ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Inspiration

Tak Hanya Menghibur, 10 Film dari Studio Animasi Pixar Berikut juga Menyimpan Pesan Moral yang Mendalam

Siapa bilang film animasi dibuat hanya untuk penonton anak-anak? Meskipun memang benar, film animasi ditargetkan untuk mereka yang menyukai visual dan warna menarik, serta alur cerita yang sederhana. Namun, jika film animasi ditonton oleh Anda yang kini sudah beranjak dewasa, mungkin Anda akan menemukan sudut pandang berbeda yang dapat diambil dari film anak-anak ini. Bahkan tak jarang sang kreator menyembunyikan pesan penting dan pelajaran hidup tak ternilai di dalamnya. Seperti halnya 12 film garapan Sstudio Pixar berikut, yang ternyata memiliki makna psikologis mendalam dan bisa Anda jadikan pelajaran hidup. Apa saja? Yuk simak di artikel berikut!

1. Finding Dory

Karakter utama dari film animasi ini adalah ikan lucu bernama Dory yang sangat pelupa. Dory bermimpi menemukan keluarganya namun tidak dapat mengingat di mana mereka berada, karena kondisi Dory yang hilang ingatan saat dilahirkan. Ada berbagai pesan moral yang hendak disampaikan film arahan sutradara Lindsey Collins ini. Mulai dari tidak takut menghadapi kelemahan diri, yang ditampilkan melalui karakter Dory yang tetap bertekad mencari keluarganya meski memiliki kelemahan karena memiliki short-term memory loss. Selain itu film ini juga mengajarkan bagaimana makna keluarga tidak selalu hadir karena pertalian darah tapi bisa juga disematkan kepada sahabat atau siapa saja yang selalu ada untuk membantu dan mendukung Anda.

2. The Good Dinosaur

Film animasi The Good Dinosaur bukan hanya menceritakan persahabatan antara seorang anak kecil dan seekor dinosaurus besar, tapi tentang dunia di mana alam dapat menaklukkan peradaban dan bukan sebaliknya. Anak-anak yang menonton animasi karya Bob Peterson ini akan menikmati kisahnya yang dinamis serta karakternya yang periang, sedangkan orang dewasa dapat merenungkan ketakutan yang harus dihadapi dinosaurus dan Arlo tentang kekuatan persahabatan sejati.

3. Inside Out

Inside Out menjadi salah satu film garapan Disnet Pixar yang mendulang kesuksesan besar tidak hanya dari karyanya yang menghibur, tapi juga bagaiamana film ini mampu menghadirkan gambaran menarik tentang apa yang terjadi dalam pikiran seorang manusia.

Riley yang merupakan tokoh utama dalam film ini merupakan seorang gadis yang mencoba mengatasi emosinya, baik senang, sedih, takut, marah, atau jijik. Melalui karakternya, ia dapat membantu anak-anak hingga orang dewasa melihat adalah hal normal jika seseorang mengalami serangkaian emosi yang berbeda. Yang terpenting adalah bagaimana setiao orang menjaga berbagai emosi-emosi tersebut agar tetap terkendali.

Baca juga: Kaya Pesan Moral, Ini 5 Film Tentang Ibu dan Anak yang Menarik untuk Ditonton

4. Brave

Pesan psikologis dalam film Brave dapat dijadikan pengingat untuk diri sendiri bahwa seseorang tidak harus memenuhi ekpektasi orang lain. Mengangkat cerita tentang hubungan anak perempuan bernama Merida dan ibunya yang telah merencanakan masa depannya hingga ke detail terkecil. Melalui film animasi ini, para penonton dapat memahami bahwa anak perempuan tidak harus menjadi putri jika mereka menyukai petualangan. Singkirkan stereotip dan jadilah diri sendiri!

