ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Inspiration

Ingin Menurunkan Berat Badan? Yuk, Mulai dari 5 Kebiasaan Sederhana Ini

Bagi Anda yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badan, berbagai macam nasihat seperti berolahraga secara rutin atau membatasi makanan-makanan tertentu pastinya sudah bosan untuk didengarkan, bukan? Malah ada juga sebagian orang yang sudah melakukan semua hal tersebut, tetapi belum ada tanda-tanda penurunan berat badan. Nah,sebelum menyerah atau bahkan beralih pada teknik penurunan berat badan yang ekstrem, sebaiknya Anda memulai memerhatikan kembali berbagai hal-hal sederhana yang kerap terlupakan, seperti 5 kebiasaan berikut ini!

1. Jangan Melewatkan Sarapan

Menurunkan Berat Badan

Sarapan rupanya berperan penting dalam menurunkan berat badan, lho. Dengan rutin sarapan setiap hari, Anda dapat mengontrol diri untuk mengonsumsi makanan secukupnya pada jam makan siang dan jam makan malam. Menu sarapan yang disarankan adalah makanan yang kaya serat sekaligus protein tanpa lemak. Hindari makanan yang kaya akan karbohidrat sebagai menu sarapan Anda, seperti nasi goreng atau soto ayam.

Mulailah untuk mengganti menu sarapan Anda menjadi lebih seimbang, seperti memilih menu telur orak arik dengan roti gandum utuh, yoghurt dengan secangkir buah favorit, atau sebatas roti gandum dengan selai kacang. Makanan-makanan tersebut tentunya sangat praktis dan mudah untuk disiapkan, dan cocok untuk Anda dengan jadwal pekerjaan yang sangat padat.

2. Hanya Minum Air Putih Setelah Sarapan

Menurunkan Berat Badan

Saat mengonsumsi sarapan, Anda dapat meminum aneka minuman seperti kopi, teh, atau susu. Tetapi selebihnya, coba fokuskan diri Anda hanya untuk minum air putih saja. Anda pasti sudah pernah mendengar manfaat air putih untuk tubuh. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa asupan air putih yang cukup dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, konsumsi air putih juga dapat membantu menahan keinginan untuk ngemil, lho. Hal ini dikarenakan tubuh yang dehidrasi seringkali mengirimkan ‘sinyal palsu’ ke otak yang disalah artikan sebagai rasa lapar. Karena itulah, selalu pastikan asupan air putih Anda memenuhi standar yang ideal, yaitu delapan gelas sehari atau sekitar dua liter per hari. Stay hydrated, ladies!

Baca Juga: Berat Badan Bertambah dan Anda Susah Fokus? Mungkin Waktu Tidur Anda Penyebabnya!

3. Gunakan Piring Makan yang Kecil

Menurunkan Berat Badan

Tahukah Anda jika ukuran piring makan sangat berpengaruh dalam kesuksesan diet Anda? Jika Anda menggunakan piring makan berukuran kecil, mata Anda akan ‘tertipu’ dengan asumsi bahwa porsi makanan terlihat besar dan piring Anda telah dipenuhi oleh makanan. Hasilnya, Anda akan merasa lebih puas dan kenyang dengan jumlah makanan di piring Anda yang sebetulnya adalah setengah dari porsi biasa. Menggunakan piring yang berukuran besar akan membuat Anda cenderung mengambil makanan dalam jumlah yang banyak hingga setiap ruang dalam piring Anda terisi penuh. Hal ini tentunya membuat Anda cenderung makan dalam porsi yang banyak, membuat perut begah, sekaligus menumpuk kalori berlebih di dalam tubuh Anda.

4. Hindari Menyantap Makanan Sambil Melakukan Aktivitas Lain

Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda memiliki kebiasaan menyantap makanan sambil menonton televisi, memainkan handphone, atau melakukan kegiatan lainnya? Ternyata kebiasaan tidak fokus saat menyantap makanan ini dapat membuat Anda cenderung makan dalam porsi yang berlebihan. Hal ini dikarenakan Anda tidak sadar dengan porsi makanan yang dihabiskan dan tidak dapat menerima sinyal kenyang yang telah dikirimkan oleh perut Anda karena otak Anda disibukkan dengan aktivitas lainnya. Mulailah untuk fokus menyantap makanan Anda dengan duduk santai di meja makan tanpa melakukan aktivitas lainnya.

Baca juga: Hindari Dampaknya, Ini Dia Kebiasaan Buruk Saat Makan yang Sebaiknya Tidak Dilakukan

5. Hindari Makanan yang Berwarna ‘Putih’

Menurunkan Berat Badan

Karbohidrat sederhana yang terbuat dari tepung, beras putih, dan gula berkontribusi penting dalam meningkatkan gula darah serta kelebihan kalori yang berdampak pada kenaikan berat badan. Daripada mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan gula, nasi putih, serta tepung-tepungan seperti roti dan mie, Anda dapat mengganti makanan tersebut menjadi versi yang lebih sehat yaitu whole grains seperti roti dari olahan gandum, beras merah, dan oatmeal. Penelitian di Harvard menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi dua porsi whole grains setiap harinya memiliki kemungkinan 49 persen lebih kecil untuk mengalami kelebihan berat badan dibandingkan mereka yang mengkonsumsi makanan berwarna putih.

Baca Juga: Berkegiatan Sambil Berdiri Katanya Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan, Benarkah?

PREVIOUS ARTICLE

Meskipun Belum Memiliki Penghasilan, 5 Tips ini Bisa Membantu para Pelajar dan Mahasiswa untuk Menabung Lebih Giat

NEXT ARTICLE

Selalu Merasa Stres Tiap Bangun di Pagi Hari? Yuk, Lakukan Berbagai Hal Berikut untuk Mengatasinya

RELATED ARTICLES

QC Content at BeautyJournal

COMMENTS

21comments


  • Meidahlia Nur agung2 weeks ago

    Sayang makanan pokok aku nasi putih gimana donk..

  • Karina Handaniar1 month ago

    Yang nomer 4 agak susah 😏

  • Wiwi Pratiwi2 months ago

    Harus diterapkan!

  • Catharina Anggraeni3 months ago

    among of all should be balanced with workout

  • Najib Khoirul Muhyiddin3 months ago

    😍😍😍

  • deisy yudhiazary3 months ago

    mempunyai komitmen nya itu yang kadang gampang kesenggol kalo nemu makanan enak -..-

  • Pingki Deanira3 months ago

    Good review

  • Rezky Putri3 months ago

    Yahh susah emang ngerem mulut (:

  • Erlina Yustika3 months ago

    sangat bermanfaat

  • Rizka Suranti3 months ago

    semoga bisa :(

  • Valentina Yosnanda4 months ago

    say minta folback ya thanks :)

  • visca nurulita4 months ago

    followback yaa :)

    • Mona Soraya4 months ago

      @viscanlt sudah ya ?

  • Shasa Nur Anggraini4 months ago

    semoga berhasil huhu!!

  • Judith Cholya4 months ago

    perlu banget nih buat diet huhu

  • lintang ayu4 months ago

    harus di coba nih!

  • Anggun Lestari4 months ago

    Diet emang buat orang orang tangguh :D

  • Ratnasari pujiastuti4 months ago

    folback say :)

  • Dina Ratna4 months ago

    Patut dicoba

  • Riska Aprilia4 months ago

    Bermanfaat sekali!

  • Jihan Diyana Alsa4 months ago

    Sangat bermanfaat, terimakasih

  • Loisa Erin4 months ago

    Cara punya komitmen kuat gmn?