ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Pro dan Kontra Menaruh Tanaman di Dalam Kamar Tidur

Pohon yang ditanam di halaman dan di dalam rumah bisa banyak memberi manfaat. Mulai dari membuat rumah menjadi lebih asri dan sejuk, hingga bermanfaat bagi kesehatan sang pemiliki rumah. Karenanya, banyak orang yang memutuskan untuk menaruh tanaman baik di halaman rumah maupun di dalam kamar. Di antara beragam manfaat dari menanam pohon di rumah, ternyata ada pendapat yang menyatakan bahwa menaruh tanaman di dalam kamar tidur sebaiknya dihindari sehingga menimbulkan perdebatan panjang. Mengapa? Simak penjelasannya di sini, ya!

Manfaat Tanaman di Halaman dan di Dalam Rumah

Tanaman di Dalam Kamar Tidur

Sebelum masuk pada pro dan kontra tentang tanaman di dalam kamar, terlebih dahulu kita bahas tentang manfaat dari tanaman yang ada di sekitar dan di dalam rumah Anda. Memelihara tanaman di sekitar rumah akan membawa banyak manfaat yang dapat Anda rasakan. Tanaman yang tumbuh di halaman rumah akan mengurangi jumlah polutan yang akan berbahaya bagi kesehatan seperti zat kimia berbahaya dari peralatan rumah tangga yang jika dihirup terus menerus dalam jangka waktu yang panjang akan berbahaya bagi kesehatan. Seperti formalin yang ditemukan pada cat tembok, amonia yang ditemukan pada cairan pembersih jendela, zat sisa pembuangan dan lain sebagainya.

Selain itu, memiliki dan memelihara tanaman di rumah dipercaya dapat memperbaiki keadaan psikologis seseorang seperti mengurangi stres, menenangkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi. Bila dilihat dari beragam manfaat yang diperoleh dengan menanam pohon di halaman maupun di dalam rumah, mengapa ada anggapan yang muncul untuk menghindari menaruh tanaman di dalam kamar tidur?

Baca Juga: Manfaat Berkebun bagi Kesehatan Tubuh dan Pikiran yang Tidak Anda Duga

Kontroversi Menaruh Tanaman di Kamar Tidur

Tanaman di Dalam Kamar Tidur

Jika secara umum kita sudah mengatahui beragam manfaat tanaman yang ditaruh di dalam rumah atau halaman, ternyata menurut feng shui menaruh tanaman di dalam kamar tidur akan berpengaruh pada kualitas tidur Anda. Pada malam hari, Anda sudah pasti ingin istirahat dan tidur dengan nyenyak di kamar tidur yang nyaman. Sedangkan pada malam hari tanaman masih secara aktif menghasilkan energi. Berdasarkan sudut pandang tersebut, tentu saja masuk akal jika energi yang dikeluarkan tanaman yang ditaruh di dalam kamar tidur akan mempengaruhi kualitas tidur Anda. Selain itu, pada malam hari tanaman pada umumnya menyerap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Hal tersebut dianggap akan mempengaruhi kadar oksigen yang ada dalam kamar tidur dan akan mempengaruhi kualitas tidur Anda

Bagaimanapun tetap ada jalan keluar dan solusi untuk setiap perdebatan, bukan?  

Tanaman di Dalam Kamar Tidur

Secara ilmiah, ternyata karbon dioksida yang dihasilkan oleh tanaman di malam hari tidak banyak dan tidak akan sampai mengganggu pernapasan Anda. Kembali lagi tergantung pada ukuran luas kamar, banyaknya sinar matahari yang masuk dan sirkulasi udara di kamar Anda. Karena beberapa hal tersebut tentu saja juga akan mempengaruhi kualitas tidur walaupun ada atau tidaknya tanaman di dalam kamar Anda. Selain itu, ada beberapa tanaman yang cocok dan aman yang bisa Anda pilih untuk tetap ditaruh dalam kamar tidur Anda. Namun, tentu saja ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menaruh, menata dan merawat tanaman tersebut.

Tanaman Aman Untuk Ditaruh Di Kamar Tidur dan Tips Merawatnya

Tanaman di Dalam Kamar Tidur

Beberapa tanaman yang bisa Anda pilih untuk ditaruh di dalam kamar tidur di antaranya tanaman lidah mertua, lidah buaya, dan spider plant. Beberapa tanaman tersebut dikatakan sebagai tanaman yang paling efektif untuk membersihkan udara di dalam ruangan, termasuk kamar tidur Anda. Selain mudah dalam merawatnya, tanaman ini bisa Anda taruh dalam pot kecil yang tidak akan terlalu makan tempat bila ditaruh dalam kamar tidur Anda.

Di samping itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda memutuskan untuk menaruh tanaman di dalam kamar. Salah satunya, Anda harus memastikan suhu udara ruangan tetap pada temperatur yang tepat yaitu berkisar 22-24 derajat celcius supaya tanaman dapat tumbuh dengan baik. Kemudian, pastikan tanaman di dalam kamar Anda mendapatkan asupan air dan sinar matahari yang cukup.

Kesimpulannya, baik atau tidaknya tanaman yang ditaruh di dalam kamar tidur kembali lagi pada kepercayaan Anda. Bila beranggapan bahwa menaruh tanaman di kamar tidur lebih banyak memberikan manfaat, Anda tetap boleh menaruh tanaman dalam kamar tidur, kok. Namun, Anda perlu memperhatikan tanaman yang dipilih dan sesuaikan dengan kondisi kamar tidur. Kalau Anda, lebih suka menaruh tanaman dalam kamar atau tidak? Share di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Berbagai Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mendesain Kamar untuk Mendapatkan Tidur Berkualitas

PREVIOUS ARTICLE

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan dari Menikah di Usia Muda yang Perlu Anda Ketahui

NEXT ARTICLE

Miliki Kekayaan 900 juta Dolar AS, Kylie Jenner jadi Wanita Muda Terkaya Versi Forbes

RELATED ARTICLES

COMMENTS

9comments


  • Fianisa Tiara1 month ago

    aku milih pro biar seger liat yg hijau2 di kamar

  • Annida Sherina2 months ago

    nice

  • Sarah Widiaputri3 months ago

    pernah punya indoor plants tp malah kering daunnya ????

  • Shinta Arnia Fionita Panjaitan3 months ago

    Wuihhhh

  • Mega Handiyani4 months ago

    sayangnya kamar ku kurang terkena sinar matahari :(

  • Uus Uswatun Hasanah4 months ago

    wkwk aku malah pgn kek gituu, bagus

  • Sisilia Damayanti4 months ago

    pengen sih taro taneman, tapi takut ada hewan2nya :(

  • gita gunanti4 months ago

    kamar apa taman><

  • Anniska Ratna Nur4 months ago

    Kebayang nyimpen tanaman d kamar yg punya ank batita.. amburadul kamar udh kya taman ????