ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Inspiration

Liburan Akhir Tahun jadi Semakin Berkesan dengan Mengunjungi 5 Lokasi Wisata di Indonesia Berikut Ini!

Masih bingung menentukan destinasi wisata untuk menghabiskan liburan akhir tahun bersama keluarga atau orang terdekat? Tak harus pergi ke luar negeri, Anda masih bisa mengunjungi beragam destinasi wisata lokal yang menawarkan liburan akhir tahun yang mengesankan. Setiap tahunnya, berbagai daerah di Indonesia selalu menyelenggarakan event dan festival yang menarik dan dijamin membuat Anda semakin kagum akan keberagaman budaya di Indonesia. Di mana saja?

Toraja, Sulawesi Selatan

Tana Toraja yang berarti ‘Tanah Para Raja’ adalah salah satu kawasan wisata di Sulawesi Selatan, dengan gaya hidupnya yang masih mirip dengan budaya Nias. Tana Toraja bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan libur akhir tahun. Selain bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan dan mengunjungi situs pemakaman tradisional masyarakat Toraja yang berada di atas bukit batu, ada sebuah festival menarik yang bisa Anda datangi yakni Lovely Toraja atau Lovely Desember yang diadakan setahun sekali.

Event yang dicetuskan oleh mantan gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo ini akan diselenggarakan di Makale, Tana Toraja, 28-29 Desember 2018 dan masuk sebagai dalam jejeran 100 Wonderful Event Indonesia 2018, lho. Di dalam festival ini Anda akan menikmati beragam pertunjukkan kesenian, mencicipi kuliner khas, serta kopi dari Toraja yang sudah sangat dikenal hingga mancanegara.

Batam, Kepulauan Riau

Batam adalah kota terbesar di Kepulauan Riau, yang bisa Anda kunjungi saat libur akhir tahun. Ada banyak pantai dengan pemandangan yang cantik yang bisa Anda nikmati, di antaranya adalah Pantai Sekilak dengan sunset yang memesona, Pantai Payung dengan gazebo, banana boat, dan ayunan di tengah laut, dan Pantai Tanjung Pinggir dengan ombak yang relatif tenang. Selain wisata alam, bila Anda berkunjung ke Batam saat liburan akhir tahun di bulan Desember, Anda bisa datang dan menyaksikan beragam pagelaran kesenian yang diadakan saat Batam International Culture Festival berlangsung di tanggal 8-9 Desember 2018, tepatnya di Jalan Imam Bonjol, Nagoya.

Festival budaya yang diselenggarakan bersamaan dengan hari jadi Kota Batam ini akan menampilkan budaya nusantara dan parade karnaval, yang konsepnya menyerupai festival budaya di Jember yang tak hanya melibatkan seniman lokal melainkan dari mancanegara juga. Anda bisa menikmati pertunjukan seni sekaligus menikmati jajanan dan kuliner khas dari seluruh penjuru nusantara.

Danau Toba, Sumatera Utara

Sebagai danau terbesar di Indonesia, Danau Toba juga menjadi destinasi wisata yang menawarkan keindahan yang memesona dan menjadi tempat terselenggaranya Festival Danau Toba yang telah digelar setiap tahunnya pada bulan Desember. Tahun ini Festival Danau Toba akan digelar pada tanggal 5 – 8 Desember 2018 di kawasan Danau Toba. Tandanya, Danau Toba bisa menjadi ide yang bagus untuk menghabiskan liburan akhir tahun bersama keluarga. Dalam festival ini, Anda bisa menikmati karnaval budaya di Balige, pesta rakyat, parade perahu di Danau Toba, pertunjukan musik, pertunjukan tari, opera Batak, food truck dan festival makanan. Agar lebih seru lagi, akan ada festival akustik, pertunjukan martumba dan uning-uningan.

Tak hanya dikenal sebagai danau vulkanik terbesar di Indonesia bahkan Dunia, daya tarik Danau Toba juga terletak di Pulau Samosir yang berada di tengah-tengahnya. Pulau di tengah danau yang luasnya melebihi luas Singapura ini menjadi destinasi wajib saat berkunjung ke Danau Toba. Selain menikmati udara sejuk dan pemandangan alam yang memesona, Anda juga bisa mencicipi tiga kopi kelas dunia yakni Sidikalang, Tarutung dan Lintong.

