Inspiration

5 Coffee Shop Kelapa Gading yang Perlu Dikunjungi Pencinta Kopi

Sudah bukan rahasia lagi kalau di Jakarta, Kelapa Gading dikenal sebagai salah satu area yang jadi “surga” pencinta makanan dan tentunya juga pencinta kopi. Bahkan, saya sempat dikirimi teman list coffee shop Kelapa Gading yang jumlahnya sudah lebih dari 40! Dari ujung ke ujung, pasti ada saja coffee shop yang bisa Anda temukan; ada yang di pinggir jalan besar, di area ruko/rukan, dan yang harus masuk-masuk ke jalan yang lebih kecil pun ada. Nah, kalau tertarik untuk main ke Kelapa Gading dan menyicipi kopi yang enak, ini rekomendasi coffee shop yang perlu dimasukkan dalam daftar Anda.

1. Six Ounces Coffee

Belum “sah” ngopi di Kelapa Gading kalau belum mampir ke Six Ounces Coffee. Hahaha…. Six Ounces kerap disebut sebagai takaran ideal untuk secangkir cappuccino yang digunakan sebagai nama untuk coffee shop yang kini bisa dibilang sebagai salah satu tempat ngopi dan nongkrong terlaris di Kelapa Gading. Letaknya berada di belakang Mall Kelapa Gading dan di seberang Fave Hotel, bukan di jalan raya besar, namun ramai dan antusiasme pecinta kopi untuk datang ke sini tak perlu ditanya lagi. Pencinta kopi akan dimanjakan dengan pilihan menu untuk kopinya beragam, mulai dari Espresso, Latte, Cappuccino, Flat White, Affogato, Piccolo, Long Black, Macchiato, dan masih banyak lagi. Biji kopi yang digunakan Six Ounces Coffee diambil dari Giyanti Coffee Roastery, jadi besar kemungkinan kalau Anda doyan ngopi di Giyanti, akan doyan juga ngopi di sini. Jarak antar mejanya memang tidak terlalu luas, sehingga bisa saja Anda berkenalan dengan pengunjung di meja kiri atau kanan, atau mau tak mau ikut mendengar pembicaraan di meja tetangga. Ini bisa jadi plus dan minus, tergantung preferensi Anda saat duduk di coffee shop. Oh ya, tak hanya kopi, Anda yang ingin menikmati snack dan makanan pun bisa menjadikan Six Ounces Coffee sebagai one stop destination. Beragam sandwich, side dish, pasta, burger, dan nasi pun tersedia di sini.

Alamat: Jl. Gading Indah Raya Blok NB 2 No .1

2. Coffee Tree

Kalau Anda senang dengan porsi “wah” untuk kopi dan hampir selalu merasa 1 cup standar kurang, nah, wajib deh mampir ke Coffee Tree. Coffee shop ini terletak di dalam area Mall of Indonesia, namun bukan di dalam mall-nya, melainkan di rukonya (buat yang belum pernah mampir, konsep mall ini memang ada di tengah-tengah alias dikelilingi ruko). Tempatnya ada di seberang Lobby 2 Mall of Indonesia dan memiliki 2 lantai dengan suasana yang nyaman untuk nongkrong lama. Begitu masuk ke dalam, Anda akan melihat deretan wadah kaca yang berisi berbagai macam biji kopi. Dari langkah pertama masuk pasti sudah tercium deh wangi kopi yang nikmat. Kalau Anda punya request khusus mau pakai biji kopi tertentu pun tinggal bilang saja ke waitress/waiter yang mengambil order. Untuk kopinya, selain kopi tradisional seperti Vietnamese Coffee, French Press, dan Drip Coffee, ada 2 ukuran yang ditawarkan yaitu small dan regular. Untuk ukuran yang regular ini bisa saya bilang agak rancu, karena yang datang adalah kopi di dalam gelas ukuran besar! Hahaha… Tapi ini dia daya tariknya. Kenyang! Selain kopi, ada beragam snack, roti, cake, dan pasta yang tersedia di Coffee Tree untuk Anda nikmati.

