ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Perut Rata Bukan Sekadar Impian! Yuk, Ikuti 5 Kunci Melakukan Gerakan Plank Agar Hasilnya Lebih Maksimal

Sebagai salah satu gerakan olahraga yang sederhana sekaligus mudah diikuti, gerakan plank sering kali dipilih banyak wanita sebagai cara untuk memaksimalkan bentuk tubuh, terutama di area perut. Namun, meski sekilas gerakan ini terlihat mudah diikuti, Anda tetap perlu mengetahui cara-cara tepat dalam melakukan gerakan plank agar menunjukkan hasil yang diinginkan.

Kalau selama ini gerakan plank yang dilakukan seakan tidak memberi perubahan, bisa jadi Anda belum melakukannya dengan baik dan benar. Nah, agar tidak salah dalam mempraktekkan gerakan workout yang terlihat mudah ini, simak beberapa aturan dalam melakukan gerakan plank berikut agar hasil yang Anda dapatkan bisa lebih maksimal.

Baca Juga: Tak Punya Waktu Untuk Nge-gym? Coba Lakukan 7 Gerakan Workout Berikut di Rumah!

1.  Lakukan Gerakan Plank dengan Jeda Istirahat

Gerakan Plank

Mungkin Anda familiar dengan ungkapan yang mengatakan bahwa semakin lama Anda menahan posisi plank, maka hasil yang didapatkan akan semakin baik. Ternyata, ungkapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Durasi waktu plank yang ideal untuk dilakukan hanyalah 20 detik yang diikuti dengan 20 detik istirahat. Anda dapat melakukan pengulangan gerakan tersebut selama beberapa kali tergantung kemampuan Anda. Jika Anda sudah terbiasa menahan gerakan plank selama 20 detik, di hari-hari berikutnya Anda dapat meningkatkannya menjadi 30 detik, 45 detik, 60 detik, dan yang paling lama cukup 1 menit saja. Dengan melakukan gerakan plank yang diikuti dengan jeda istirahat, maka risiko cedera akan jauh lebih minim.

2. Fokus pada Pernapasan

Gerakan Plank

Saat melakukan gerakan plank, biasanya Anda cenderung fokus untuk mengunci otot perut serta mempertahankan posisi dalam jangka waktu tertentu. Hal ini biasanya menyebabkan Anda jadi kurang memperhatikan alur pernapasan. Padahal fokus pada pernapasan juga merupakan salah satu kunci kesuksesan untuk mempertahankan gerakan plank, lho. Anda dapat menarik napas melalui hidung dan menghembuskannya melalui mulut, yang diikuti dengan hitungan di dalam hati. Dengan mengatur napas, Anda membantu proses oksidasi dalam otot serta dimanfaatkan sebagai pengalih perhatian agar Anda dapat menyelesaikan gerakan plank dengan sempurna.

Baca Juga: 5 Variasi Gerakan Push Up dan Manfaatnya untuk Wanita yang Bisa Anda Coba

3. Pertahankan Posisi Tubuh yang Benar

Gerakan Plank

Walaupun terlihat simpel karena hanya mempertahankan posisi tubuh yang lurus seperti papan, melakukan gerakan plank rupanya cukup menantang, lho! Beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula dalam melakukan gerakan plank adalah mengangkat punggung terlalu ke atas atau terlalu turun (bengkok), menurunkan pinggul, dan posisi kepala yang melihat ke arah depan. Posisi yang salah seperti ini dapat membuat Anda mudah lelah dan juga mengakibatkan cedera karena memberi beban yang lebih pada lengan dan pinggul. Posisi plank yang benar adalah menjaga punggung tetap lurus, lebar tangan dan kaki seimbang agar posisi lebih stabil, serta tundukkan kepala agar otot leher tidak tertarik sekaligus bersifat relaksasi bagi otot leher.

4. Jangan Lakukan Gerakan Plank yang Sama Setiap Hari

Gerakan Plank

Jika Anda melakukan gerakan plank yang sama terus menerus setiap harinya, tentunya hal tersebut tidak akan membawa perubahan yang signifikan terhadap tubuh. Karena tubuh Anda sudah beradaptasi dengan gerakan-gerakan plank tersebut sehingga tubuh tidak lagi dapat membakar kelebihan lemak secara efisien. Oleh karena itu, Anda dapat meningkatkan intensitas, jangka waktu, serta frekuensi dalam melakukan gerakan plank secara bertahap agar hasilnya lebih maksimal.

5. Koordinasi dari Seluruh Otot Inti Tubuh yang Baik

Gerakan Plank

Fokus utama dari olahraga plank memang untuk melatih otot perut serta membentuknya agar perut lebih kencang dan rata. Namun, manfaat dari olahraga planking tidak sebatas itu saja, lho. Gerakan plank membutuhkan koordinasi yang baik dari seluruh otot inti tubuh, seperti otot perut, otot kaki, dan otot lengan, sehingga berperan dalam membentuk postur tubuh yang lebih baik. Rutin melakukan olahraga plank dapat meningkatkan metabolisme sehingga sangat efektif dalam membakar kalori berlebih di dalam tubuh. Selain itu, keseimbangan tubuh juga akan semakin membaik.

Baca Juga: Tak Hanya Sehat dan Menyenangkan, Ini Berbagai Manfaat Zumba yang Bisa Anda Rasakan

PREVIOUS ARTICLE

Gemar Berolahraga di Malam Hari? Ini Beberapa Hal yang Perlu Anda Perhatikan

NEXT ARTICLE

Memiliki Banyak Manfaat, Ini Sederet Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Butuh Waktu Menyendiri

RELATED ARTICLES

QC Content at BeautyJournal

COMMENTS

6comments


  • Catharina Anggraeni2 months ago

    do plank for 60 seconds each side 4-5 times a week, the you will get your flat abs

  • Carolina Famy3 months ago

    dicoba dl ya

  • Maria Saraswati3 months ago

    perut aku selalu rata walau makan banyak karena rajin melakukan plank ❤

  • Siti Nafatul Marwah3 months ago

    naiseu

  • Najib Abdillah4 months ago

    saya ingin perut saya rata

  • andreas ananto4 months ago

    cek this post @dhaniprisan