Guide

‘Bersihkan’ Tubuh Menjelang Bulan Puasa Dengan Melakukan Diet Berikut

Menjelang bulan puasa, bagaimana jika Anda menyiapkan tubuh dengan pola makan yang lebih sehat? Eits, diet bukan berarti makan dengan porsi yang sangat irit atau malah tak makan sama sekali. Diet sebenarnya adalah pengaturan pola makan yang bertujuan untuk menjadikan tubuh lebih sehat sekaligus detox. Berat badan turun bukanlah tujuan utama, melainkan bonus dari diet yang dijalankan. Nah, puasa juga termasuk pembersihan tubuh alias detox lho. Anda ikut berpuasa mulai akhir bulan ini? Hmm, coba ‘curi start’ dengan melakukan salah satu dari diet berikut.

1. Diet Nordic

Program diet ini mengikuti gaya makan mereka yang tinggal di daerah Skandinavia, seperti Denmark, Swedia, Norwegia, Islandia dan Finlandia. Program ini lebih difokuskan pada konsumsi ikan segar seperti salmon dan ikan herring (yang punya lemak baik), daging merah, dan sayur-sayuran seperti wortel, bit, hingga kol. Minyak yang digunakan untuk memasak atau membumbui makanan adalah canola oil. Intinya, diet ini dipenuhi oleh asupan protein dan serat, yang memang akan membuat Anda kenyang lebih lama. Diet ini sangat bagus untuk kesehatan jantung Anda. Kalau dibarengi dengan olahraga, berat badan bisa turun sebanyak 4 kg dalam waktu 2 minggu lho.

2. Diet Karbohidrat

Jika makanan rendah lemak sering menjadi patokan dalam susunan progam diet, maka Anda dapat mencoba hal baru dengan diet karbohidrat. Teorinya, karbohidrat adalah penyumbang kalori terbesar yang dapat meningkatkan berat badan. Program ini tidak begitu ribet kok. Anda hanya diarahkan untuk mengurangi makanan berkarbo (ingat, bukan ditiadakan ya), seperti nasi, roti, kentang, makanan dengan tepung, dan pasta. Untuk mengisi asupan gizi harian, Anda bisa menggantinya dengan sayuran atau buah-buahan yang memiliki tingkat kalori yang rendah.

3. Clean Eating

Jenis diet ini lebih difokuskan pada konsumsi makanan yang sehat dan proses pembuatannya yang alami tanpa banyak tambahan bumbu seperti gula, garam, atau bumbu lainnya. Kalau ada bumbunya pun, takarannya sangat sedikit. Proses pengolahan diet ini biasanya dilakukan dengan mengukus, memanggang, atau merebus. Diet ini tidak menyarankan makanan yang dimasak dengan cara digoreng. Alhasil program diet ini ternyata terbukti efektif dalam mengurang lemak tubuh.

4. Diet Gluten

Gluten free atau wheat free merupakan jenis diet yang mendorong Anda untuk menghindari makanan yang mengandung gluten. Gluten adalah sejenis protein yang biasa ditemukan pada gandum dan tepung. Beberapa jenis makanan yang mengandung gluten adalah roti, biskuit, sereal, kue, atau pasta. Mirip seperti diet karbo sih, namun diet gluten benar-benar harus bebas dari makanan yang mengandung protein ini.

5. Diet OCD

OCD adalah jenis diet yang diciptakan mentalis Indonesia, Deddy Corbuzier. OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet) menjadi program diet yang begitu terkenal di Indonesia. Jenis diet ini menggunakan sistem puasa. Anda diberikan pilihan untuk bebas mengonsumsi makanan selama empat, enam, atau delapan jam. Setelahnya, Anda tidak boleh makan sama sekali kecuali minum air putih hingga keesokan harinya.

 

Dari semua jenis diet yang dipaparkan, satu hal yang paling penting adalah komitmen. Satu kata ini memang mudah diucapkan namun sulit untuk dilaksanakan. Berhasil atau tidaknya program pembersihan tubuh ini didukung seberapa kuat anda komitmen Anda untuk menjalankannya. Selamat mencoba

PREVIOUS ARTICLE

Ini 5 Hal yang Biasa Dilakukan Wanita Sukses Dalam Memulai Hari

NEXT ARTICLE

Sebelum Memutuskan Menikah, Apa Saja yang Harus Dibicarakan Dengan Pasangan?

RELATED ARTICLES

comments