Alamat: Ruko Kelapa Gading Square, Blok C No. 38A-B, Mall of Indonesia

3. Tons Of Flour For Sicacilla (TOF Sicacilla)

Tarts and coffee. #tofsicacilla #homemademeetsperfection

A post shared by Tons Of Flour for Sicacilla (@sicacilla) on

Masih di area Mall of Indonesia, Anda juga bisa menemukan coffee shop yang tak kalah menariknya yaitu TOF Sicacilla. Kalau Coffee Tree di seberang Lobby 2, TOF Sicacilla berada di seberang Lobby 8. Tempatnya lebih mungil dengan desain minimalis yang menggabungkan elemen modern serta beberapa ornamen vintage. Ciri khas TOF Sicacilla ada pada tart-nya (yang sungguh enak, harus coba!) dan juga kopi yang nikmat. Biji kopi yang digunakan di sini berasal dari Tanamera Coffee yang kalau Anda sudah biasa ngopi di Jakarta pasti tahu juga. Kalau belum pun, bisa dicicip di sini. Selain di Mall of Indonesia, TOF Sicacilla juga membuka cabang baru di Mall Kelapa Gading 3 yang bernama AFTERS (After Sicacilla) yang berada di lantai 3. Jadi, kalau nge-mall di Kelapa Gading, bisa diingat-ingat juga untuk mampir ke salah satunya ya! 😀

Alamat: Ruko Italian Walk B43, Mall Of Indonesia

4. Kopium Artisan Coffee

Homey! Itu kesan pertama yang langsung terasa dari coffee shop ini. Tempatnya seperti rumah yang sengaja dirombak menjadi coffee shop. Kalau masuk ke sini, Anda pasti akan ngeh ruangan apa yang dulunya kamar tidur karena masih ada sekatnya. Suasana yang sangat nyaman, didukung interior yang bikin betah, kopi yang enak, dan barista yang ramah membuat Kopium jadi salah satu coffee shop Kelapa Gading yang sangat layak untuk didatangi berkali-kali. Kekurangannya cuma 1. Karena letaknya di jalan yang cukup kecil, kalau datang ke sini dan sedang ramai, agak PR untuk cari parkirnya. Other than that, this is one hidden gem in Kelapa Gading that worth to try.

Alamat: Jl. Summagung I, Blok A4 No. 11

5. Homebound Coffee

Coffee shop ini mudah ditemukan berkat warna pintu kuning yang jadi ciri khasnya. Homebound Coffee memang memiliki tempat yang kecil, bahkan paling kecil jika dibandingkan dengan 4 coffee shop Kelapa Gading lain yang saya sebutkan di atas. Walau begitu, tidak mengurangi nikmat kopi yang disajikan oleh pemiliknya. Anda bisa bercengkerama lebih dekat dengan teman dan pengunjung lainnya sambil minum kopi maupun menjajal beberapa jajanan yang tersedia di sini seperti kroket, cireng, dan juga pempek. Untuk kopinya sendiri, Anda bisa mencoba beragam varian espresso-based coffee seperti Latte, Cappuccino, Flat White, Piccolo, dan sebagainya. Lebih suka minuman yang lebih manis? Ada Iced Choco Malt Coffee dan Iced Salted Caramel Coffee yang nggak kalah enaknya. Buat nyantai di pagi hari sebelum mengawali aktivitas atau untuk didatangi sebagai quick stop untuk recharge diri supaya mata lebih terjaga, Homebound Coffee jadi salah satu coffee shop yang juga perlu dicoba saat Anda main ke Kelapa Gading 🙂

Alamat: Jl. Kelapa Kopyor Raya, Blok CC1 No. 1

PREVIOUS ARTICLE

Berbagai Lokasi Wisata yang Direkomendasikan Untuk Dikunjungi Pada Bulan Januari

NEXT ARTICLE

Catat Tanggalnya, Ini 3 Film Animasi yang Wajib Ditonton di Tahun 2018!

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments