ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Dari Syahrini hingga J.Lo, Begini Cara Memilih Cincin Pernikahan yang Tepat untuk Anda dan Pasangan

Beberapa hari lalu, pasangan Syahrini dan Reino Barack tampil di muka publik untuk mengumumkan pernikahannya. Tak hanya memamerkan keromantisan, keduanya pun memperlihatkan cincin kawin yang dikenakan. Walaupun terlihat sederhana, cincin yang dikenakan Syahrini ternyata mengandung berlian asli dengan ukuran yang cukup besar.

Kabar gembira selanjutnya hadir dari pasangan J.Lo dan Alex Rodriguez yang mengunggah foto momen pertunangan mereka di Instagram. Dalam foto terlihat Alex yang menyematkan cincin berlian pada jari manis J.Lo dengan latar belakang pantai yang indah.

Berbicara mengenai cincin, kado spesial satu ini dianggap penting sebagai tanda adanya ikatan pada momen sakral seperti pernikahan dan tunangan. Tak jarang, setiap orang ingin memiliki cincin yang indah dan sempurna. Hal ini yang kemudian membuat sebagian orang bingung menentukan cincin yang terbaik untuk mewakili karakteristik pemakainya maupun sebagai simbol dari hubungan yang dijalin. Nah, untuk membantu Anda agar tak bingung memilih cincin, yuk simak tips berikut

Temukan inspirasi dan sesuaikan dengan anggaran

Coba perhatikan sekitar, cincin seperti apa yang digunakan orang terdekat Anda, misalnya nenek, ibu, adik atau tante. Mencari inspirasi dari orang terdekat bisa jadi pilihan ketika Anda bingung akan membeli cincin pernikahan atau tunangan. Selain melihat bentuk, melalui orang terdekat pula, Anda bisa leluasa memegang dan menyentuh secara langsung sehingga bisa mengetahui bagaimana karakteristik cincin tersebut.

Selanjutnya, perhitungkan terlebih dahulu seberapa besar anggaran yang Anda miliki untuk membeli cincin. Perlu diingat, bahwa memilih cincin tak melulu harus memiliki harga mahal. Namun selama Anda mampu untuk membelinya dan cincin tersebut dapat menjadi simbol cinta Anda dan pasangan, tak perlu merasa ragu untuk memilihnya. Anda juga dapat memilih model cincin yang cocok dan kiranya nyaman dikenakan ketika beraktivitas karena ini merupakan kunci utama dalam memilih cincin.

Memilih cincin dengan ‘4c’

“Diamonds are a girl’s best friend — Jule Styne”

Jika memilih untuk membeli cincin berjenis berlian, Anda mungkin perlu beberapa tips seperti 4C yakni cut, color, clarity dan carat. Empat faktor ini dianggap menentukan kualitas dan biaya untuk membeli berlian. Yuk bahas satu per satu mengenai 4C.

Cut. cut disini bukan berarti memotong ya, melainkan bagaimana bentuk sudut dan proporsi batu. Berlian yang memiliki potongan bagus akan lebih memantulkan cahaya dari tiap sisinya. Nah, hal ini lah yang menjadi alasan kenapa sudut dan proporsinya harus tepat agar kilau dari berlian dapat memporyeksikan cahata dari atas batu. Potongan menjadi faktor utama karena ketika warna, kejernihan dan karat sempurna, potongan yang tidak tepat tak akan memberi berlian pantulan cahaya yang bagus.

Color. Warna dari berlian berkisar antara D (tidak berwarna) hingga Z (light yellow). Berlian dengan tipe D akan jauh lebih mahal dan langka untuk didapatkan, sedangkan warna putih merupakan warna paling populer digunakan. Menentukan pilihan warna bisa jadi preferensi Anda sendiri dengan melihat kesukaan pasangan Anda.

Clarity. Semakin bening sebuah berlian, semakin mahal harganya. Seperti warna, kejernihan suatu berlian juga diukur dalam skala SI1 dan SI2. Clarity tak dapat dilihat dengan mata telanjang, maka Anda dapat menanyakan langsung dengan ahlinya.

Carat. Sama halnya dengan emas, berlian juga mengacu pada karat yang dimiliki. Semakin berat karatnya, maka harganya akan semakin mahal. Namun, tak perlu khawatir dengan berat karat, selama pemasangan dan bentuknya tepat, perhiasan Anda akan tampak sempurna.

Tentukan ukuran dan bentuk

Selain 4C di atas, Anda dapat pula memilih dengan mempertimbangkan bentuk berlian. Anda juga dapat menggunakan preferensi dengan mempekirakan mana bentuk yang lebih disukai. Biasanya beberapa bentuk yang paling sering ditemukan adalah bentuk bulat, hati, princess (kotak), pear dan oval.

Sedangkan untuk ‘setting’ atau tempat di mana berlian tersebut diletakkan dalam cincin, Anda dapat memilihnya dengan memperkirakan mana yang cocok dengan bentuk jari. Anda juga dapat membuat kombinasi setting sendiri pada toko perhiasan. Biasanya ada beberapa setting yang digunakan seperti tiffany setting, eternity band, bezel setting dan channel setting.

Baca juga: Pembicaraan Tentang Uang yang Harus Dibahas Pasangan dalam Tiap Fase Hubungan

PREVIOUS ARTICLE

5 Tanda yang Menunjukkan Sudah Waktunya Anda Membeli Pakaian Dalam Baru

NEXT ARTICLE

Ragam Manfaat Meminum Secangkir Kopi Sebelum Berolahraga. Sudah Tahu?

RELATED ARTICLES

comments