ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Inspiration

Mengenal Filosofi Wabi-Sabi dan Cara Mengaplikasikannya pada Hunian Anda

Dikenal dengan berbagai filosofi dalam menjalani hidup, Jepang juga memiliki pandangan tersendiri mengenai sebuah ketidaksempurnaan. Dinamakan wabi-sabi, filosofi ini berpendapat bahwa hidup yang nyaman adalah hidup yang mampu menerima segala ketidaksempurnaan karena semua hal di dunia ini pasti memiliki kekurangan. Meski memiliki makna yang begitu dalam, nyatanya filosifi ini bisa diterapkan ke dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, seperti inspirasi dalam mendekorasi sebuah hunian. Ingin tahu lebih dalam tentang filosofi wabi-sabi dan cara mengaplikasikannya pada tempat tinggal Anda? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Mengenal Tentang Filosofi Wabi-Sabi

Membahas tentang filosofi dan gaya hidup, Jepang memang sudah tidak diragukan lagi. Selain dikenal dengan gaya hidup minimalis dan gaya hidup sehat yang menjadikannya menjadi negara yang memiliki harapan hidup tertinggi di dunia, Jepang juga memiliki sebuah filosofi yang disebut dengan wabi-sabi yang juga menjadi dasar dari tradisi minum teh, seni merangkai bunga, haiku, hingga desain taman. Lalu, sebenarnya apa yang dimaksud dengan wabi-sabi?

Kata “wabi” dalam bahasa Jepang dapat diartikan sebagai kesederhanaan yang menjunjung tinggi prinsip bahwa semakin sederhana maka hidup akan semakin nyaman. Sedangkan istilah “sabi” dapat diartikan sebagai mencintai ketidaksempurnaan yang ada dalam kehidupan. Secara keseluruhan, filosofi wabi-sabi dapat diartikan sebagai pandangan hidup yang mengutamakan hidup sederhana dan tidak berlebihan serta menerima ketidaksempurnaan yang ada dalam kehidupan.

Menerapkan Wabi Sabi ke Dalam Hunian

Selain bermanfaat bila diterapkan sebagai gaya hidup, ternyata filosofi ini juga sangat berguna ketika diterapkan dalam mendesain dan mendekorasi hunian Anda. Hampir sama dengan gaya hidup minimalis, filosofi wabi-sabi yang diterapkan pada hunian juga mengutamakan penempatan furnitur yang minimalis untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman. Namun, perbedaannya terletak pada karakteristik perabotan dan furnitur yang digunakan. Untuk bisa mengaplikasikan wabi-sabi pada hunian, ada beberapa tips yang bisa Anda praktikkan, antara lain:

  • Menaruh peralatan rumah tangga dengan desain yang artistik

Menaruh hiasan dan furnitur unik untuk mempercantik hunian adalah salah satu cara menciptakan rumah yang menarik. Namun, pernahkah Anda merasa bahwa terlalu banyak dekorasi akan membuat rumah menjadi terlihat jengah dan sempit? Untuk bisa mendapatkan hunian yang cantik tanpa membuat ruangan terlihat penuh Anda bisa menerapkan filosofi wabi sabi dengan memilih perabotan rumah dengan desain yang artistik, sehingga Anda tidak meminimalkan penempatan dekorasi yang berlebihan. Beberapa perabotan dan furnitur yang bisa Anda pilih misalnya keranjang majalah dari rotan, lemari kayu, kursi dari akar pohon, piring dari keramik, maupun peralatan dapur yang unik. Supaya makin artsy, Anda tak perlu takut menggunakan desain asimetris, lantai beton tanpa finishing hingga bata yang terekspos.

  • Membeli perabotan yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama

Dalam menerapkan konsep wabi-sabi pada hunian, Anda harus dengan cermat dalam memilih dan membeli perabotan yang akan digunakan. Karena wabi-sabi menonjolkan kesederhanaan, maka sangat penting untuk tidak terlalu banyak melakukan pengeluaran untuk membeli barang-barang rumah tangga berulang-kali karena Anda menggunakan peralatan yang tidak awet. Selain memilih perabotan yang awet, untuk menerapkan konsep wabi-sabi pada hunian Anda juga hanya perlu menggunakan barang yang benar-benar Anda butuhkan saja. Singkirkan semua tumpukan barang yang tidak bermanfaat dan hanya membuat rumah menjadi terlihat penuh sesak.

  • Mendesain rumah dengan sirkulasi udara dan cahaya yang baik serta memasukkan unsur alam

Banyak orang memilih mendesain rumah mereka supaya nyaman dengan menggunakan menatanya sedemikian rupa agar udara dan cahaya alami dapat masuk dengan leluasa. Selain bermanfaat dilihat dari sisi kesehatan, rumah yang didesain agar sirkulasi udara dan cahaya alami bisa masuk dengan bebas akan terlihat lebih segar dan cerah.  Buat jendela dengan ukuran cukup besar dan langit-langit yang memungkinkan cahaya matahari langsung masuk ke ruangan. Tak hanya membiarkan udara dan cahaya alami masuk ke dalam hunian dengan bebas, Anda juga dapat memasukkan unsur alam supaya hunian makin nyaman. Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan cat tembok berwarna abu-abu atau hijau, serta menaruh tanaman di dalam rumah. Selain membuat rumah Anda tampak asri, memasukkan unsur alam akan membuat hunian semakin nyaman dan sehat. 

Baca Juga: Siasati Ruangan Berukuran Terbatas dengan Mengaplikasikan 5 Ide Dekorasi Ini di Rumah Anda

PREVIOUS ARTICLE

Sambut Hari Ibu dengan Menyaksikan Drama Musikal Dongeng Pohon Impian, Persembahan Nivea

NEXT ARTICLE

Ingin Berkunjung ke Papua? Ini 5 Rekomendasi Wisata Selain Raja Ampat yang Menarik untuk Dijelajahi

RELATED ARTICLES

comments