Guide

Tak Selalu Sama, Ini Berbagai Cara dalam Menghadapi Stres Sesuai Jenisnya

Sama seperti sakit kepala yang memiliki jenis dan cara penanganan beragam, kondisi stres juga punya banyak jenis. Setidaknya ada 3 tingkatan stres yang umum dialami banyak orang. Mulai dari yang stres karena trauma atau karena kelelahan bekerja. hingga stres yang punya tingkat lebih parah. Untuk menghadapinya, Anda perlu mengetahui dulu jenis stres yang dialami, sehingga Anda bisa mengatasinya dengan cara yang tepat. Seperti 3 cara berikut yang disebut efektif dalam mengatasi berbagai tingkatan stres seseorang.

Stres Ringan

Karena masih dalam tahap awal, stres ini mungkin dialami tanpa Anda sadari. Biasanya, saat mengalami stres ringan, Anda akan merasa gelisah dan mudah tersulut emosinya. Anda juga akan mengalami perubahan pola tidur, karena pikiran (bukan tubuh) yang terasa lelah. Stres ringan biasanya terjadi karena faktor situasional, seperti masalah pekerjaan hingga kemacetan yang mungkin kita hadapi setiap hari. Meskipun tergolong stres ringan, tapi jangan dianggap sepele, karena stres ini bisa terus menumpuk, hingga menjadi stres yang lebih parah jika tidak ditangani.

Untuk mengatasinya, coba lakukan latihan pernapasan. Karena melatih pernapasan dengan cara menghirup dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan,bisa memberi ruang bagi paru-paru untuk mendapatkan oksigen dengan maksimal. Oksigen yang maksimal ini bisa memperlambat detak jantung yang mungkin meningkat saat pikiran sedang stres, serta menstabilkan tekanan darah.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Gratis untuk Membantu Meringankan Stres, Depresi, atau Anxiety

Stres Emosional

Pada beberapa orang, jenis stres yang ini kadang punya efek yang lebih besar dibanding jenis stres lainnya. Contoh stres emosional yang paling sering ditemui adalah stres karena masalah hubungan asmara. Namun jangan remehkan jenis stres ini, ya. Karena umumnya, jenis stres ini lebih cepat berpengaruh terhadap kondisi fisik dibanding stres karena pekerjaan.

Untuk mengatasi jenis stres ini, terlebih dulu Anda menghindari bersikap denial (tak mau mengakui sedang stres) dan menguatkan diri untuk menghadapi kondisi emosional yang terjadi. Cara paling mudahnya adalah dengan mengeluarkan isi hati. Bisa dengan membicarakan masalah pada seseorang yang dipercaya atau menulis di buku harian maupun apps. Yang kedua adalah tetap terhubung dengan masa kini. Biasanya, orang yang sedang mengalami stres akibat persoalan emosional sering mengingat masa lalu terus menerus sehingga susah menghadapi masa kini dan masa depan. Anda bisa melakukan olahraga yang dikenal mampu memberikan rasa rileks seperti yoga, serta kegiatan lain yang akan mengembalikan semangat Anda.

Baca juga: Merasa Mulai Mengalami Depresi Ringan? Pastikan 5 Hal Ini Ada Dalam Resolusi Tahun Baru Anda

Stres Kronis

Jenis stres ini termasuk dalam tahapan yang cukup mengkhawatirkan, karena kondisi ini biasanya muncul tiap hari. Jenis stres konis bisa membuat seseorang merasa sangat lelah (versi ekstrim dari stres ringan) dan membuat Anda masuk dalam tahap burnout atau kelelahan fisik, emosional, dan mental. Penyebabnya bisa bermacam-macam, tapi stres kronis ini biasanya dialami saat seseorang mengabaikan tanda-tanda yang menunjukkan jika dirinya sudah mengalami gejala awal stres. Sedihnya, stres kronis sangat memengaruhi kondisi fisik, mulai dari kondisi kulit, masalah pencernaan, hingga masalah jantung.

Untuk mengatasi stres kronis, Anda bisa menggunakan beberapa pendekatan, bisa melalui terapi singkat, seperti pada stres ringan atau penyembuhan jangka panjang. Anda juga bisa melakukan latihan pernapasan, rutin berolahraga, serta tidak menutup diri dari lingkungan luar seperti menjaga hubungan dengan teman dan keluarga. Yang terakhir, Anda juga perlu melakukan meditasi seperti pada stres emosional. Ssst, sering mendengarkan musik yang bersifat white noise juga bisa meredakan stres jenis ini, lho.

Baca juga: Yuk, Atasi Stres Dengan Menyantap Makanan-Makanan Berikut

PREVIOUS ARTICLE

5 Gerai Makanan Asli Lokal Selain J.CO, yang Kerap Dianggap sebagai Brand Luar Negeri

NEXT ARTICLE

Berbagai Trailer Promosi Film 'Deadpool 2' yang Sukses Mengundang Gelak Tawa. Anda Sudah Menontonnya?

RELATED ARTICLES

comments