ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Inspiration

Yuk, Sambut Hari Kunjung Perpustakaan dengan Menyambangi Perpustakaan Nasional Indonesia

Di tahun 1995 Presiden Soeharto meresmikan tanggal 14 September sebagai Hari Kunjung Perpustakaan. Selain itu, bulan September juga diperingati sebagai Bulan Baca dalam gerakan meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. Bagi Anda yang gemar membaca tentu momen ini bisa dimanfaatkan dengan berkunjung ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Karena selain memiliki berbagai acara di bulan September, Perpusnas juga hadir dalam tampilan yang lebih modern setelah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada tahun lalu. Di gedung setinggi 27 lantai ini, setiap pengunjung bisa bebas membaca berbagai genre buku sambil berwisata menikmati keindahan kota Jakarta.

berkunjung ke perpusnas

Pintu Masuk Berupa Gedung Kolonial Berisikan Koleksi Benda Bersejarah Hingga Modern

Sebelum memasuki area gedung utama, para pengunjung akan terlebih dahulu masuk ke sebuah bangunan bernuansa kolonial. Di tempat ini Anda akan melihat berbagai koleksi layaknya sebuah museum. Mulai dari foto-foto bersejarah, berbagai macam jenis media yang digunakan manusia untuk menulis, hingga instalasi seni yang unik di area tengah ruangan. Setelah menikmati berbagai koleksi tersebut, barulah pengunjung akan sampai di depan gedung Perpusnas yang tampak tinggi menjulang.

berkunjung ke perpusnas

Berbagai benda koleksi dan instalasi seni yang unik akan Anda temui di area bangunan kolonial sebelum masuk ke Perpusnas

Masuk ke gedung Perpusnas pengunjung akan disambut dengan jejeran buku yang dibuat bertingkat hingga ke lantai paling atas. Jika masih ingin melihat-lihat, Anda bisa menemukan deretan gambar presiden Indonesia dari Ir. Soerkarno hinga Jokowi serta berbagai buku yang menuliskan kisah dan perjuangan mereka, di area lobby.

Buat Kartu Anggota Perpusnas Tak Sampai 5 Menit

berkunjung ke perpusnas

Info mengenai fungsi tiap lantai.

Sebelum memasuki area baca sebaiknya Anda mampir dulu ke bagian loker guna menitipkan tas dan barang bawaan. Di sini Anda bisa menyimpan tas dan cukup membawa benda berharga ke lantai atas. Kalau membawa laptop, Anda bisa meminta tas jinjing pada penjaga.

Setelah menitipkan tas, selanjutnya Anda bisa menuju ke lantai 2 untuk membuat kartu anggota Perpusnas. Bagi yang baru ingin membuat kartu anggota, usahakan untuk datang lebih pagi, ya. Karena biasanya Perpusnas memberikan batas anggota baru setiap harinya, yaitu kisaran 400-500 orang saja. Untuk pembuatan kartu anggota Anda hanya tinggal mengisi formulir secara online lalu mengambil nomor antrian. Di area konter, cukup memberikan KTP dan persiapkan diri untuk difoto. Tak sampai 5 menit, kartu Perpusnas sudah jadi dan bisa langsung Anda gunakan untuk menikmati berbagai fasilitas di tempat ini.

Berbagai Pilihan Koleksi Buku di Tiap Lantai

berkunjung ke perpusnas

Setiap lantai di gedung ini memiliki fungsi masing-masing. Bagi Anda yang merasa lapar dan perlu mengisi perut bisa datang ke lantai 4 yang merupakan area kantin. Selain itu berbagai fasilitas pendukung di tempat ini juga cukup terjaga dengan baik, seperti ruang musala hingga toilet.

Untuk koleksi buku, Perpusnas memiliki koleksi yang lengkap mulai dari buku anak-anak, seni budaya, buku populer, majalah, koleksi foto lawas, hingga buku langka. Nah bagi Anda yang membawa anak kecil, bisa berkunjung ke lantai 7, yang merupakan area khusus untuk koleksi anak, lansia dan disabilitas.

Kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke Perpusnas? Sebenarnya Anda bisa berkunjung kapan saja tegantung kebutuhan, yang penting tidak terlalu sore agar bisa menikmati berbagai fasilitas dengan puas. Namun untuk jam bukanya Perpusnas bisa dikunjungi setiap hari kecuali saat libur nasional. Pada Senin-Jumat Perpusnas melakukan pelayanan dari pukul 09.00-18.00, Sedangkan di akhir pekan hanya buka dari pukul 09.00-16.00.

Membaca Buku Sambil Menikmati Pemandangan Jakarta

Selain memiliki fasilitas yang nyaman untuk digunakan sebagai tempat membaca dan mengerjakan berbagai tugas, Perpusnas juga memiliki kelebihan lain, yaitu menawarkan pemandangan Jakarta yang menakjubkan. Terlebih jika Anda berada di lantai 21 dan 24. Dari ketinggian ini Anda bisa melihat Monas dan area sekitarnya secara jelas. Selain bisa memberikan pemandangan yang memanjakan mata, Anda juga bisa mengabadikannya sebagai latar foto. Yuk, berkunjung ke perpustakaan!

Baca juga: Tak Hanya Inspiratif, Tampilan Visual Buku Milik Penulis Tanah Air Ini juga Instagramable!

PREVIOUS ARTICLE

Manfaatkan Dinding untuk Melakukan 5 Gerakan Olahraga Berikut Ini

NEXT ARTICLE

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Sleep Paralysis dan Cara Mengatasinya

RELATED ARTICLES

COMMENTS

2comments


  • Renata Aprianti1 month ago

    Akhirnya punya perpustakaan umum keren yang bisa dikunjungi! Dari dulu iri sama negara-negara yang punya perpus keren dimana kita bisa dtg untuk sekedar baca buku atau kerja

  • Lina Zahirah2 months ago

    Belum pernah ke sini...