Guide

Hindari Dampak Buruk Gaya Hidup Sedentari dengan Melakukan Berbagai Aktivitas Berikut di Tempat Kerja

Meskipun nama sedentari terdengar asing, sebagian besar dari Anda mungkin tanpa disadari telah menjalani gaya hidup ini selama bertahun-tahun, lho. Gaya hidup sedentari merupakan gaya hidup dimana kadar aktivitas fisik seseorang berada di bawah batas normal karena hanya melakukan sedikit atau bahkan sama sekali tidak melakukan aktivitas fisik. Umumnya, seseorang yang menjalani gaya hidup sedentari menghabiskan waktu sehari-hari dengan duduk atau berbaring dalam melakukan aktivitasnya, mulai dari bekerja, membaca, bersosialisasi, atau bermain handphone. Hmm tedengar familiar? Tenang, Anda tidak sendiri, kok! Menurut data dari World Health Organizaiton (WHO), 60-85% populasi di seluruh dunia tergolong ke dalam gaya hidup sedentari.

Baca juga: Malas Berolahraga? Hati-hati, Ini Berbagai Efek Buruk yang Bisa Anda Alami

Mengingat kemajuan teknologi yang meningkat pesat, rasanya sekarang apa-apa memang menjadi mudah, ya. Memesan makanan, mengirimkan barang, bekerja, dan banyak aktivitas lainnya dapat Anda lakukan tanpa beranjak dari kursi. Mager mungkin menjadi salah satu kata yang tepat untuk mendefinisikan gaya hidup ini. Meskipun terlihat biasa, sebenarnya gaya hidup sedentari berdampak negatif pada kesehatan, hingga menjadi salah satu penyebab kematian global yang paling besar! Beberapa bahaya dari gaya hidup sedentari di antaranya meliputi peningkatkan risiko:

  • penyakit jantung,
  • beberapa jenis kanker,
  • depresi dan anxiety,
  • diabetes, dan masih banyak lagi.

Lantas, bagaimana dengan Anda yang harus bekerja di depan layar komputer selama 8 jam hampir setiap hari? Nah, untuk meminimalisir dampak buruk dari gaya hidup sedentari pada kesehatan Anda, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan!

1. Memilih Jalan Kaki untuk Membeli Makan Siang

Hindari-Dampak-Buruk-Gaya-Hidup-Sedentari

Memesan makanan melalui aplikasi memang sangat menggiurkan. Dengan pilihan menu yang sangat lengkap dan beragam, berbagai promo dan potongan harga yang menarik, serta sistem online yang membuat Anda tidak perlu berpindah sejengkal pun dari kursi, tidak heran banyak orang yang memilih untuk memesan makan siang melalui aplikasi. Namun, jika Anda ingin mengurangi dampak buruk dari gaya hidup sedentari, lebih baik Anda mencari makan siang di luar saja, yuk! Alih-alih menggunakan kendaraan, pilihlah untuk berjalan kaki ke warung atau restoran yang berada di sekitaran kantor.

2. Sempatkan untuk Melakukan Olahraga Ringan Setiap 2 Jam Sekali

Hindari-Dampak-Buruk-Gaya-Hidup-Sedentari

Di sela-sela tumpukan pekerjaan Anda, coba deh sempatkan waktu untuk melakukan sedikit olahraga secara berkala. Anda bisa mencuri-curi waktu sekaligus membuat kopi di pantry, kok. Sambil menunggu kopi Anda selesai, Anda bisa melakukan stretching untuk meregangkan otot-otot. Selain itu, jeda waktu saat salat pun bisa Anda manfaatkan untuk melakukan beberapa gerakan olahraga ringan. Tidak memiliki tempat untuk berolahraga? Naik-turun tangga juga termasuk gerakan olahraga, lho

Baca juga: Di Kantor atau di Rumah, Barang-Barang Berikut Ternyata Bisa Membantu Anda Berolahraga, Lho!

