ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Merasa Terlalu Sering Lembur? Yuk, Ikuti Langkah Ini Agar Bisa Pulang Kantor Tepat Waktu

Sepertinya, sudah menjadi pengetahuan umum kalau waktu kerja yang panjang kerap diasosiasikan dengan berbagai hal seperti stres, masalah kesehatan, depresi, dan masih banyak lagi. Namun, di lain sisi tetap banyak karyawan yang memutuskan untuk bekerja melewati waktu pulang kantor alias lembur. Memang sih, terkadang ada pekerjaan mendesak yang menahan Anda untuk pulang tepat waktu, tetapi banyak juga lho yang lembur tanpa alasan mendesak, seperti merasa segan. Hanya karena Anda pulang tepat waktu, sementara rekan-rekan kerja Anda lembur, bukan berarti Anda lebih malas dibandingkan dengan mereka, kok! Malah, sebenarnya pulang kantor tepat waktu memiliki banyak keuntungan, mulai dari memiliki waktu lebih untuk istirahat, sampai menghindari stres. Nah, kalau Anda masih kesulitan untuk pulang tepat waktu, coba intip caranya di sini, yuk!

1. Rencakan Hari Anda

Cara Agar Bisa Pulang Kantor Tepat Waktu

Meskipun terdengar sepele, untuk bisa pulang tepat waktu, Anda perlu merencakannya hari Anda sedari awal, lho. Mungkin, tanpa disadari sebenarnya penyebab Anda tidak pulang tepat waktu adalah tidak adanya rencana untuk pulang waktu itu sendiri. Alih-alih merencanakan jam pulang, Anda justru bekerja dengan konsep go with the flow atau ‘sekelarnya saja’. Alhasil, ketika sudah waktunya pulang pekerjaan Anda pun masih menumpuk. Jika ingin pulang tepat waktu, jangan lupa untuk merecanakan waktu pulang Anda dan buatlah rencana hari Anda mengikuti waktu tersebut.

Baca juga: Agar Lebih Produktif, Yuk Lakukan 5 Hal Ini Pada Jam Pertama Anda Tiba di Kantor

2. Tentukan Prioritas

Cara Agar Bisa Pulang Kantor Tepat Waktu

Nah, dalam perencanaan hari Anda, atur pekerjaan berdasarkan prioritasnya. Mungkin ada beberapa dari Anda yang memilih kebiasaan mengerjakan pekerjaan yang disenangi terlebih dahulu atau menghindari pekerjaan berat karena belum ‘mood‘, padahal sebenarnya pekerjaan berat tersebut memiliki deadline yang lebih dulu dibandingkan pekerjaan lainnya. Jika ingin pulang tepat waktu, coba utamakan pekerjaan yang mendesak, atau deadline-nya sudah dekat, deh! Dengan mengatur pekerjaan Anda berdasarkan prioritas, Anda dapat menghindari ‘keharusan’ lembur karena Anda melewatkan pekerjaan yang seharusnya sudah diselesaikan lebih dahulu dan pulang tepat waktu.

3. Jangan Buang-buang Waktu

Cara Agar Bisa Pulang Kantor Tepat Waktu

Di tengah-tengah penatnya pekerjaan, scrolling linimasa media sosial atau bermain game di ponsel memang menjadi hiburan yang menyegarkan. Eits, tapi Anda perlu berhati-hati, lho! Saking asyiknya bermain handphone, bisa-bisa Anda menghabiskan waktu bekerja secara sia-sia (kecuali kalau Anda memang bekerja menggunakan handphone atau pekerjaan Anda melibatkan media sosial, ya 😜). Jangan sampai ‘usaha’ Anda untuk menghindari stres justru berujung pada stres lebih banyak karena jam kerja Anda yang bertambah. Coba dikurangi deh kebiasaan yang satu ini…

Baca juga: 5 Alasan Anda Perlu Memanfaatkan Istirahat Makan Siang dengan Maksimal

4. Beritahu Rekan Kerja Anda

Cara Agar Bisa Pulang Kantor Tepat Waktu

Selain menambah afirmasi untuk diri sendiri, ada alasan kenapa memberitahu rekan kerja bahwa Anda ingin pulang tepat waktu itu penting! Anda bisa mengatakannya dengan kalimat senada “Halo, hari ini aku harus pulang jam X, ya. Jadi, kalau ada apa-apa tolong bilang sebelum jam X, terima kasih.” Dengan memberitahu rekan-rekan kerja, Anda dapat menghindari kemungkinan adanya jadwal meeting menjelang jam pulang kerja, atau tambahan pekerjaan setengah jam sebelum Anda pulang (ingat, hanya mengurangi kemungkinan, ya 😅). Meskipun belum tentu Anda akan terbebas dari pekerjaan tambahan sebelum pulang, paling tidak Anda bisa meminimalisir kemungkinan tersebut.

