ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Dapat Menenangkan Pikiran Hingga Meningkatkan Konsentrasi, Ini 5 Comfort Food yang Bisa Anda Coba

Comfort food, adalah istilah yang diberikan pada jenis makanan yang bisa memberi rasa nyaman, dan mood baik pada diri penikmatnya. Sebenarnya jenis comfort food juga bisa bermacam-macam tergantung pengalaman pribadi setiap orang serta kandungan yang dimiliki makanan tersebut. Seperti misalnya masakan buatan ibu yang memiliki cita rasa lezat sekaligus menimbulkan nostalgia. Atau jenis makanan yang sudah dikenal memiliki efek baik bagi pikiran dan tubuh penikmatnya.

Dari berbagai penelitian, sudah terbukti adanya hubungan antara makanan yang dikonsumsi dengan mood yang dihasilkan. Ada beberapa makanan yang bisa menghasilkan mood baik jika dikonsumsi rutin dan ada juga makanan yang bisa membuat rasa stres Anda bertambah besar. Semua ini dikarenakan adanya nutrisi tertentu yang bisa mempengaruhi saraf. Mak itu selain memberikan mood baik, beberapa makanan berikut ini dipercaya bisa memberi efek yang beragam lho, mulai dari meningkatkan konsentrasi hingga merelaksasi tubuh. Tertarik mencobanya?

Kacang Tunggak atau makanan dengan asam folat tinggi untuk meningkatkan konsentrasi dan motivasi

Kalau merasa lesu, sedang stres, atau sulit berkonsentrasi, Anda bisa mengonsumsi kacang tunggak atau kacang tolo bermata hitam. Kacang ini kaya akan asam folat yang baik untuk merangsang hormon dopamin dan serotonin. Kedua hormon ini berkaitan untuk membangun mood baik dan peningkatan daya ingat. Selain itu, kacang jenis ini juga mengandung zat besi. Nah, jika Anda terus  merasa lelah meski tidak beraktivitas berat, mungkin Anda sedang kekurangan zat besi atau mengalami anemia.

Baca juga: Merasa Mudah Lelah dan Sering Marah? Jangan-Jangan Anda Punya 3 Pola Pikir Penyebab Stres

Kacang almond untuk meredam rasa amarah

Kacang almond merupakan sumber asam amino triptofan yang sangat baik. Asam amino ini berfungsi untuk pembentukan hormon serotonin yang berpengaruh terhadap kestabilan fungsi emosional seseorang. Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Biological Psychiatry, uji coba dilakukan pada sukarelawan yang mengonsumsi minuman dengan kandungan asam amino ini. Hasilnya, fungsi antar bagian otak lebih terstruktur dan terkendali dibanding ketika mereka tidak mengonsumsi minuman tersebut.

Bayam untuk mengusir brain fog

Brain fog adalah kondisi ketika Anda mengalami kesulitan berpikir dan mengingat. Umumnya, hal ini terjadi ketika Anda tengah stres, kekurangan tidur, atau sudah berusia lanjut. Ada beberapa makanan yang bisa membantu mengatasi hal ini, salah satunya adalah bayam. Sayuran ini mengandung asam folat, lutein, dan zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin merupakan karotenoid yang dapat membantu menekan kondisi ini. Dikutip dari Prevention, Joan Salge Blake, Clinical Associate Professor of Nutrition di Boston University, mengatakan bahwa lutein adalah karotenoid utama di dalam otak yang bisa membantu memperkuat daya ingat dan faktor kognitif.

Teh hijau untuk menenangkan pikiran

Sudah jadi rahasia umum kalau teh hijau mengandung anti-oksidan yang baik, yaitu polifenol. Banyak orang kerap mengaitkan anti-oksidan dengan awet muda, padahal ada banyak manfaat polifenol lainnya. Selain menjaga kekenyalan kulit, polifenol juga bagus untuk melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan alkohol, kebiasaan merokok, hingga polusi. Selain menjaga otak lebih sehat, teh hijau juga bagus untuk menenangkan pikiran karena adanya manfaat dari asam amino L-theanine yang memang punya efek menenangkan.

Baca juga: Mengenal Ragam Jenis Teh yang Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Berkhasiat untuk Menjaga Kecantikan Kulit

Tart cherry juice untuk merelaksasi tubuh

jenis comfort food

Nah, comfort food yang satu ini cocok untuk Anda yang sering kesulitan tidur. Tart cherry juice merupakan sumber makanan yang baik untuk asam amino triptofan dan melatonin. Kombinasi keduanya baik untuk menenangkan pikiran dan mengatur pola tidur Anda. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Therapeutics pada tahun 2017 lalu. Uji coba dilakukan pada sejumlah orang dewasa yang menderita insomnia. Ketika meminum tart cherry juice dua kali sehari selama dua minggu, total waktu tidur mereka pun meningkat selama sekitar 84 menit tiap malamnya.

Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Diprediksi akan Menjadi Tren di Tahun 2019 Mendatang

PREVIOUS ARTICLE

Ingin Memulai Gaya Hidup Minimalis? Ini Berbagai Pertimbangan yang Perlu Dipikirkan Saat Menyortir Barang

NEXT ARTICLE

Ramalan Asmara Berdasarkan Zodiak di Tahun 2019

RELATED ARTICLES

comments