ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Inspiration

Beragam Manfaat Kesehatan bagi Kulit dan Tubuh yang Bisa Diperoleh jika Rutin Melakukan Sauna

Ketika menyebut kata sauna, apa yang terlintas di pikiran Anda? Biasanya, sauna hanya diartikan sebagai aktivitas pelengkap saat melakukan perawatan di salon atau selepas berolahraga di pusat kebugaran. Faktanya, sauna memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, lho. Tak hanya untuk menjaga kebugaran tubuh, rutin melakukan sauna rupanya juga berdampak sangat baik untuk kesehatan kulit dan tubuh. Apa saja ya?

Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh

Rutin Melakukan Sauna

Terlepas dari pola hidup yang Anda jalankan, tubuh akan menyimpan racun yang terpapar dari lingkungan setiap harinya. Sauna bisa menjadi salah satu cara untuk mendetoks tubuh agar mengeluarkan racun melalui keringat. Keringat yang keluar melalui kulit ini yang nantinya dapat membilas bakteri dari lapisan epidermis, dan menjadikan kulit jauh lebih sehat dan bersih.

Membantu Meningkatkan Produksi Kolagen

Rutin Melakukan Sauna

Seperti yang telah diketahui, kolagen merupakan salah satu kunci untuk mempertahankan kulit yang terlihat awet muda. Hal ini dikarenakan kolagen sangat penting dalam menjaga kelenturan serta keremajaan jaringan kulit. Selain didapatkan dari produk skin care tertentu, kolagen merupakan unsur diproduksi secara alami oleh tubuh. Nah, dengan rutin melakukan sauna, produksi kolagen secara alami di dalam tubuh akan lebih meningkat. Hasilnya, proses regenerasi sel-sel kulit mati akan lebih cepat sehingga kulit Anda semakin cerah, halus, dan tentunya terbebas dari tanda-tanda penuaan.

Membersihkan Pori-Pori Kulit

Rutin Melakukan Sauna

Seperti yang telah dijelaskan diatas, sauna mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui keringat. Nah, keringat ini keluar melalui pori-pori kulit yang terbuka akibat berada di dalam ruangan sauna. Pembersihan pori-pori ini dapat mengangkat beragam kotoran dan minyak berlebih dari lapisan epidermis, sehingga kulit Anda akan terbebas dari jerawat yang membandel serta komedo.

Baca Juga: Duh! 5 Kebiasaan Ini Ternyata Dapat Menyumbat Pori-Pori Kulit Wajah

Sistem Kekebalan Tubuh Menjadi Lebih Kuat

Rutin Melakukan Sauna

Salah satu manfaat sauna yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan regenerasi sel darah putih akan lebih cepat karena panas dan uap dari sauna. Sel darah putih inilah yang berperan penting dalam menangkal segala penyakit dan melawan infeksi. Dengan memiliki sel darah putih yang cukup, maka sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan tubuh Anda tidak mudah terserang penyakit.

Meningkatkan Aliran Oksigen ke Seluruh Tubuh

Rutin Melakukan Sauna

Ketika Anda melakukan sauna, suhu tubuh Anda akan meningkat, sehingga menyebabkan sirkulasi darah dan produksi keringat Anda juga turut meningkat. Hal ini disebabkan karena tubuh Anda bekerja untuk menjaga suhu tubuh menjadi normal kembali. Peningkatan sirkulasi darah ini dapat memicu aliran oksigen yang lebih baik mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, sehingga kulit Anda lebih terhidrasi dengan maksimal. Selain itu, sirkulasi darah yang baik juga dapat membuat kulit terlihat lebih glowing, lho!

Membantu Menyehatkan Rambut

Rutin Melakukan Sauna

Kelenjar sebasea adalah kelenjar khusus di kulit kepala yang dapat melepaskan senyawa tertentu untuk melembapkan rambut. Jika rutin melakukan sauna, maka kelenjar ini akan menjadi aktif dan melepaskan senyawa yang berguna untuk rambut tersebut. Hasilnya, rambut Anda akan terlihat lebih sehat dan juga terjaga kelembapannya.

Dapat Menurunkan Berat Badan

Rutin Melakukan Sauna

Tertarik untuk menurunkan berat badan tanpa merasa lelah? Sauna bisa menjadi salah satu solusinya! Jika Anda melakukan aktivitas sauna selama 20 menit dengan suhu sekitar 76 derajat celcius, hal tersebut ternyata dapat membantu Anda membakar hingga 500 kalori, lho! Hal ini disebabkan karena selama sauna, baik denyut jantung dan metabolisme tubuh akan meningkat sehingga kalori yang dikeluarkan setara jika Anda melakukan latihan fisik. Eits, jika Anda menginginkan pembakaran kalori yang banyak lagi, jangan lupa mengombinasikan sauna dengan olahraga yang teratur, ya!

Baca Juga: Malas Berolahraga karena Mager? Coba Lakukan 5 Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan di Tempat Tidur Berikut

PREVIOUS ARTICLE

5 Film Horor dan Thriller yang Akan Tayang di Paruh Kedua Tahun 2018. Siapkan Nyali untuk Menontonnya!

NEXT ARTICLE

Berbagai Trik Psikologi yang Bisa Anda Terapkan di Tempat Kerja

RELATED ARTICLES

QC Content at BeautyJournal

COMMENTS

8comments


  • Annida Sherina3 months ago

    good

  • Tania M3 months ago

    jd pingin sauna biar bisa nurunin berat badan

  • Duanita Duwita3 months ago

    Pengen cobaaaaa

  • Ressa Lini3 months ago

    jadi pengen nyobain sauna

  • Eugenie Ng3 months ago

    I'm the person who like having this

  • Riwenda P4 months ago

    Boleh nih sering sering sauna

  • Pratiwi Desi4 months ago

    bagus

  • Cindy Marshall4 months ago

    enak di sauna anget