Guide

Menjadi Tidak Percaya Diri karena Bau Mulut? Berikut 5 Bahan Alami yang Dapat Mengatasinya

Bau mulut yang bisa meluluhkan rasa percaya diri bisa disebabkan karena berbagai faktor. Selain karena bakteri dalam mulut dan lambung yang kosong saat berpuasa, bau mulut yang sangat parah ternyata bisa menjadi tanda dari penyakit tertentu dalam mulut maupun tubuh Anda, lho. Tapi tak perlu khawatir, karena ada beragam cara dapat dipraktikkan untuk dapat membantu menghilangkan bau mulut. Selain itu, ada juga beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan karena keampuhannya dalam melawan bau mulut. Selain aman bagi tubuh, bahan alami berikut ini tentu saja bisa dengan mudah Anda dapatkan, bahkan di dapur rumah.

Kayu Manis

Menghilangkan Bau Mulut

Kayu manis mengandung senyawa organik yang disebut cinnamic aldehyde yang dapat mencegah bau mulut dan membuat napas jadi lebih segar. Sifat anti-bakteri yang dimiliki kayu manis juga dapat membantu mencegah bau mulut yang disebabkan karena kotoran dan bakteri yang ada di dalam mulut, lho. Selain itu, aroma kayu manis yang menyegarkan dan punya keharuman yang khas dapat menjaga napas tetap segar dalam jangka waktu lama.

Anda dapat merebus satu sendok teh bubuk kayu manis dan secangkir air, kemudian tambahkan beberapa lembar daun salam dan kapulaga. Setelah mendidih dan disaring, gunakan sebagai obat kumur untuk menyegarkan napas Anda. Lakukan 2 kali dalam sehari untuk mendapat hasil yang maksimal.

Air Garam

Menghilangkan Bau Mulut

Bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut berikutnya adalah garam. Anda bisa melarutkan satu sendok teh garam dalam segelas air hangat kemudian gunakanlah untuk berkumur. Garam memiliki sifat antiseptik ringan yang dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut. Selain ampuh, tentu saja cara ini sangat mudah untuk dipraktikkan. Air garam telah lama digunakan sebagai obat, karena memiliki beragam manfaat dan khasiat yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit mulut, seperti sariawan, radang tenggorokan dan mempercepat proses penyembuhan setelah operasi gigi.

Lemon

Menghilangkan Bau Mulut

Lemon dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan Vitamin C dan memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Kadar asam dan kandungan flavonoid yang terdapat di dalam lemon ternyata bermanfaat sebagai anti-oksidan alami dan agen anti-bakteri yang dapat mencegah bau mulut. lho. Selain itu, aromanya yang menyegarkan juga dapat menyamarkan bau tak sedap pada mulut. Untuk mendaptkan manfaatnya Anda cukup mencampurkan air perasan lemon dengan air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur.

Baca Juga: Dibiasakan Yuk, Ini 5 Manfaat Minum Air Lemon Hangat Setiap Hari Untuk Kesehatan Tubuh

Cengkeh

Menghilangkan Bau Mulut

Sejak dulu, cengkeh telah dijadikan sebagai bumbu rempah sekaligus obat herbal. Sifat anti-fungal, antiseptik dan anti-bakteri yang ada pada cengkeh bermanfaat untuk mengurangi bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan juga bau mulut. Untuk memperoleh manfaat dari rempah ini adalah dengan mengunyah cengkeh secara langsung. Namun jika tidak nyaman dengan bau dan rasanya, Anda juga bisa membuat teh cengkeh. Caranya, rebus secangkir air, tambahkan satu sendok teh cengkeh dan biarkan mendidih selama 5 hingga 10 menit. Minumlah teh tersebut atau bisa juga digunakan sebagai obat kumur dan lakukan rutin sebanyak dua kali sehari.

Jahe

Menghilangkan Bau Mulut

Selain bermanfaat untuk menghangatkan badan, meredakan sakit asam lambung dan berbagai penyakit lainnya, ternyata jahe juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan bau mulut. Sifat anti-bakteri yang terdapat pada jahe dapat membantu menghilangkan bau tak sedap serta berbagai jenis infeksi mulut dan tenggorokan.

Coba siapkan satu sendok teh saripati dari parutan jahe, campurkan dalam segelas air hangat, kemudian minum atau gunakan untuk berkumur. Anda bisa melakukan hal ini setelah makan, atau pada pagi dan malam hari.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Anda Perlu Menambahkan Jahe Ke Dalam Perawatan Kulit

PREVIOUS ARTICLE

Siap-Siap Bernostalgia, Para Penyanyi dan Group Band Legendaris Berikut akan Konser di Indonesia

NEXT ARTICLE

Deretan Film Ini Bisa Jadi Bukti, kalau Balikan dengan Mantan Bukanlah Pilihan Buruk

RELATED ARTICLES

COMMENTS

5comments


  • zahra syifa7 hours ago

    wow

  • Ida Christy Hutagaol10 hours ago

    infonya sangatnya bermanfaat

  • Retno juliani1 day ago

    follback ya

  • Giovani Calista1 day ago

    thankyou informasinya!

  • Nawang Wulandhari2 days ago

    Hai......... follback ya :)