Ternate, Maluku Utara

Bila membahas tentang destinasi wisata bahari, Ternate adalah salah satu tujuan wisata yang tepat untuk Anda kunjungi. Ibukota provinsi Maluku Utara ini tak hanya memiliki tempat wisata alam dengan pemandangan yang memanjakan mata, tetapi juga memiliki beragam situs budaya yang menarik untuk dijelajahi. Beberapa destinasi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Ternate adalah pantai berpasir hitam dengan air berwarna hijau tosca yakni Pantai Sulamadaha, dan juga situs budaya Kedaton Ternate yang tak lain adalah istana raja Ternate yang merupakan wilayah kesultanan.

Ada yang spesial bila Anda berkunjung ke Ternate pada bulan Desember. Pasalnya, di akhir Desember menjelang pergantian tahun, di Ternate akan diselenggarakan Festival Kora-Kora yang tahun ini akan diselenggarakan pada tanggal  1 – 3 Desember di beberapa titik pusat Kota Ternate. Event nasional Festival Kora Kora tahun 2018 yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Kota Ternate, akan menyajikan berbagai konten kegiatan bahari. Event yang telah diselenggarakan selama 8 tahun ini akan menggelar lomba dayung Kora-Kora yang menjadi ikon pada festival tahun ini. Akan ada juga Lomba Perahu Hias, Lomba Dayung Kano dan Parade Perahu Layar hingga Lomba memancing, lho. Tertarik untuk berkunjung ke Ternate bulan Desember ini?

Nusa Penida, Bali

Bali mungkin destinasi wisata yang mainstream bagi para traveler yang hobi melancong, baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Maklum saja, dari seluruh lokasi wisata di Indonesia, bali menyumbang pemasukan sebesar 40% dari total keseluruhan. Namun, ada yang spesial ketika Anda mengunjungi Pulau Dewata saat liburan akhir tahun, lho. Selain bisa menikmati keindahan sunset di Pantai, bermain surfing dengan ombak yang bersahabat, Anda juga bisa berkunjung dan menikmati sebuah festival tahunan yang digelar di Nusa Penida.

Festival yang akan diselenggarakan pada tanggal 7-9 Desember 2018 ini akan menyajikan beragam pertunjukan budaya yang spektakuler dan tentunya tidak akan Anda temukan di tempat lain. Selain menikmati keindahan alam Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, Anda juga bisa menikmati beragam pertunjukkan budaya mulai dari tarian tradisional yang dibawakan oleh ratusan penari serta menikmati hidangan lezat khas dari daerah setempat.

Baca Juga: Sedang Mencari Destinasi Liburan? Coba Intip Akun Instagram Travel Blogger Tanah Air Berikut

PREVIOUS ARTICLE

Peran Probiotik dalam Mendukung Pertumbuhan Generasi yang Sehat dan Bahagia

NEXT ARTICLE

Terinspirasi dari Keindahan Padi, Tulola Jewelry Persembahkan Koleksi Baru dengan Tema 'Dewi Sri'

RELATED ARTICLES

COMMENTS

11comments


  • Rina Kartini21 hours ago

    Thx infonya

  • Shanti Tay4 days ago

    Thanks infonya

  • Futri Ayu Wulandari4 days ago

    Wish list

  • Selviani Rahmat4 days ago

    Nice info, Indonesia kaya bangetttt

  • Tasya Dien5 days ago

    wow

  • kasyafiya khusaeni1 week ago

    👍

  • Septina Sari1 week ago

    Nusa Penida.. patut di cobaa... hahahaha...

  • Fenny Marpaung1 week ago

    Great article! Kalau udah ke Batam, ga ada salahnya mampir ke Anambas dan pulau2 kecil disana. Based on my friend who live there, lautnya masih bagus banget soalnya belum komersil. Cuco banget buat snorkeling.

  • farizcha octaviana nofaria1 week ago

    nice info ❤️

  • Widya aprillia1 week ago

    Nice info

  • Nurica Dara1 week ago

    Nice info❤️