Guide

Pencernaan Tidak Lancar Saat Traveling? Beberapa Hal Berikut Bisa Menjadi Penyebabnya

Lebaran tinggal sebentar lagi nih, ladies. Momen yang datang setahun sekali ini kerap dimanfaatkan untuk bisa berkumpul dan menunjungi sanak saudara di luar kota. Kalau rencana dan persiapan perjalanan sudah tersusun rapi, Anda juga perlu memerhatikan soal kesehatan tubuh, terutama bagian pencernaan. Karena perbuahan kebiasaan dan kurang teliti dalam memilih asupan makanan bisa membuat Anda mengalami susah buang air besar. Hmm, apakah Anda juga mengalami hal yang sama? Alih-alih dapat menikmati liburan dengan hati bahagia, pencernaan yang tidak lancar selama liburan justru akan membuat Anda tidak menikmati liburan dengan nyaman. Sebenarnya, apa yang menjadi penyebab pencernaan tidak lancar saat traveling? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel berikut ini!

Dehidrasi

Pencernaan Tidak Lancar Saat Traveling

Saat dihadapkan dengan aktifitas yang padat selama traveling, seringkali tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup. Padahal saat sedang liburan, tubuh akan membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak dari biasanya karena banyaknya aktifitas yang dilakukan selama traveling. Kondisi tubuh yang kekurangan cairan atau biasa disebut dengan dehidrasi akan membuat proses pencernaan menjadi terganggu dan tidak lancar. Walaupun dihadapkan dengan aktifitas yang padat selama liburan, Anda harus tetap memperhatikan asupan cairan ke dalam tubuh dengan meminum air putih yang cukup, untuk mencegah gangguan proses pencernaan dan susah buang air besar.

Mengonsumi Makanan dan Minuman yang Tidak Tepat

Pencernaan Tidak Lancar Saat Traveling

Perubahan pola makan dan mengonsumsi makanan yang tidak tepat bisa menjadi salah satu penyebab pencernaan yang tidak lancar selama liburan. Saat sedang traveling, kita seringkali tidak memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehingga menyebabkan buang air besar menjadi tidak rutin bahkan tidak BAB sama sekali saat liburan. Pencernaan yang tidak lancar karena mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak tepat akan membuat kondisi tubuh menjadi tidak sehat. Walaupun sedang liburan, Anda harus tetap memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, agar tubuh tetap mendapatkan nutrisi dan serat yang cukup agar pencernaan tetap lancar.

Tidak Memperhatikan Kondisi Fisik karena Padatnya Jadwal Liburan
Pencernaan Tidak Lancar Saat Traveling

Berbeda dengan hari-hari biasanya, saat liburan seseorang cenderung tidak memperhatikan kondisi fisik dan kesehatannya. Bahkan seringkali mengabaikannya jika fisik terasa sakit ringan karena menganggapnya tidak parah. Saat mengatur jadwal liburan, Anda terkadang tidak memperhatikan kondisi fisik apabila dihadapkan dengan liburan yang menempuh jarak jauh atau bahkan mengunjungi banyak destinasi wisata dalam satu hari. Jadwal liburan yang terlalu padat akan membuat kondisi fisik menjadi tidak stabil dan mudah sakit, dengan begitu tentunya akan berpengaruh juga pada pencernaan yang menjadi tidak lancar. 

Baca Juga: Sering Traveling Ala Backpacker? Perhatikan 5 Tips Ini Supaya Nggak Gampang Sakit Saat Liburan

Rutinitas yang Berubah Saat Traveling

Apabila biasanya Anda sudah memiliki jadwal yang rutin untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tentunya rutinitas dan kebiasaan tersebut tidak bisa diterapkan pada saat traveling. Ketika traveling, dalam sehari pasti Anda sudah mengatur jadwal untuk melakukan beberapa aktivitas dan mengunjungi beberapa destinasi. Terkadang jadwal yang sudah dibuat tidak berjalan sesuai dengan rencana karena situasi atau kondisi di tempat yang sedang dikunjungi. Hal tersebut membuat Anda menjadi makan tidak teratur, tidur larut malam bahkan kurang tidur dan tidak olahraga. Sehingga hal ini akan berpengaruh pada kondisi fisik dan menyebabkan pencernaan menjadi tidak lancar.

Toilet yang Tidak Nyaman Selama Liburan

Pencernaan Tidak Lancar Saat Traveling

Untuk bisa BAB dengan lancar, Anda harus merasa rileks. Hal ini tentu akan jadi tantangan terutama bagi Anda yang kerap merasa tidak nyaman ketika BAB di tempat selain milik pribadi. Saat menggunakan toilet penginapan, maupun toilet umum ketika traveling, Anda akan merasa kesulitan untuk rileks, sehingga tidak bisa BAB dengan nyaman.

Baca Juga: Jaga Kebugaran dan Kesehatan Tubuh dengan Tetap Olahraga Saat Traveling. Ini Tipsnya!

PREVIOUS ARTICLE

Beragam Restoran di Jakarta Ini Menawarkan Porsi Besar yang Cocok untuk Berbuka Puasa Bersama

NEXT ARTICLE

5 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Bisa Anda Kunjungi Saat Libur Lebaran di Yogyakarta

RELATED ARTICLES

comments