ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mempublikasikan Blog Pribadi

Saat ini siapa saja bisa menjadi seorang penulis dan mempublikasikanya melalui media pribadi, semisal menampilkannya dalam blog pribadi. Dan jika Anda termasuk orang yang tengah menyiapkan blog untuk mempublikasikannya, penting untuk memastikan semua hal sudah dipersiapkan dengan matang.

Karena tidak hanya terbatas pada bakat menulis maupun menciptakan konten, saat mengelola blog pribadi, Anda juga perlu memerhatikan berbagai hal agar memberikan hasil yang memuaskan. Karena jika dikelola secara profesional tidak menutup kemungkinan blog bisa menjadi salah satu media bisnis untuk mendapatkan keuntungan secara materi. Mulai tertarik membuatnya? Nah, sebelum merilis blog ke publik, ada baiknya Anda mengetahui dulu tips-tips yang harus dilakukan agar nantinya blog dapat berkembang dengan baik. Yuk, simak tipsnya berikut ini.

Menentukan topik

Langkah pertama yang menentukan blog Anda akan sukses atau tidaknya adalah menentukan topik apa yang ingin ditulis. Biasanya penulis cenderung menulis hal-hal yang disukai atau sesuai minat. Tentukan topik apa yang ingin Anda tulis dalam blog, lalu cari konten serupa dengan sudut pandang unik lainnya ke dalam topik yang dipilih. Lakukanlah analisa terlebih dulu sebelum mulai menulis agar informasi yang disampaikan memang solid karena hal ini dapat membantu membangun image blog Anda saat menyusun rencana bisnis. Jangan lupa juga untuk buat kalender editorial sendiri agar lebih konsisten dalam menulis.

Menetapkan branding, logo, warna dan tema

Sekarang, setelah menentukan topik dan membuat editorial kalender, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih nama dan mengatur branding untuk blog Anda. Hal ini merupakan langkah penting karena melibatkan pembaca yang nantinya akan berkunjung ke blog. Anda pasti menginginkan mereka bisa mendapatkan inspirasi dari apa yang dilihat dan ‘betah’ berlama-lama di sana, kan? Oleh karenanya, pilihlah tema yang memang menggambarkan pribadi Anda agar memiliki ciri khas sendiri dan tentunya memudahkan orang-orang yang nantinya berkunjung ke blog Anda.

Amankan domain dan urus sosial media Anda

Setelah memutuskan nama dan branding untuk blog, sekarang waktunya mengamankan domain dan nama untuk sosial media Anda. Squarespace menyarankan untuk mencoba domain “.com” agar pembaca nantinya mudah menemukan blog Anda. Untuk nama di sosial media, Anda bisa berkreasi dengan menggunakan karakter tambahan seperti garis bawah atau tanda hubung.  Nah, penting, nih, ladies. Sebelum menentukan nama domain, pastikan tidak ada blog dengan nama serupa atau hampir sama, ya agar nanti audiens tidak bingung mencari blog Anda.

Baca juga: Ingin Tampilan Instagram Story Jadi Lebih Menarik? Yuk, Unduh 5 Aplikasi Gratis Berikut!

Pilih tanggal peluncuran blog

Satu langkah terakhir yang harus dilakukan sebelum meluncurkan blog adalah menentukan kapan waktu yang tepat. Untuk memilih tanggal ‘cantik’, Anda bisa melihat hari-hari besar apa yang sesuai dengan topik blog Anda. Manfaatkan moment tersebut untuk menarik perhatian audiens. Jangan lupa juga untuk meluncurkannya di sosial media. Anda juga bisa lho mengadakan giveaway pada hari H peluncuran blog di akun sosial media untuk mendatangkan followers baru. Dengan begini, setidaknya Anda sudah membuat orang-orang menengok sedikit dan mengetahui keberadaan blog atau sosial media Anda. Product knowledge goes first, right?

Perluas koneksi

Blog Anda pun sudah resmi diluncurkan. Sekarang saatnya untuk memperluas koneksi. Mulailah untuk mengikuti blog-blog lain dan berinteraksi dengan memberi komentar di blog atau sosial media mereka. Menciptakan jaringan sesama blogger akan sangat membantu mengembangkan blog Anda. Jangan takut juga untuk mendekati brand, mencari kontak media, atau menanyakan lewat DM sebagai sponsor yang potensial. Semakin banyak jaringan, semakin banyak pula peluang yang bisa didapat untuk berbisnis, menjangkau pembaca baru, dan menambah followers.

Baca juga: Memiliki Kecepatan Internet Tinggi, Negara-Negara Ini Cocok Jadi Destinasi Wisata para Travel Blogger

PREVIOUS ARTICLE

Fakta Menarik tentang Kortisol, Hormon dalam Tubuh yang Muncul Saat Stres

NEXT ARTICLE

5 Jenis Perpisahan yang Patut Disyukuri Saat Dialami pada Usia 20-an

RELATED ARTICLES

Content writer at Beauty Journal

comments