ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Merasa Suasana Kantor Kurang Kondusif? Ini Ciri ‘Toxic Workers’ yang Perlu Dihindari

Dalam lingkungan kerja, mau tak mau Anda akan dihadapkan oleh beberapa orang dengan watak, perilaku, hingga kepribadian yang berbeda. Beberapa orang mungkin akan cocok dengan Anda, namun ada pula rekan kerja yang terkadang membuat suasana kantor jadi kurang kondusif. Jika sudah begini, kehadiran mereka dalam sebuah perusahaan akan mengganggu kinerja orang di sekitarnya. Untuk itu, coba deteksi siapa tahu rekan kerja Anda merupakan golongan toxic workers yang patut Anda kenali dengan ciri-ciri seperti di bawah ini.

Penggosip

Berkomunikasi dan bergaul dengan sesama rekan kerja mungkin cara baik untuk saling membangun kedekatan dan keakraban. Justru komunikasi terbuka akan membentuk lingkungan kerja yang nyaman. Namun, beda halnya jika komunikasi ini justru mengarah kepada gosip atau cerita palsu di kalangan rekan kerja. Hal ini justru dapat menurunkan produktivitas dalam tim.

Para penggosip dapat dideteksi dengan melihat mereka bercerita di tempat-tempat tersembunyi dan terkadang seakan mengganggu rekan kerja lainnya hanya untuk mengobrol hal tak penting. Gosip yang beredar juga dapat menciptakan drama berlebih di antara sesama karyawan dan dapat menimbulkan ketidaknyamanan.

Si Pengeluh

Mengeluh pada hal-hal tertentu sudah biasa terjadi pada semua orang, namun beda halnya dengan orang yang mengeluh hampir setiap hari. Hal seperti ini bisa jadi kebiasaan yang sangat beracun. Seseorang yang mengeluh sepanjang waktu bahkan pada hal kecil sekalipun akan menciptakan negativitas untuk rekan kerja lainnya.

Jika Anda menemukan orang seperti ini, ajaklah mereka berdiksusi mengenai masalah apa yang dihadapinya di kantor sehingga memunculkan tingkah laku seperti itu. Mereka mungkin terlalu fokus pada diri sendiri sehingga terkadang tak memikirkan kenyamanan orang lain. Tanyakan pula apakah mereka memiliki keluhan pada kantor sehingga dapat memperbaikinya dan mendorong perubahaan pada kantor jika memang diperlukan.

Terlalu Percaya Diri

Perusahaan manapun pasti membutuhkan kerja sama tim untuk memenuhi target. Untuk itu, perlu adanya nilai antarpribadi yang dapat membangun kerjasama dalam sebuah perusahaan. Rekan kerja dengan kepercayaan diri biasanya merupakan karyawan yang berprestasi karena dapat menyelesaikan tugas dengan baik. Namun, terkadang mereka tak mengenali nilai kerjasama sehingga menjadi pribadi yang terlalu percaya diri.

Penunda Pekerjaan

Great employees notice problems and jump in without being asked.

Istilah ini sering didengar untuk memotivasi para karyawan dalam meningkatkan kinerjanya. Karyawan diharapkan dapat berpikir, beradaptasi dengan cepat terhadap prioritas perusahaan yang dinamis, dan melakukan apapun terlepas dari posisi atau tugasnya. Tapi tak semua karyawan memang memiliki kemauan seperti ini. Di antara rekan kerja Anda, mungkin dapat ditemui seseorang yang senang menunda pekerjaan atau menghindari tugas yang diberi atasan.

Mendeteksi orang seperti ini cukup mudah, mereka akan berusaha menghindari pekerjaan dengan membuat beragam alasan, bahkan berusaha menyerahkan tugasnya kepada orang lain. Anda juga dapat mengidentifikasi perilaku mereka dengan meninjau laporan secara berkala dan meminta pertanggungjawaban atas tugas tertentu.

Angkuh

Mendeteksi orang dengan sifat angkuh terbilang mudah, dalam arti orang angkuh ini dapat dijumpai karena karakternya yang ‘tahu segalanya’. Mereka memiliki jawaban atas segala hal dan mengabaikan sudut pandang orang lain yang berbeda dengannya. Orang angkuh termasuk toxic worker karena sifatnya yang akan menolak masukkan atau kritik dalam pekerjaan sehingga akan berpengaruh juga dengan kinerja diri sendiri dan orang lain. Orang dengan sifat seperti ini juga akan mengarah ke sifat keras kepala yang tentu menimbulkan situasi tak nyaman dalam kantor.

Baca juga: Punya Rekan Kerja Toxic? Pertimbangkan untuk Resign Jika Sampai Alami 5 Hal Ini

PREVIOUS ARTICLE

Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Bra dan Hubungannya dengan Kesehatan

NEXT ARTICLE

Seungri 'BIGBANG' Putuskan Pamit dari Dunia Hiburan. Berikut Perjalanan Karier sang Idol Selama Lebih dari 10 Tahun Berkarya

RELATED ARTICLES

comments