ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

5 Alergi Unik dan Langka yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya

Kalau membahas mengenai alergi, jenis alergi apa yang pertama kali Anda pikirkan? Mungkin banyak dari Anda yang akan menjawab alergi seafood, alergi kacang, atau alergi debu. Selain alergi-alergi ‘populer’ tersebut, masih ada lagi beberapa alergi lainnya yang sedikit unik, seperti misalnya alergi matahari yang dimiliki oleh Kelly Osbourne. Nah, selain alergi matahari yang cukup ‘ajaib’ masih ada pula beberapa alergi lainnya yang tak kalah unik dan langka, bahkan mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Apa saja, sih? Yuk, intip di sini!

1. Alergi Sentuhan

Alergi Unik

Untuk seseorang yang memiliki alergi sentuhan alias dermographism, sentuhan sedikit mungkin saja dapat menyebabkan kulit ruam, memerah, dan membengkak, yang tampak menyerupai bekas cakaran kucing. Karena reaksi alergi ini, seseorang dengan dermographism bahkan dapat menulis di kulitnya, lho! Walaupun terkesan sedikit ‘horor’, reaksi alergi ini akan hilang dengan sendirinya setelah 15-30 menit. Walaupun dermographism dialami oleh 5% dari populasi dunia, kebanyakan pengidapnya tidak mencari pertolongan medis.

2. Alergi Getaran

Alergi Unik

Pernahkah Anda membayangkan bahwa di luar sana ada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap getaran? Getaran ini dapat berupa getaran saat mengendarai motor atau mobil, hingga saat memegang objek yang bergetar seperti sikat gigi elektrik. Alergi ini terjadi karena tubuh keliru mengira getaran sebagai ancaman. Akibatnya, imun tubuh berusaha menyerang balik dan menimbulkan ruam, bilur, hingga iritasi kulit. Reaksi ini umumnya timbul dalam waktu 5 menit dan dapat berlangsung selama berjam-jam. Walaupun dapat diatasi dengan antihistamine, tetap saja cukup menyebalkan jika tubuh Anda harus gatal-gatal tiap naik kendaraan, ya!

3. Alergi Obat Alergi

Alergi Unik

Untuk meredakan berbagai gejala alergi, kini telah tersedia ragam obat alergi yang bisa Anda dapatkan di apotek. Ironisnya, seseorang dapat mengalami alergi terhadap obat alergi juga, lho! Namun, reaksi alergi ini biasanya dipicu oleh kandungan pewarna yang digunakan oleh obat-obat komersil atau generik, alih-alih kandungan obat alergi itu sendiri. Jadi tenang saja, penderita alergi ini tetap bisa mengatasi alerginya dengan obat yang diresepkan khusus dari dokter, kok!

Baca juga: Meskipun Dapat Memicu Reaksi Alergi, 5 Kandungan Ini Juga Memiliki Fungsi Penting untuk Kulit, Lho!

4. Alergi Sayur dan Buah Mentah

Alergi Unik

Untuk menjaga kesehatan tubuh, hampir semua artikel, jurnal, blog, atau dokter memberikan saran untuk mengonsumsi sayuran. Namun, saran ini tentu tak bisa diberikan kepada mereka yang memiliki alergi sayur mentah. Alergi ini disebut dengan nama oral allergy syndrome, di mana gejalanya meliputi rasa gatal, panas, dan sakit pada tenggorokan tiap kali mereka mengonsumsi sayur atau buah mentah. Tingkat alergi ini bervariasi pada tiap orang. Ada yang bisa mengatasinya dengan memasukkan buah atau sayur ke dalam microwave selama beberapa detik sebelum mengonsumsinya, ada pula yang harus mengucapkan selamat tinggal pada salad sayur dan buah selamanya.

5. Alergi Kacoak

Alergi Unik

Mungkin banyak dari Anda yang ‘mengaku’ alergi pada kacoak karena rasa geli dan jijik saat melihatnya. Namun, pada kenyataannya ada beberapa orang yang benar-benar mengalami reaksi alergi terhadap kacoak, lho! Tubuh dan kotoran kacoak dapat memicu gejala alergi yang ditandai dengan bersin, batuk, mata gatal, hidung tersumbat, hingga gejala asma. Kebanyakan orang yang alergi pada kerang, kepiting, atau udang, umumnya juga alergi terhadap kacoak karena protein yang memicu gejala pada kerang, kepiting dan udang juga ditemukan pada tubuh kacoak.

Baca juga: Benarkah Seseorang Dapat Mengidap Alergi WiFi? Berikut Pengertian Electromagnetic Hypersensitivity dan Ciri-cirinya!

PREVIOUS ARTICLE

5 Alasan Kenapa Ibu Bekerja dan Ibu Rumah Tangga Tak Boleh Dibedakan

NEXT ARTICLE

#SocioFellas: Billy Davidson, Aktor Berbakat yang Mungkin Pensiun Main Sinetron 10 Tahun Lagi

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

comments