ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Bebas Canggung, Ini Berbagai Hal yang Perlu Dilakukan para Introvert Saat Berada di Pesta Kantor

Pesta kantor bisa menjadi momen yang menyenangkan, tak hanya Anda diperbolehkan untuk bersenang-senang, terkadang pesta kantor juga cukup ampuh dalam memberikan penyegaran saat tuntutat pekerjaan begitu menumpuk. Namun tak semua karyawan menyukai ajang pesta kantor, terutama bagi mereka yang memiliki karakter introvert atau sekadar pemalu. Berada di sebuah pesta dan harus bersosialisasi bisa menjadi tantangan tersendiri. Meski bisa memilih untuk tak menghadiri acara, tetapi umumnya pesta kantor memiliki aturan tak tertulis di mana setiap pegawai wajib mengikutinya. Bagi Anda yang kerap tertekan saat harus mengikuti pesta kantor karena rasa tak nyaman saat harus bersosialisasi, berbagai hal berikut mungkin bisa menjadi solusinya.

Datang bersama rekan kerja ke lokasi acara

tips bagi introvert dalam menghadapi pesta kantor

Bagi Anda yang pemalu maupun introvert, sebaiknya pilih rekan kerja yang sudah Anda kenal dan ajak atau minta dia untuk berangkat bersama ke lokasi acara. Dengan datang bersama-sama, Anda tidak perlu lagi menentukan harus bergabung dengan siapa di pesta tersebut. Selain itu tak menutup kemungkinan rekan kerja akan membantu Anda berkenalan dengan orang yang baru Anda temui.  Tak hanya datang bersama teman, saat menghadiri acara pastikan juga untuk tiba tepat waktu atau sebelum acara dimulai. Selain bisa mempersiapkan diri Anda dan melewati proses saat pesta belum ramai, hingga menjadi penuh, Anda pun bisa mengatur untuk memilih dengan siapa menggabungkan diri serta membaca lokasi acara saat nanti harus pulang atau pergi ke toilet.

Perhatikan bahasa tubuh

tips bagi introvert dalam menghadapi pesta kantor

Sikap pemalu kadang sering disalahartikan dengan sikap tak acuh, padahal mereka yang pemalu kerap dihinggapi rasa gugup hingga lupa untuk menampilkan bahasa tubuh yang akrab, seperti halnya tersenyum. Maka itu, Anda perlu memerhatikan bahasa tubuh saat berada di pesta kantor. Jangan menunjukan wajah masam sambil melipat lengan di dada, cobalah tersenyum dan jangan ragu untuk melakukan kontak mata dengan rekan lain yang Anda kenal tetapi jarang terlibat percakapan saat sedang bekerja.

Tenangkan diri di toilet

tips bagi introvert dalam menghadapi pesta kantor

Dalam situasi pesta kantor, tak jarang mereka yang pemalu memilih untuk berada di meja bar, atau sudut ruangan yang sepi, padahal jika Anda merasa lelah dan butuh waktu untuk merasa nyaman toilet adalah lokasi yang paling ideal. Dengan berada di toilet Anda bisa sejenak memberi waktu pada pikiran untuk tenang, karena bebas dari suasana bising dan percakapan orang-orang di sekitar Anda. Manfaatkan waktu di toilet untuk menatur pernapasan, mendengarkan musik yang memberi efek rileks untuk meredakan stres dan rasa gugup.

Baca juga: Kelebihan dari Introvert yang Bisa Membuatnya Sukses di Tempat Kerja

Menjadi pendengar yang baik

tips bagi introvert dalam menghadapi pesta kantor

Bagi mereka yang pemalu ataupun introvert, acara pesta yang terkesan santai dan bisa menjadi kesempatan untuk bersenang-senang, bisa memberikan rasa cemas tersendiri, karena pikirannya terus sibuk memikirkan percakapan apa yang harus diutarakan untuk mendapat teman bicara.

Menghadapi situasi ini cobalah untuk memberikan pertanyaan yang bersifat terbuka seperti pertanyaan yang diawali dengan apa, kenapa dan bagaimana. Pertanyaan ini lebih memungkinkan untuk terus mengalir dibandingkan hanya melontarkan pertanyaan dengan jawaban ya atau tidak. Selain itu Anda juga perlu menjadi pendengar yang baik. Tak perlu mendominasi percakapan, saat lawan bicara mulai menceritakan banyak hal coba dengarkan dan sesekali berikan tanggapan Anda.

Cari alasan yang tepat untuk meninggalkan lokasi acara

tips bagi introvert dalam menghadapi pesta kantor

Setelah mengerahkan segala upaya untuk ikut menikmati pesta kantor, tentu akan ada momen di mana pikiran dan tubuh Anda sudah merasa lelah, sehingga ingin segera beranjak dari tempat tersebut. Hal ini sah-sah saja, yang terpenting Anda sudah hadir dan ikut bersenang-senang bersama rekan kerja lain. Sebelum menghadari acara ini, Anda bisa terlebih dulu memberi batas waktu berapa lama Anda akan berada di pesta kantor. Misal Anda hanya mampu menghabiskan waktu 60 menit. Dan jika waktu yang Anda tentukan telah habis, coba untuk mencari alasan tepat agar bisa segera meninggalkan pesta tersebut.

Baca juga: Dari Pemalu Hingga Berani Maju, Ini 5 Rahasia Public Speaking dari Mentor Kim Kardashian

PREVIOUS ARTICLE

5 Alasan Mengapa Anda Harus Melakukan Traveling di Usia 20-an

NEXT ARTICLE

5 Perpisahan Pasangan Selebriti yang Paling Mengejutkan Sepanjang 2018

RELATED ARTICLES

comments