5. Hindari Multitasking

Cara Agar Bisa Pulang Kantor Tepat Waktu

Beberapa waktu silam, sempat ada sebuah penelitian baru yang mematahkan miskonsepsi soal pekerjaan selama ini: multitasking tidak membuat pekerjaan Anda lebih cepat selesai. Dari riset yang dilakukan oleh Universitas Stanford, ditemukan bahwa multitasking lebih tidak produktif dibandingkan mengerjakan pekerjaan satu demi satu. Nah, mungkin kebiasaan multitasking ini jugalah yang menjadi biang kerok kenapa Anda selalu gagal pulang tepat waktu dan harus pulang larut malam.

Meskipun sulit, Anda bisa mulai berubah dengan hal yang mudah, yaitu hanya mengecek email secara berkala. Satu hal yang kerap saya alami adalah kebiasaan terus-terusan mengecek email. Misalnya, saya sedang mengerjakan tugas A, lalu saya mengecek email dan menemukan ada tugas tambahan, alhasil, saya yang ‘sudah terlanjur’ membaca email pun merasa kalau kedua pekerjaan tersebut harus diselesaikan dan memutuskan untuk multitasking. Fokus saya untuk tugas A pun malah terpecah dan membuat saya memakan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya. Jika Anda sama seperti saya, yuk, ingat-ingat lagi poin kedua di atas, yaitu mengatur prioritas!

Baca juga: Cara Melindungi Diri dari Bahaya Saat Harus Beraktivitas di Malam Hari

PREVIOUS ARTICLE

Ini 5 Alasan Kenapa Diet Vegan Efektif untuk Turunkan Berat Badan

NEXT ARTICLE

5 Wisata Makam Di Indonesia dan Luar Negeri yang Bisa Jadi Alternatif Liburan Anti-mainsteram

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

COMMENTS

28comments


  • Amalia Agustin2 days ago

  • Stephany Lin3 months ago

    nice article

  • Ayu Yustina3 months ago

  • anya lim3 months ago

    Kerja lembur bagai quda

  • Sella Puspita Melati3 months ago

    Harus dipraktekin ni 💪🏻

  • Maria Shinta Dewi Nugraheni3 months ago

    nomor 5 sepertinya sulit dilakukan

  • Bunga Wulandari3 months ago

    followback yaa

  • Annida Sherina3 months ago

    good

  • Tawang Handayani3 months ago

    follow back sist

  • Rebecca Natasya3 months ago

    lembur bagai kuda:")

  • Hany Handayani3 months ago

    Follback ya. thank u

  • eka alfariyani3 months ago

    mesti ku praktekkan

  • Hany Handayani3 months ago

    follback ya. thank u

  • Christa Vanessa3 months ago

    👌👌👌

  • Dewi R3 months ago

    easy to say but hard to do :(

  • Dewa ayu agung Diah pratiwi3 months ago

    Bener sih, tapi susah dipraktekin😂

  • Selvy DJAJALI3 months ago

    thank u info nya

  • Leidy Estartika Mandira3 months ago

    follback ya, thanks ^^

  • Audrey Vanessa3 months ago

    followback ?:)

  • Cut Mutia Arifin3 months ago

    nice

  • Wirma Claudia Rohdearni Damanik3 months ago

    nice info

  • Vidya G3 months ago

    sedih bgtt aplg makin malem makin macet

  • Tasha Valerin3 months ago

    Nice nice

  • Joanike Sayadi3 months ago

    like it

  • Salma Chasanah3 months ago

    Jamnya emang dilemburin :(

  • Nurina Adhalia3 months ago

    Jaman2 baru mulai kerja, lembur karena nungguin senior :"

  • Vivik Noviyanti3 months ago

    good articels

  • Ninik Erniati3 months ago

    thanks :)