Guide

Ini Fakta Seputar Madu Manuka Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mencobanya!

New Zealand tak hanya dikenal dengan keindahan alamnya. Superfood asal negeri ini juga diakui punya manfaat luar biasa dalam menjaga kesehatan hingga kecantikan kulit. Salah satu superfood dari New Zealand adalah madu Manuka. Sudah pernah dengar jenis madu ini? Apa bedanya dengan madu biasa? Nah, kalau begitu, ini saatnya Anda mengetahui lebih jauh mengenai bahan alami yang berasal dari nektar pohon Manuka berikut.

1. Kandungan Madu Manuka Lebih Kompleks Dibanding Madu Biasa

Madu manuka merupakan madu monofloral yang diproduksi lebah madu Eropa dari bunga pohon manuka. Di New Zealand, pohon Manuka tumbuh subur di wilayah yang jauh dari sentuhan tangan manusia, polusi, maupun pestisida. Hal ini pun berpengaruh pada kualitas pohon manuka yang tetap terjaga. Sama seperti madu pada umumnya, madu manuka memiliki kandungan karbohidrat, vitamin, kalsium, zat besi, maupun sodium. Bedanya, jumlah kandungannya ini empat kali lipat lebih banyak dari madu biasa. Yang lebih istimewanya lagi, madu dari pohon manuka memiliki kandungan methylglyoxal (MGO) yang bersifat anti-bakteri. Madu ini juga diperkaya asam fenolat yang kaya anti-oksidan, peptida anion kation untuk membantu regenerasi sel kulit, dan mikronutrein untuk memperbaiki kesehatan organ tubuh dan juga fungsi hormon.

2. Luka Lebih Cepat Sembut Dengan Madu Manuka 

Madu manuka yang memiliki banyak manfaat membuat bahan alami ini sering dimanfaatkan dalam dunia medis. Tidak hanya penyakit ringan seperti flu dan radang tenggorokan, madu ini juga efektif dalam mempercepat proses penyembuhan luka serius atau luka bakar. Saat mengobati luka, kandungannya akan menarik cairan bening dan menghilangkan infeksi sekaligus mengasamkan pH kulit untuk mempercepat proses penyembuhan dan memicu peremajaan sel kulit.

3. Madu Manuka Lebih Efektif Mengatasi Jerawat

Kehebatan manuka dengan kandungan anti-bakterinya kerap kali dimanfaatkan untuk mengobati berbagai masalah kulit umum, seperti jerawat dan penuaan dini. Bahkan, beberapa brand skin care sudah mulai menjadikan kandungan madu ini sebagai bahan dasar utama perawatan wajah. Salah satunya, Kiehl’s Pure Vitality Skin Renewing Cream yang menggabungkan madu manuka dengan red ginseng dari Korea.

Baca Juga: 5 Cara Gunakan Madu untuk Perawatan Wajah

PREVIOUS ARTICLE

Traveling Bersama Anak? Yuk, Ikuti Kiat Berikut Agar Perjalanan Nyaman Dan Anak Tak Rewel

NEXT ARTICLE

Viva Girl Power! Ini 9 Lagu Penyemangat Untuk Anda Para Wanita Tangguh

RELATED ARTICLES

comments