ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Tak Cuma Obat-obatan, Kecanduan Makanan Juga Perlu Diwaspadai!

Mengalami kecanduan dan berlebihan dalam mengonsumsi makanan ternyata bisa menjadi sebuah kondisi fisik dan mental yang tidak sehat. Bila tidak disadari sejak dini dan diwaspadai, kondisi ini bisa menyebabkan seseorang mengalami obesitas dan memicu timbulnya beragam penyakit. Efek negatif yang ditimbulkan juga sama bahayanya dengan kecanduan obat-obatan terlarang, lho! Untuk mengetahui lebih dalam dan mewaspadai kondisi ini, yuk, simak penjelasan tentang kondisi kecanduan makanan, apa saja penyebabnya serta cara mengatasinya berikut ini!

Apa itu kecanduan makanan?

Makan adalah salah satu kebutuhan dasar manusia untuk mencukupi nutrisi tubuh dan bertahan hidup. Namun, bagaimana jadinya bila keinginan atau hasrat untuk makan menjadi berlebihan dan membuat seseorang menjadi gelisah ketika tidak bisa mengonsumsi makanan dalam jumlah yang terlalu banyak? Tak hanya menjaga asupan nutrisi untuk tubuh, mengonsumsi makanan ternyata juga menghasilkan kepuasan yang didapatkan melalui rasa, aroma, dan juga teksturnya. Ketika keinginan untuk mendapatkan kepuasan akan makanan tersebut menjadi berlebihan, seseorang bisa dikatakan telah mengalami apa yang disebut dengan kecanduan makanan.   

Baca Juga: Selain Gula, Ini 5 Jenis Makanan yang Perlu Anda Hindari Demi Kesehatan Tubuh

Penyebab Kecanduan Makanan

Kondisi kecanduan makanan yang dialami oleh seseorang bisa disebabkan karena beberapa faktor, seperti  kondisi biologis, psikologis, dan juga lingkungannya. Dari faktor biologis, seseorang bisa mengalami kecanduan makanan karena adanya ketidakseimbangan hormon, kelainan pada otak, atau bisa juga karena efek samping obat-obatan yang dikonsumsi. Sedangkan faktor psikologis yang bisa mendorong atau membuat seseorang mengalami kecanduan makanan ini adalah tekanan dari lingkungan yang mengakibatkan depresi atau stres sehingga menggunakan makanan sebagai kompensasi untuk mengurangi rasa takut atau trauma yang dirasakan. Beberapa faktor tersebut juga bisa saling terakumulasi sehingga membuat kondisi kecanduan makanan menjadi semakin parah.

Baca Juga: Berbagai Jenis Makanan yang Dapat Memicu Terjadinya Sakit Kepala

Gejala dan Efek Kecanduan Makanan

Beberapa hal yang bisa menjadi gejala dari kondisi kecanduan makanan adalah masih merasa lapar meski telah makan kenyang, mengonsumsi makanan lebih banyak daripada yang diinginkan, makan dalam jumlah tidak wajar secara sembunyi-sembunyi, hingga mencari-cari alasan demi mendapatkan makanan yang diinginkan. Efek negatif yang bisa dirasakan oleh orang yang mengalami kecanduan makanan adalah rasa tidak tenang maupun stres ketika tidak mendapatkan makanan, mudah panik atau marah, bahkan ketika stres memuncak bisa saja muncul rasa keinginan untuk bunuh diri. Bila hal tersebut bisa menjadi efek psikologis, kondisi fisik seseorang yang mengalami kecanduan makanan juga bisa terpengaruh karena bisa mengalami gangguan sulit tidur, asupan nutrisi yang tidak seimbang, dan cenderung mengalami obesitas yang dapat memicu timbulnya beragam penyakit seperti jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, gangguan pencernaan atau osteoporosis.

Baca Juga: Hati-Hati! Ini 5 Tanda Kecanduan Makanan yang Perlu Anda Waspadai

Penanganan Kecanduan Makanan

Melihat banyaknya efek samping yang bisa ditimbulkan dan dialami oleh seseorang yang mengalami kecanduan makanan, langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah kondisi ini tidak menjadi semakin parah adalah dengan mewaspadainya sejak dini serta mengetahui faktor penyebabnya. Biasanya seseorang yang mengalami kecanduan makanan perlu melatih diri untuk menahan diri dari godaan ketika muncul keinginan untuk mengonsumsi makanan. Ketika sudah mulai belajar untuk menahan diri, seseorang yang mengalami kecanduan makanan juga harus mulai mengubah gaya hidup lebih sehat yaitu membiasakan diri melakukan kegiatan yang lebih positif dan mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Bila merasa kondisi kecanduan makanan sudah dalam tahap yang sulit untuk ditangani, berkonsultasi dengan ahlinya adalah langkah yang tepat.

Baca Juga: Yuk, Mulai Kurangi Porsi untuk 5 Jenis Makanan Penyebab Perut Buncit Berikut!

PREVIOUS ARTICLE

5 Lokasi Bersejarah di Yogyakarta yang Cocok Dijadikan Tempat Foto Prewedding dengan Sentuhan Klasik

NEXT ARTICLE

Mengenal Karakter Seseorang dari Cita Rasa Makanan Favoritnya

RELATED ARTICLES

comments