ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Berbagai Cara untuk Menjawab Pertanyaan mengenai Kelemahan Diri Saat Interview Kerja

Jika Anda baru saja lulus dari perguruan tinggi dan sedang dalam proses pencarian kerja, salah satu hal yang mungkin paling ditakuti adalah tahapan interview alias wawancara dalam seleksi kerja. Pasalnya, tahap ini biasanya kerap menjadi penentu utama dari lolos atau tidaknya Anda. Umumnya, ada beberapa pertanyaan ‘klasik’ yang seringkali ditanyakan dalam interview kerja. Sebut saja, alasan mengapa Anda ingin bekerja ke perusahaan tersebut, rencana di 5 tahun mendatang, serta kekuatan dan kelemahan dalam diri Anda.

Jika dihadapkan dengan pertanyaan tersebut, apakah Anda sudah mempersiapkan jawaban yang tepat? Memberikan jawaban yang klasik seperti, ‘saya cukup perfeksionis, sehingga terkadang butuh waktu agak lama dalam mengerjakan suatu hal’ atau jawaban senada lainnya mungkin sudah terlalu sering didengar oleh para interviewer. Nah, agar wawancara kerja berjalan dengan sukses, coba tengok tips berikut!

1. Hindari membeberkan kelemahan yang menyangkut dengan kepribadian

Cara Menjawab Pertanyaan Kelemahan Diri Saat Interview

Kejujuran memang penting. Namun, sebaiknya simpan kelemahan yang terkait dengan kepribadian untuk diri Anda sendiri  saja. Sebagai contoh, Anda sulit menerima arahan dari atasan, ‘bersumbu pendek’ alias mudah adu debat dan berargumen, atau sulit berkomunikasi dalam kerja tim. Agar lebih aman, lebih baik sebutkan saja kelemahan yang tidak terkait dengan sifat atau kepribadian. Misalnya saja, saat ingin melamar pekerjaan sebagai video editor. Anda bisa menjawab bahwa kelemahan yang dimiliki adalah salah satu software editing yang sudah lama tidak digunakan, sehingga butuh waktu untuk mempelajarinya kembali.

Baca juga: Cek Peluang Anda Diterima Kerja Dari 5 Tanda yang ‘Terbaca’ Saat Wawancara

2. Sebutkan kelemahan yang tidak berpengaruh signifikan dengan pekerjaan Anda

Cara Menjawab Pertanyaan Kelemahan Diri Saat Interview

Walaupun ingin menunjukkan bahwa Anda memiliki kesiapan penuh untuk pekerjaan ini, jangan sampai Anda justru menyebutkan kelemahan yang tidak ada hubunganya sama sekali dengan pekerjaan, ya. Cukup sebutkan kelemahan yang relevan dengan pekerjaan saja. Contohnya, jika Anda melamar pekerjaan sebagai content writer. Anda bisa menyebutkan bahwa kekurangan Anda terletak di kemampuan untuk menyusun pertanyaan wawancara dengan sudut pandang yang unik. Namun, perlu diingat juga untuk tetap menyebutkan kekurangan yang masih dapat ‘ditolerir’ oleh sang interviewer, ya.

Baca juga: Pentingnya Menampilkan Kecerdasaan Emosional Saat Sesi Wawancara Kerja

3. Sebutkan kelemahan yang sudah Anda perbaiki

Cara Menjawab Pertanyaan Kelemahan Diri Saat Interview

Cara ini cukup umum digunakan dalam interview kerja. Namun, Anda tetap bisa menggunakannya tanpa harus membuat pewawancara merasa bosan. Kuncinya adalah dengan menjelaskan langkah apa saja yang sudah Anda lakukan secara detail untuk memperbaiki kelemahan dengan contoh asli.

Sebagai contoh, Anda melamar sebagai marketing officer sedangkan kekurangan Anda terletak di penggunaan software Excel. Untuk mengatasi kelemahan ini, Anda pun mengikuti kursus Excel dan juga mengikuti kelas online. Jelaskan juga bagaimana dampak positif dari langkah yang Anda ambil ini terhadap kekurangan Anda, ya.

Sudah membaca tips di atas? Yuk, mulai coba terapkan. Semoga wawancara kerja Anda kelak berjalan dengan lancar. Good luck!

PREVIOUS ARTICLE

Hal Ini Cuma Dirasakan Mereka yang Masih Single Saat Semua Saudara Sudah Menikah

NEXT ARTICLE

Tidak Tampak Menua, Song Hye Kyo Tuai Pujian Netizen dalam Iklan Terbaru yang Dibintanginya

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

COMMENTS

10comments


  • Gilang Ratna2 months ago

    Bermanfaat sekali :)

  • Luciana Yuni2 months ago

    <3 <3

  • Rr Saphira Septa Aryanti2 months ago

    alhamdulillaaah nemu beginian. bermanfaat bgt buat aku yang akan interview!

  • Dhea Juhara2 months ago

    Informatif!!

  • Asna Fauziah2 months ago

    Bermanfaat banget. Thnks kak

  • Fajriah Nur Nadhifah2 months ago

    makasih tips nyaa

  • Syarah Yunita3 months ago

    suka keceplosan nyeritain diri sendiri :(

  • Tintin Agustiana3 months ago

    thanks

  • Irena Meiliyana3 months ago

    Bermanfaat sekalii

  • siti nur komariyah3 months ago

    manfaat sekaliiii