Guide

Ragam Gerakan Olahraga untuk Memperkuat Punggung Agar Bebas Pegal Selama Mudik

Lebaran sebentar lagi tiba! Sudah merencanakan mudik untuk tahun ini? Bagi Anda yang berencana mudik melalui jalur darat menggunakan kendaraan seperti mobil, bis, atau motor, harus mempersiapkan tubuh agar berada kondisi yang prima. Soalnya, jumlah pemudik yang menumpuk mendekati hari lebaran sering kali membuat perjalanan mudik berlangsung sangat lama. Bahkan bisa membutuhkan waktu hingga 2-3 kali panjang dari perjalanan di hari biasa.

Berada dalam posisi duduk selama berjam-jam tentu dapat membuat tubuh terasa pegal, khususnya area punggung. Nah, untuk mencegah terjadinya sakit punggung yang berlebihan, Anda bisa mempersiapkan tubuh dengan melakukan beragam gerakan olahraga untuk memperkuat punggung. Ini beberapa gerakan yang mudah dan praktis untuk Anda lakukan.

Cat and Dog

memperkuat punggung

Untuk mendapatkan punggung lebih fleksibel, lakukan gerakan cat and dog secara rutin. Awali gerakan ini dengan posisi lutut dan tangan yang menyentuh lantai, seperti sedang ingin merangkak. Dalam satu gerakan, lengkungkan punggung Anda, majukan pinggang, dan tarik perut Anda dengan dagu yang menempel ke dada. Tahan posisi ini sambil menahan napas. Kemudian, angkat dagu Anda ke atas, hingga bagian belakang kepala bersentuhan dengan tengkuk. Lengkungkan juga punggung Anda dengan posisi perut dan punggung yang rileks, sambil membuang napas. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 kali pengulangan.

Plank

memperkuat punggung

Gerakan plank memang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk memperkuat punggung kita. Ada beberapa jenis plank yang bisa Anda lakukan, mulai dari forearm plank, plank jacks, plank ups, hingga lateral plank walks. Untuk melakukan gerakan yang paling dasar, yaitu forearm plank, dimulai dari tubuh yang tengkurap pada matras datar. Lalu, angkat tubuh Anda dari lantai dengan siku yang membentuk sudut 90 derajat dan jari kaki sebagai tumpuannya.

Tabletop Tap-downs

memperkuat punggung

Salah satu gerakan yang sangat mudah dan tidak akan membuat Anda ‘tersiksa’ adalah tabletop tap-downs. Untuk melakukan gerakan tabletop tap-downs, berbaringlah pada matras datar dengan posisi lutut yang ditekuk 90 derajat. Setelah itu, tarik napas sambil menekuk kaki kanan hingga paha dan punggung membentuk sudut 90 derajat. Lalu buang napas sambil menurunkan telapak kaki ke posisi semula. Lakukan gerakan yang sama menggunakan kaki kiri, lalu ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali.

Superman

memperkuat punggung

Sesuai dengan namanya, gerakan ini akan membuat Anda terlihat serupa dengan Superman saat sedang terbang. Untuk melakukannya, cukup berbaring tengkurap pada matras yang datar. Letakkan tangan Anda ke depan dan luruskan kaki Anda ke belakang. Angkat kedua tangan, dada, dan kaki dari lantai hingga Anda merasakan adanya tarikan pada area core tubuh dan bokong. Tahan gerakan tersebut selama beberapa detik, lalu turunkan seluruh bagian tubuh ke posisi semula.

Diamond Push-Up

memperkuat punggung

Untuk gerakan diamond push-up, Anda membutuhkan tenaga ekstra, nih! Mulai gerakan ini dari posisi high-plank, lalu satukan tangan Anda hingga jari telunjuk dan jempol bersatu dan membentuk segitiga. Kemudian, tekuk siku untuk merendahkan bagian tubuh Anda layaknya melakukan push-up. Jika gerakan ini dirasa terlalu sulit, Anda bisa melakukan diamond push-up dengan posisi awal lutut yang menyentuh lantai.

Baca juga: Duh, Punggung Terasa Berat. Apa Penyebabnya Ya?

PREVIOUS ARTICLE

Tips Menjaga Keuangan Agar Tetap Aman Meski Lebaran Tanpa THR

NEXT ARTICLE

Berbagai Jenis Perselingkuhan Menurut Ahli, yang Perlu Anda Waspadai

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

comments