ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Tanpa Mengandalkan Obat, Berikut Berbagai Cara Alami yang Efektif dalam Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan salah satu indikator yang menandakan adanya sesuatu yang salah di tubuh kita. Ada banyak hal yang dapat menjadi pemicunya. Mulai dari stres, kelelahan, gula darah rendah, hingga kekurangan nutrisi. Apakah Anda termasuk orang yang sering mengalami sakit kepala? Kalau iya, mungkin Anda khawatir apabila harus mengonsumsi obat pereda rasa sakit secara terus menerus. Namun, sebenarnya ada banyak cara alami yang dapat dilakukan untuk meredakan sakit kepala, kok! Berikut ini beberapa diantaranya.

Menghirup Minyak Esensial

Meredakan Sakit Kepala

Salah satu manfaat minyak esensial adalah untuk meredakan sakit kepala. Pilihlah minyak esensial dengan aroma yang menenangkan, seperti peppermint, lavender, dan eucalyptus. Peppermint oil memilliki kemampuan untuk melancarkan aliran darah yang tersumbat ke arah kepala. Lavender oil membantu Anda untuk merasa lebih tenang, rileks, dan mengurangi ketegangan akibat sakit kepala. Sedangkan eucalyptus oil, membantu mengurangi rasa sakit dan tekanan darah sehingga mampu untuk meredakan sakit kepala. Anda bisa menggunakan minyak esensial dengan diffuser atau dihirup setelah diteteskan ke sapu tangan.

Menjaga Hidrasi Tubuh

Meredakan Sakit Kepala

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab terjadinya sakit kepala. Maka dari itu, penting untuk menjaga hidrasi tubuh, khususnya saat mulai mengalami sakit kepala. Anda bisa mendapatkan hidrasi melalui air putih atau dengan mengonsumsi buah dan sayur yang memiliki kandungan air lebih dari 90%. Beberapa jenis buah dan sayur yang dapat Anda konsumsi adalah mentimun, semangka, jeruk, bayam, dan terung.

Baca juga: Sakit Kepala dan Kulit Bermasalah Setelah Makan Roti Atau Susu? Mungkin Anda Alergi Gluten!

Lakukan Peregangan

Meredakan Sakit Kepala

Saat mengalami sakit kepala, usahakan untuk tidak hanya berdiam diri saja, ya! Sakit kepala dapat dipicu oleh otot-otot tubuh yang menegang. Oleh karena itu, coba sempatkan diri untuk melakukan peregangan, khususnya pada area leher dan kepala, saat mengalami sakit kepala. Gerakannya mudah, cukup angkat dagu Anda ke arah atas dan bawah, kanan dan kiri, serta miringkan kepala ke arah bahu kanan dan kiri. Anda juga bisa mencoba menggerakan leher memutar searah dan berlawanan arah jarum jam untuk meregangkan bahu dan otot leher.

Kompres Tubuh

Meredakan Sakit Kepala

Kompres merupakan salah satu cara untuk meredakan sakit kepala. Bingung memilih kompres panas atau dingin? Tenang saja, dua-duanya bisa bekerja dengan baik untuk meredakan sakit kepala, kok! Anda bisa menggunakan kompres dingin di area atas kepala untuk memberikan sensasi mati rasa atau kompres panas di area tengkuk untuk membuat otot yang kencang menjadi lebih rileks.

Hindari Tegangan pada Mata

Meredakan Sakit Kepala

Menatap layar dalam periode waktu yang cukup panjang dapat memperparah sakit kepala yang Anda alami. Untuk mencegah terjadinya hal ini, selalu ingat untuk mengistirahatkan mata Anda sejenak. Caranya mudah, kok! Cukup dengan melihat benda berjarak jauh (6-10 meter) setiap 15 menit sekali. Selain itu, hindari untuk menonton tv, bermain laptop, atau smartphone saat sedang mengalami sakit kepala, ya! Apalagi jika ruangan yang Anda tempati cenderung gelap.

Baca juga: Ups, Ternyata Tak Semua Sakit Kepala Punya Obat yang Sama. Kenali Dulu Jenisnya di Sini

PREVIOUS ARTICLE

5 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Bisa Anda Kunjungi Saat Libur Lebaran di Yogyakarta

NEXT ARTICLE

5 Kutipan Kate Spade Seputar Meraih Kesuksesan yang Bisa Menginspirasi Anda

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

COMMENTS

1comment


  • Annisa Maulia Priyo1 month ago

    Follback ya:)