5. Up

Sebuah film animasi yang sedih dan menyentuh tentang kesepian di usia tua. Diceritakan tokoh utama Carl yang kerap memikirkan mendiang istrinya setiap hari dan mengingat petualangan yang biasa mereka impikan bersama. Hingga suatu hari Carl memutuskan untuk berpergian sendiri dengan menggunakan rumah terbangnya. Namun petualangan Carl berubah saat secara tiak sengaja seorang anak laki-laki pramuka muncul dan membawa warna tersendiri bagi rencana petualangan Carl. Film Up mengajarkan semua orang bahwa di umur berapa pun, setiap orang berhak untuk memulai petualangannya sendiri dan tidak pernah ada kata terlambat untuk meraih mimpi.

6. WALL-E

Anda masih suka membuang sampah sembarangan? Sebaiknya hentikan kebiasaan buruk itu dan coba tonton film WALL-E. Film animasi ini tidak hanya mengisahkan tentang perasaan mendalam, namun juga tanggung jawab besar. WALL-E mengajarkan pada penontonnya untuk bertanggung jawab merawat bumi dengan menunjukkan potensi masa depan planet ini jika terus menggunakan sumber dayanya tanpa batas.

Baca juga: 5 Film Ini Paling Direkomendasikan Untuk Ditonton Saat ‘Me Time’ Bersama Keluarga

7. The Incredibles

Karakter utama dari cerita ini adalah sebuah keluarga yang berusaha terlihat biasa saja, padahal mereka sebenarnya memiliki kekuatan super. Namun, mereka merasa tertekan dan sedih karena harus menyembunyikan kekuatannya itu. Dari sini Anda dapat melihat bahwa bakat dan keterampilan yang diberikan Tuhan adalah bagian yang tidak dapat terpisahkan dari kepribadian diri. Dengan menolak kedua hal tersebut, itu tandanya Anda juga menolak diri sendiri.

Baca juga: 5 Pelajaran Hidup Yang Bisa Dipetik Dari Film Animasi “Despicable Me”

8. Finding Nemo

Setiap ayah pasti melakukan yang terbaik untuk anak mereka. Begitu juga dengan Marlin, seorang ayah yang peduli dan mencoba melindungi anaknya, Nemo, dari berbagai ancaman yang datang dalam hidup. Namun perlindungan yang diberikan terlalu berlebihan sehingga sang ayah hanya memperburuk keadaan. Di sini para orangtua harus memahami bahwa anak-anak membutuhkan dukungan dan bantuan untuk mengenal dunia di sekitar mereka, tetapi tidak berhak untuk mengatur dan memaksakan sang Anak untuk mengikuti keinginan orang tua tentang masa depannya. Karena sejatinya setiap orang berhak membuat kesalahan dan mengikuti jalan mereka sendiri.

9. Monsters, Inc

Peran monster dalam film animasi Pixar ini adalah untuk menakuti setiap anak di dunia. Namun, yang suka menakut-nakuti biasanya merekalah yang sebenarnya takut sendiri. Para pahlawan di film ini mengajarkan kita bahwa saling mengerti, menghormati, dan bagaimana perbuatan baik lebih kuat daripada rasa takut.

10. Toy Story

Sebuah kisah yang sulit dipercaya tentang mainan yang memiliki kehidupan sendiri di saat orang-orang tidak melihatnya. Mereka juga mengalami perasaan cemburu dan kerinduan akan hubungan persahabatan. Sama halnya dengan manusia, mainan juga ingin dicintai dan dirawat. Toy Story mengajarkan penontonnya, bagaimana persahabatan sejati akan selalu ada dan tak lekang oleh waktu meski Anda dan sahabat harus menjalani berbagai fase hidup yang berbeda.

Baca juga: Siap-Siap Banjir Air Mata. Berikut Rekomendasi Film Drama Jepang Bertema Keluarga yang Mampu Menggetarkan Hati

Sumber cover

PREVIOUS ARTICLE

Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Anak dengan Menggambar dan Mewarnai Menurut Psikolog, Samanta Ananta

NEXT ARTICLE

Jaga Kelestarian Laut, Kampanye Anti Sedotan Plastik Semakin Marak di Indonesia. Sudahkah Anda Berpartisipasi?

RELATED ARTICLES

Content writer at Beauty Journal

comments