar tanpa tulisan. Biasanya visual journal bisa menjadi salah satu terapi saat Anda merasa stres. Dengan mencampurkan warna serta berbagai jenis media hingga memiliki tampilan menarik, akan menimbukan rasa kepuasan dari si pembuat. Selain itu jurnal yang satu ini juga cocok untuk mengasah kreativitas. Tidak ada aturan baku dalam membuat visual journal, Anda bebas mengekspresikan diri dan menuangkannya ke dalam jurnal.

Expressive Journal

Expressive journal bisa menjadi sebuah media terapi bagi siapa saja yang tengah mengalami depresi, stres atau bahkan pasca trauma. Tak ada aturan dalam penulisan jurnal ini, Anda bisa bebas berekspresi baik menggunakan tulisan maupun visual. Luapkan semua yang Anda rasakan dan biarkan emosi yang terpendam diubah ke dalam tampilan jurnal. Ingat, tak ada aturan estetika dalam jurnal ini, jika tampilan layar penuh dengan coretan hitam serta garis abstrak bisa membuat Anda merasa jadi lebih lega maka hal itu sah-sah saja untuk dilakukan.

Baca juga: 5 Art Therapy Ini Kabarnya Ampuh Banget Untuk Menghilangkan Stres!

Gratitude Journal

Sesuai namanya, di jurnal ini Anda bisa menuliskan berbagai hal apa saja yang patut untuk disyukuri dalam hidup. Anda bisa menuliskan berbagai hal positif yang terjadi setiap harinya dan berbagai kelebihan yang Anda miliki. Tak hanya dalam bentuk tulisan, untuk memberikan kesan estetik Anda juga bebas memanfaatkan berbagai media untuk membuat jurnal ini menjadi lebih menarik. Selain sebagai buku harian, fungsi jurnal ini juga bisa menjadi pengingat, saat Anda merasa putus asa atau kecewa ketika tidak berhasil melakukan sesuatu. Setidaknya Anda akan kembali merasa bersyukur ketika menyadari berbagai hal baik yang pernah dan masih terjadi pada hidup Anda saat ini.

Shared Journal

Jika Anda ingin membuat jurnal bersama orang terdekat, maka jenis shared journal bisa menjadi pilihan tepat. Melalui jurnal ini Anda dan orang yang dituju akan saling berbagi kisah mengenai banyak hal melalui sebuah jurnal. Umumnya shared journal banyak dipakai oleh para pasangan dan kelompok sahabat yang mengisinya dengan berbagai memori baik berupa foto maupun tulisan. Shared journal memiliki fungsi untuk semakin mempererat hubungan dan saling memahami satu sama lain. Bagaimana, mulai tertarik mencoba jurnal ini bersama orang terdekat?

Baca juga: Bullet Journal, Cara Kreatif Untuk Membuat Hidup Anda Lebih Teratur

PREVIOUS ARTICLE

Pembicaraan Tentang Uang yang Harus Dibahas Pasangan dalam Tiap Fase Hubungan

NEXT ARTICLE

Review Film: Overlord, Saat Tentara Amerika Serikat Berhadapan dengan Zombie

RELATED ARTICLES

COMMENTS

3comments


  • Weni Setiawati1 week ago

  • Wahyuni Wahyuni1 week ago

    Wihhh

  • Diniar Savica Hendriansya1 week ago

    aku punya bullet journal, tiap hari jadi kebiasaan buat absen :v