Guide

Sudah Siap untuk Lebaran? Pastikan Anda Sudah Melakukan Bebagai Hal Ini Sebelum Meninggalkan Rumah

Menghabiskan waktu di hari raya, tentu tidak sedikit dari Anda yang sudah memiliki rencana untuk pergi ke luar kota, pulang ke kampung halaman, atau berkunjung ke rumah sanak saudara. Nah, mengingat waktu lebaran sudah semakin dekat, persiapan apa saja nih yang sudah Anda lakukan? Selain packing, mengecek kendaraan, serta menyiapkan buah tangan dan THR, jika Anda berencana meninggalkan rumah di waktu lebaran, masih ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, lho! Agar kondisi rumah tetap aman dan nyaman saat ditinggalkan, berikut hal-hal yang perlu Anda lakukan sebelum meninggalkan rumah!

1. Periksa Kondisi Rumah

hal-yang-perlu-dilakukan-sebelum-meninggalkan-rumah

Sebelum meninggalkan rumah, Anda perlu memastikan bahwa kondisi rumah sudah aman alias tidak ada masalah. Misalnya nih, jika ada genteng yang bocor, tentu harus segera dibetulkan sebelum Anda pergi. Anda tidak mau pulang ke rumah dalam keadaan lantai yang tergenang air hujan, kan? Selain itu, Anda juga bisa mengecek kondisi listrik, dapur, air, serta area jendela dan pintu. Pastikan agar tiap-tiap bagian tidak akan menjadi masalah meskipun ditinggal. Oh, iya, jangan sampai Anda melupakan hewan peliharaan yang terdapat di rumah, ya! Jika bisa dititipkan, lebih baik titipkan hewan peliharaan sementara pada orang yang Anda percayai.

Baca juga: Ingin Renovasi Rumah Tanpa Bikin Utang di Mana-Mana, Bagaimana Caranya Ya?

2. Beri Kabar

hal-yang-perlu-dilakukan-sebelum-meninggalkan-rumah

Jika Anda memiliki rencana untuk meninggalkan rumah lebih dari 2 hari atau dalam jangka waktu yang lama, jangan lupa juga untuk memberi kabar pada tetangga sebelah Anda serta petugas kemananan daerah rumah Anda (jika ada). Selain menghindari kunjungan tetangga di saat rumah sedang kosong karena mereka tidak tahu bahwa Anda sedang pergi, Anda juga bisa ‘menitipkan’ rumah pada tetangga jika sewaktu-waktu ada paket atau tamu yang datang secara mendadak.

3. Usahakan Pasang Kemananan Tambahan

hal-yang-perlu-dilakukan-sebelum-meninggalkan-rumah

Banyaknya rumah yang ditinggal dalam keadaan kosong di waktu lebaran, berpotensi menjadi celah terjadinya pencurian. Nah, oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda memasang keamanan tambahan seperti CCTV atau alarm khusus selama Anda meninggalkan rumah. Selain memberikan pengawasan ekstra, jika terjadi sesuatu Anda pun dapat melacak pelakunya dengan lebih mudah.

4. Amankan Barang Beharga

hal-yang-perlu-dilakukan-sebelum-meninggalkan-rumah

Selain barang berharga dalam ukuran kecil seperti uang, emas, atau surat-surat, jangan lupa juga untuk mengamankan barang berharga lainnya seperti tablet, laptop, atau PC. Jika memungkinkan, simpan perangkat elektronik ke dalam ruangan tertutup (tidak terlihat dari jendela) atau ke dalam lemari untuk perangkat yang lebih kecil seperti tablet, laptop, atau kamera. Begitu pula halnya dengan benda-benda yang menarik perhatian seperti motor yang terparkir di halaman rumah. Jika Anda akan meninggalkan rumah, sebaiknya masukkan saja motor ke dalam rumah.

5. Tinggalkan Rumah dalam Keadaan Bersih

hal-yang-perlu-dilakukan-sebelum-meninggalkan-rumah

Jika kondisi rumah sudah dicek, barang berharga sudah diamankan, dan Anda sudah memasang keamanan tambahan, hal terakhir yang dapat Anda lakukan sebelum meninggalkan rumah adalah membersihkannya. Memang sih, sekembalinya Anda ke rumah tentu debu sudah kembali menumpuk. Namun, pulang ke rumah dalam keadaan rapi dan bersih tentu akan lebih menyenangkan ketimbang pulang ke rumah yang penuh dengan pakaian kotor, cucian piring menumpuk, dan barang yang berserakan di lantai, kan? Lebih baik Anda mengorbankan 1-2 jam untuk berberes rumah, daripada pulang setelah menempuh perjalanan berjam-jam dan disambut dengan rumah berantakan yang akan membuat mood Anda rusak.

Baca juga: Trik Mengurus Rumah Untuk Wanita Karier yang Punya Segudang Kesibukan

PREVIOUS ARTICLE

Demi Mudik yang Lebih Nyaman, PT KAI Resmi Luncurkan Kereta Sleeper

NEXT ARTICLE

Olahraga dan Diet ala Meghan Markle Untuk Bentuk Tubuh Ideal, Mau Coba?

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

comments