3. ‘Main’ ke Meja Kerja Rekan di Kantor

Hindari-Dampak-Buruk-Gaya-Hidup-Sedentari

Untuk mengurangi dampak buruk gaya hidup sedentari, sebenarnya yang perlu Anda fokuskan adalah mengurangi durasi duduk alih-alih menambah jam olahraga. Nah, salah satu cara untuk mengurangi waktu duduk Anda adalah dengan ‘main’ ke meja kerja rekan kantor Anda. Jika biasanya Anda memilih untuk mengobrol (atau bergosip?) melalui chat, jika ada waktu senggang lebih baik Anda hampiri saja langsung. Hal ini juga bisa Anda lakukan jika ada pekerjaan yang mengharuskan Anda berkomunikasi dan berkoordinasi dengan rekan kerja dari departemen lain.

4. Meeting di Luar Kantor yang Bisa Ditempuh dengan Berjalan Kaki

Hindari-Dampak-Buruk-Gaya-Hidup-Sedentari

Bosan dengan suasana meeting yang itu-itu saja dalam kantor? Coba beri ide untuk melakukan meeting di luar kantor yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki, yuk! Hmm, mungkin restoran atau kafe di belakang kantor dapat menjadi alternatif tempat meeting Anda yang baru. Selain memberikan suasana baru, Anda dapat sekaligus berolahraga dan mengurangi waktu duduk dalam perjalanan menuju tempat meeting. Jika tubuh terasa lebih segar dan Anda disuguhi pemandangan baru, dijamin ide-ide kreatif akan mengalir lebih deras, deh!

5. Menambah Jarak Berjalan Kaki Menuju dan Dari Kantor

Hindari-Dampak-Buruk-Gaya-Hidup-Sedentari

Menurut hasil studi, salah satu langkah perubahan gaya hidup sedentari yang berkontribusi paling besar pada kesehatan adalah menggunakan transportasi umum seperti bis atau kereta untuk perjalanan ke kantor. Namun, selain menggunakan transportasi umum, masih ada lagi kok cara simpel yang dapat Anda lakukan untuk menambah jarak berjalan kaki, seperti turun dari ojek di depan komplek atau di halte terdekat kantor (alih-alih di depan gedung), berjalan kaki 100 langkah sebelum memesan ojek untuk pulang, atau sengaja memarkir mobil lebih jauh agar ‘memaksa’ Anda untuk berjalan kaki lebih banyak juga. Cukup mudah, kan?

Baca juga: Malas Bergerak? Coba Dulu Tahapan Olahraga Berikut yang Hanya Butuh Waktu Kurang Dari 10 Menit!

PREVIOUS ARTICLE

Menikmati Libur Panjang dengan Menyaksikan Film Indonesia yang Tayang Saat Lebaran 2018

NEXT ARTICLE

Ini Dia 5 Trik Tetap Makan Enak saat Lebaran Tanpa Rasa Bersalah

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

COMMENTS

12comments


  • Nurhasanah Anggraini1 week ago

    Hai. Mau tanya boleh? Bookmark itu maksudnya kita harus ngapain ya? Ku kurang ngerti hehehe

    • Dwi Wati6 days ago

      @anggilanzar klik yang disebelah re-share itu say, yang kaya pita, simbol 2 dari kanan

  • Ummu Khais1 week ago

    Done follback

  • Natasha Glaushalia Tamba1 week ago

    kak followback yaa

  • Desi Rizkiana1 week ago

    follback yaaa

    • Dwi Wati1 week ago

      @Desirzn okaayy

  • Suhailah Salma1 week ago

    Hai kak, follback ya:)

    • Dwi Wati1 week ago

      @Salmaila okaayy

  • Ferghina Syifa Nurfadhilah1 week ago

    haiiii follback yaa makasih kak

    • Dwi Wati1 week ago

      @ferghinasyifa sipp cantik

  • Noor Fadilla Putri1 week ago

    follback yaaa ^^

    • Dwi Wati1 week ago

      @Nrfdllptr done ya beb

  • Sarah Samrotul1 week ago

    Folbek ka

    • Dwi Wati1 week ago

      @Sarahhh_ udah ya xDDD

  • Ramadhanty Hf1 week ago

    Hi followback yaa

    • Dwi Wati1 week ago

      @tyaatyas okaay

  • Widyadhara Gana1 week ago

    Hai Dwi.. follback aku ya :)

    • Dwi Wati1 week ago

      @Widyadhara okaay

  • siti annisa1 week ago

    Follback yaa :)

  • Valentina Yosnanda1 week ago

    Hai say, minta folback ya say. Thank you