ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Inspiration

Selain Captain Marvel, Deretan Film Ini Menunjukkan Ketangguhan Seorang Wanita

Wanita dalam zaman yang serba cepat ini mulai mendapat tempat dalam konstruksi sosial untuk mengambil bagian dalam peranannya. Wanita dituntut untuk terus maju dan membangun diri terlihat dari berbagai realita yang menunjukkan bahwa wanita dapat menjadi pemimpin negara, pemimpin sebuah perusahaan ternama hingga aktivitas penting lainnya. Wanita tak lagi dianggap hanya mampu berada di rumah, tapi mulai sejajar perannya di kehidupan sosial.

Begitu pula ketika diangkat dalam sebuah cerita film, di mana sosok wanita menjadi sumber inspirasi bagi para penontonnya. Tak hanya film Hollywood, perfilman Indonesia juga sedikit banyak mulai meramaikan topik ini menjadi kemasan film yang apik untuk ditonton. Nah, untuk itu berikut deretan film mengenai ketangguhan sosok wanita yang dapat menginspirasi Anda.

Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak

Film asli Indonesia yang menyabet juara di Festival FIlm Indonesia (FFI) 2018 ini terbilang sukses. Kisah dalam filmnya pun mengangkat tentang seorang wanita dari sebuah daerah terpencil. Marlina yang diperankan oleh Marsha Timothy diceritakan harus berjuang mempertahankan hidupnya dari sekolompok perampok. Film yang berlatar pada siang hari ini menyuguhkan ketegangan dan aksi Marlina yang tenang walaupun merasa ketakutan. Secara keseluruhan Marlina menunjukkan bagaimana wanita dapat melawan ketidakadilan yang terjadi pada dirinya, mulai dari perampokan, pemerkosaan, hingga ketika ia melaporkan semua kejadian pada polisi.

Wonder Woman

Setelah hampir satu dekade absen, film superhero besutan DC Comics ini akhirnya tayang dan menjawab antusias publik di 2017. Gal Gadot yang memerankan Diana Prince merupakan seorang putri di pulau terpencil dan memiliki masyarakat yang semuanya merupakan kaum perempuan. Wonder Woman digambarkan memiliki kekuatan layaknya superhero dengan beraninya membantu Steve Trevor pada Perang Dunia I. Film Wonder Woman pun disebut-sebut sebagai ‘lahirnya superhero wanita pertama’ di dunia. Terlihat dari bagaimana kaum wanita dapat bertahan hidup di sebuah pulau sekaligus menjadi pahlawan yang tangguh menolong manusia untuk menciptakan kehidupan yang damai.

Still Alice

Still Alice berhasil menyabet penghargaan pada salah satu kategori di Academy Awards. Film yang ditayangkan pada tahun 2014 ini menceritakan tentang seorang ibu yang tangguh, mandiri, cekatan, dan cerdas. Kehidupannya yang hangat dan bahagia bersama suami dan tiga anaknya menjadi gambaran pada awal cerita. Alur cerita semakin menyentuh ketika diketahui bahwa Alice mengidap penyakit Alzheimer yang dalam waktu ke waktu akhirnya membuat ingatannya hilang. Secara keseluruhan film ini menggambarkan penderitaan seorang ibu dalam melawan penyakitnya yang memiliki banyak hal menyentuh dan menginspirasi dalam setiap inti ceritanya.

Hidden Figures

Hidden Figures yang mendapat tiga nominasi sekaligus pada Oscars 2017 lalu dikatakan sangat berhasil terutama dari segi ceritanya yang disebut memiliki takaran pas dan tidak berlebihan. Para kritikus pun mengacungkan jempol dan memberi review positif akan film ini. Hidden Figures menceritakan mengenai perjuangan tiga perempuan kulit hitam yang menjadi minortitas di Amerika Selatan. Mereka berada di NASA pada tahun 1961 dimana masih akrab dengan sistem segresi yakni pemisahan berdasarkan ras dan warna kulit.

Little Forest

Film yang diadaptasi dari manga Jepang dengan judul yang sama ini diadaptasi menjadi sebuah film Korea yang dirilis awal 2018 lalu. Berceritakan tentang wanita bernama Hye Won yang lelah akan hiruk pikuk perkotaan dan memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya. Bukan kebahagiaan karena kumpul dengan keluarga, ia mendapati kenyataan bahwa ayahnya sudah lama meninggal dan sang ibu yang meninggalkan rumah. Hye Won akhirnya memutuskan untuk tetap tinggal di kampungnya dan membuat makanan sendiri berdasarkan resep yang ia ingat dari ibunya. Karakternya pun mengajarkan agar wanita tidak lemah menjalani tiap cobaan dan tak gampang mengeluh. Dari alurnya pun dapat ditebak kalau film ini cocok bagi anak rantau yang ingat kampung halaman.

Baca juga: Sedang Merasa Jenuh? Yuk, Tonton Deretan Film Komedi Lokal yang Tayang di Bulan Maret Ini!

PREVIOUS ARTICLE

Semakin Bersinar, Ini Dia Deretan Rekomendasi Film Lily Collins yang Layak Ditonton Ulang

NEXT ARTICLE

Rekomendasi Web Series Indonesia yang Tak Kalah Bagus dengan Film Layar Lebar

RELATED ARTICLES

comments