ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Mengalami Intoleran Laktosa? Berikut Rekomendasi Makanan Berkalsium sebagai Pengganti Susu Sapi

Intoleran laktosa adalah kondisi tubuh yang tidak dapat mencerna laktosa karena ketidakmampuan tubuh dalam memproduksi enzim laktase. Padahal Enzim laktase sangat penting karena dapat membantu memecah laktosa yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Dalam tubuh manusia, laktosa seharusnya diurai menjadi glukosa dan galaktosa yang bentuknya lebih sederhana. Jika enzim laktase tidak cukup, laktosa tidak akan bisa diurai oleh tubuh dan akhirnya menyebabkan berbagai gangguan seperti mual, pusing, dan muntah. Kondisi tersebut dapat dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Seseorang yang mengalami intoleran laktosa harus menghindari makanan dan minuman yang mengandung kadar laktosa tinggi, seperti produk olahan susu sapi. Tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri mengingat susu sapi merupakan salah satu sumber kalsium tinggi yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Nah untuk mengganti susu sapi, mereka yang memiliki kondisi intoleran laktosa juga bisa mengonsumsi makanan kaya kalsium berikut ini!

Ikan Sarden

Bahan makanan berkalsium yang bisa dikonsumsi sebagai alternatif pengganti dari susu sapi adalah ikan sarden. Dalam 100 gr ikan sarden, terdapat kandungan 382 mg kalsium. Bagi Anda yang tidak bisa mengomsumsi susu sapi dan semua produk olahannya, mengonsumsi ikan sarden secara rutin dapat membantu mencukupi asupan kalsium harian dalam tubuh. Namun, perlu diperhatikan juga untuk tidak memasak ikan sarden menggunakan bahan yang terbuat dari susu sapi seperti mentega dan lebih direkomendasikan untuk dimasak dengan cara dipanggang.

Bayam

Rekomendasi Makanan Berkalsium

Bagi Anda yang mengalami intoleran laktosa dan tidak bisa mengonsumsi susu sapi, sayur bayam bisa menjadi penyelamat Anda karena sayuran hijau yang satu ini kaya akan kandungan kalsium. Dalam 100 gr sayur bayam, terdapat kandungan 159 mg kalsium. Mengonsumsi sayur bayam akan membantu mencukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh sekaligus aman walaupun tubuh mengalami intoleransi laktosa. Dengan kandungan kalsium yang tinggi di dalamnya, bayam bahkan tidak hanya bermanfaat untuk dikonsumsi seseorang yang mengalami intoleransi laktosa, tetapi juga sangat direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui.

Kacang Almond

Rekomendasi Makanan Berkalsium

Rajin mengonsumsi kacang almond dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi karena kacang almond memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi. Dalam 100 gr kacang almond, terdapat 264 mg kalsium. Mengonsumsi kacang almond akan membantu menambah asupan kalsium di dalam tubuh, tanpa perlu khawatir akan berpengaruh pada kondisi kesehatan khususnya bagi Anda yang mengalami intoleran laktosa.

Baca Juga: Selain Lezat untuk Dijadikan Kudapan, Ini Berbagai Jenis Kacang yang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit!

Tahu

Rekomendasi Makanan Berkalsium

Asupan kalsium yang cukup di dalam tubuh, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tulang dan terhindar dari penyakit osteoporosis yang rentan dialami wanita di atas 30 tahun. Tahu adalah bahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai dan mengandung kalsium yang tinggi. Di dalam 100 gr tahu, terdapat 350 mg kalsium. Karenanya, tahu termasuk dalam bahan makanan alternatif sebagai pengganti susu sapi yang aman dikonsumsi para intoleran laktosa.

Rumput Laut

Rekomendasi Makanan Berkalsium

Rumput laut dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang kaya akan kandungan vitamin K dan kalsium. Dalam 100 gr rumput laut, terdapat kandungan kalsium sebanyak 168 mg. Bagi Anda yang mengalami intoleran laktosa, mengonsumi rumput laut adalah solusi yang tepat dan aman untuk menambah asupan kalsium. Selain mengonsumsi makanan seperti agar-agar yang terbuat dari rumput laut, Anda juga bisa membuat sup menggunakan rumput laut sebagai bahan utamanya.

Baca Juga: Ingin Coba Hentikan Konsumsi Produk Olahan Susu? Ini Manfaat yang Akan Anda Rasakan!

PREVIOUS ARTICLE

Pilihan Buku Best Seller yang Cocok untuk Menemani Perjalanan Mudik

NEXT ARTICLE

Lakukan Berbagai Hal Ini untuk Redakan Stres di Tempat Kerja Sebelum Menikmati Libur Panjang

RELATED ARTICLES

COMMENTS

1comment


  • Annida Sherina2 months ago

    nice