ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Inspiration

Waspada! 5 Ciri Berikut Jadi Pertanda Anda tengah Mengalami Fenomena “Burnout Generation”

Tuntutan untuk tetap bertahan di tengah persaingan dan perkembangan teknologi yang sangat pesat tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh generasi millennial saat ini. Di luar banyak kelebihannya seperti multitasking, dipenuhi dengan ide kreatif, cepat tanggap, fleksibel dan juga ambisius, ternyata generasi millennial rentan mengalami kondisi kelelahan psikologis yang disebut dengan istilah ‘burnout generation’.

Bukan sekadar stres biasa, kondisi kelelahan psikologis ini bisa membuat seseorang yang mengalaminya menunjukkan beberapa tanda dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam artikel sebelumnya, telah dijelaskan tentang apa itu ‘burnout generation’ serta alasan mengapa millennial sangat mudah mengalaminya. Lalu, sebenarnya apa saja tanda yang muncul pada millennial yang sedang mengalami fenomena “burnout generation”?

Stres berlebihan

Burnout Generation

Tuntutan dan persaingan di dalam dunia kerja yang dihadapi membuat generasi millennial mengalami stres yang berkepanjangan. Kondisi kelelahan psikologis ini membuat mereka mengalami mood swing, sering melamun, murung, dan menjadi lebih mudah frustasi dari biasanya. Bila sudah mengalaminya, seseorang cenderung menjadi tidak produktif dalam bekerja, lebih banyak merasa pesimis dan juga kehilangan motivasi untuk bekerja.

Baca Juga: Kerap Dianggap Sepele, Ini Bahaya Memendam Emosi bagi Kesehatan Mental Anda

Fisik dan mental yang cepat lelah

Stres yang berkepanjangan bisa mengakibatkan kondisi fisik seseorang juga menjadi terpengaruh dan menjadi mudah lelah dan tidak bersemangat. Salah satu tanda yang menunjukkan seorang generasi millennial sedang mengalami kelelahan psikologis yang disebut dengan fenomena ‘burnout generation’ adalah merasa malas dan tidak berenergi ketika bangun pagi untuk melakukan aktivitas. Selain itu, kondisi tersebut juga membuat seseorang menjadi tak acuh dan tidak memiliki perkembangan dalam setiap hal yang dikerjakannya.  

Baca Juga: Waduh, Ternyata 5 Jenis Makanan Ini Dapat Membuat Anda Cepat Lelah Jika Sering Dikonsumsi!

Mudah jatuh sakit

Bila level stres sudah tinggi dan dialami dalam kurun waktu yang cukup lama, kondisi fisik seseorang tak hanya akan menjadi cepat lelah, tetapi juga mudah terserang penyakit karena kekebalan tubuh yang semakin menurun. Millennial yang mengalami fenomena ‘burnout generation‘ akan lebih rentan jatuh sakit seperti flu atau batuk. Meski tergolong penyakit ringan, jika terlalu sering mengalaminya Anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sederhana Setiap Hari untuk Menghindari Flu Menurut Dokter

Kurangnya komunikasi dengan orang lain

Memiliki waktu ‘me time’ dan menjauh sejenak dari orang lain sesekali memang penting dan memiliki banyak manfaat. Namun bila kondisi ini membuat Anda terlalu banyak ingin menyendiri dan menjauhi pergaulan, maka bisa saja hal tersebut menjadi tanda bahwa Anda mengalami kelelahan psikologis yang dialami oleh kebanyakan generasi millennial. Tak hanya membuatnya menjadi tidak peduli dengan kondisi yang terjadi di sekitarnya, generasi millennial yang mengalami burnout lebih cenderung memiliki hubungan sosial yang kurang baik.

Baca Juga: Ini yang Sebaiknya Anda Lakukan Saat Sahabat Menjauh Secara Tiba-Tiba

Tidak produktif dalam bekerja

Ada banyak faktor yang membuat Anda bisa menjadi tidak produktif dalam melakukan pekerjaan, mulai dari cara atau sistem kerja yang kurang tepat hingga terlalu banyak mengecek telepon genggam. Ternyata, tidak produktif dalam bekerja bisa menjadi tanda seseorang mengalami ‘burnout’, lho. Kondisi ini bisa terjadi karena tuntutan pekerjaan yang terlalu banyak dan berat melebihi kemampuan, persaingan antar rekan kerja yang tidak sehat, pembagian tugas yang kurang imbang, kurangnya tantangan yang membuat bosan, terlalu perfeksionis atau bahkan kurangnya apresiasi atas keberhasilan yang telah dicapai.

Baca Juga: Pekerjaan Sering Menumpuk? Hindari 5 Kebiasaan Berikut Yang Membuat Anda Menjadi Tidak Produktif

PREVIOUS ARTICLE

Ini Persyaratan yang Perlu Anda Persiapkan Jika Ingin Menikah di Luar Negeri ala Pernikahan SyahReino

NEXT ARTICLE

Ini 5 Alasan Logis Mengapa Wanita Pintar Banyak yang Single

RELATED ARTICLES

COMMENTS

1comment


  • Meilita Farah Dina3 days ago

    Waaah ... Can relate huhu