ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

5 Etika Menjadikan Rekan Kerja sebagai Sahabat Dekat yang Perlu Anda Ketahui

Selama kurang lebih 8 jam setiap hari Anda menghabiskan waktu saat bekerja dengan rekan di kantor. Karenanya, seringkali hubungan dengan rekan kerja menjadi sangat dekat, bahkan bisa meningkat menjadi sebuah hubungan persahabatan. Memiliki hubungan pertemanan yang baik dengan rekan kerja akan membuat suasana di kantor menjadi semakin nyaman dan dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja, lho. Namun, menjalin hubungan persahabatan dengan rekan kerja juga bisa menjadi bumerang bagi karir bila Anda tidak mengetahui etikanya. Berikut beberapa etika menjadikan rekan kerja sebagai sahabat dekat yang perlu Anda ketahui.

Tidak perlu memaksakan hubungan dekat dengan pimpinan

Anda dan pimpinan di tempat bekerja saat ini mungkin memiliki hobi, kegiatan favorit, dan ketertarikan pada hal yang sama. Karenanya, mungkin Anda menjadi ingin dekat dan menjalin hubungan pertemanan yang lebih dekat dengannya. Namun, alasan ini sebaiknya jangan sampai membuat Anda terlalu memaksakan hubungan dengan pimpinan. Bagaimanapun juga, posisi Anda dan dia berbeda saat di kantor. Bila menjalin hubungan pertemanan dengan pimpinan, pastikan Anda tetap menghargainya saat di kantor, ya!

Tidak perlu memaksanya melakukan aktivitas di luar kantor bersama

Bersahabat dengan rekan kerja di kantor memang bisa menambah semangat dalam bekerja dan bisa melakukan aktivitas menarik di luar jam kerja bersama-sama. Meski Anda dan rekan kerja sudah menjalin hubungan pertemanan yang sangat dekat, tidak perlu untuk memaksanya melakukan aktivitas di luar jam kerja, ya. Mereka menolak ajakan Anda mungkin dengan alasan tertentu yang tidak bisa ditinggalkannya, seperti menjemput anak di sekolah, memiliki acara dengan keluarga atau urusan pribadi lainnya. So, tidak perlu berpikiran negatif atau bahkan menjauhinya hanya karena dia menolak ajakan Anda. Sebagai gantinya, Anda bisa mengajaknya makan siang bersama atau ‘ngopi’ saat jam makan siang.

Baca Juga: Ini yang Sebaiknya Anda Lakukan Saat Sahabat Menjauh Secara Tiba-Tiba

Jangan hanya berteman dengan orang-orang tertentu saja

Memiliki sahabat dekat di kantor memang memberi banyak manfaat, tetapi Anda tidak boleh hanya berteman dengan orang-orang tertentu saja bahkan membentuk ‘geng’ yang terlalu eksklusif. Tak hanya akan merugikan diri sendiri karena membatasi pertemanan, hal tersebut bisa membuat rekan kerja yang lain mungkin merasa tersingkir atau dikucilkan. Selain itu, Anda juga tidak boleh bersikap terlalu posesif dengan membatasi sahabat Anda di kantor berteman dekat dengan rekan kerja lainnya di kantor.  

Tetap menjadi diri sendiri

Dalam kondisi apapun, berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan dengan menjadi orang lain yang tidak sesuai dengan kepribadian, cepat atau lambat akan membuat Anda menjadi tidak nyaman. Alih-alih menjadi ‘orang lain’ hanya karena ingin menjadi teman dekat dengan rekan kerja, akan lebih baik bila Anda tetap menjadi diri sendiri. Namun kembali lagi, hubungan pertemanan yang sehat terjadi karena adanya saling keterbukaan dan kejujuran. Meski menjadi diri sendiri membuat beberapa rekan kerja menunjukkan ketidakcocokan pada Anda, hal tersebut adalah kondisi yang wajar. Anda memang tidak bisa menyenangkan semua pihak, bukan?

Tidak perlu terburu-buru menjadikan rekan kerja menjadi sahabat

Menjalin hubungan pertemanan yang dekat bukan sebuah proses yang instan dan membutuhkan waktu. Anda tidak bisa memaksa seorang rekan kerja untuk berteman baik terlalu cepat. Bila Anda sudah berusaha menjalin hubungan baik dengan rekan kerja dan usaha tersebut tampaknya tidak membuahkan hasil, sepertinya Anda perlu mengevaluasi kembali sikap Anda dalam berteman. Namun jika Anda sudah bersikap baik dan rekan kerja tidak menanggapinya dengan positif, Anda juga tidak perlu memaksakan kehendak untuk berteman dekat karena bisa membuat situasi menjadi semakin tidak nyaman.

Baca Juga: Merasa Suasana Kantor Kurang Kondusif? Ini Ciri ‘Toxic Workers’ yang Perlu Dihindari

PREVIOUS ARTICLE

Jenis Sepatu yang Berdampak Buruk untuk Kesehatan Jika Dipakai Secara Terus Menerus

NEXT ARTICLE

Menyikapi Seseorang yang Suka Stalking Instagram Anda Secara Berlebihan

RELATED ARTICLES

COMMENTS

4comments


  • dhani prisantika1 month ago

    grin

    • Setiyo Mursid4 weeks ago

      _b

  • dhani prisantika1 month ago

    :diamond::diamond::diamond: hmmm

  • meinar sarah1 month ago

    agak susah bersahabat dengan rekan kerja karena ada perasaan "rikuh" ketika harus menegur dsb hmm

  • Epa Sariningsih1 month ago

    Terimakasih artikelnya