ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Ingin Memulai Gaya Hidup Minimalis? Ini Berbagai Pertimbangan yang Perlu Dipikirkan Saat Menyortir Barang

Menjalani gaya hidup minimalis memang tidak mudah, terlebih bagi Anda yang terbiasa mengoleksi sebuah benda atau senang mempercantik tampilan rumah dengan berbagai aksesoris. Tetapi jika di tahun ini Anda sudah bertekat untuk menjalani gaya hidup yang hanya membeli dan menggunakan barang sesuai kebutuhan ini, maka diperlukan persiapan, seperti mulai menyortir barang yang ada di dalam hunian. Meski tidak mudah, tetapi pada dasarnya mengurangi barang yang dimiliki sama juga dengan menambah hal lain dalam hidup Anda, seperti waktu, kebebasan maupun ruang. Menurut Francine Jay, penulis buku The Joy of Less: A Minimalist Guide to Declutter, Organize, and Simplify ada berbagai hal yang perlu dipikirkan saat Anda mulai menyortir barang dan mengurangi benda dalam hunian. Apa saja? Simak di bawah ini ya.

Membuang barang yang benar-benar tidak berguna

Memulai gaya hidup minimalis

Bagi para pemula momen memilah barang untuk dibuang atau dijual mungkin bisa menjadi hal yang cukup sulit dilakukan. Namun sebagai langkah awal Anda bisa membuang barang yang benar-benar sudah tidak berguna. Seperti produk rumah tangga yang sudah tak lagi berfungsi. Pakaian yang sudah bolong atau robek, maupun membuang wadah dan kemasan makanan maupun produk yang sudah kosong dan kedaluwarsa.

Kurangi barang-barang kembar

Memulai gaya hidup minimalis

Selanjutnya Anda bisa meminimalisir barang dengan merelakan jenis barang yang sama atau barang kembar. Seperti pulpen, gunting maupun benda lain layaknya piring, gelas dan alat rumah tangga lainnya. Anda bisa mulai menghitung berapa jumlah benda yang sebenarnya dibutuhkan, lalu mulai menyortir barang sisa yang tak dibutuhkan.

Baca juga: Tertarik Hidup Minimalis? Ini 3 Hal yang Bisa Anda Lakukan Sebagai Pemula

Buang barang yang sudah setahun menganggur

Memulai gaya hidup minimalis

 Benda lain yang bisa Anda buang atau jual adalah benda yang sudah setahu belakangan tidak tersentuh atau terpakai. Anda bisa melihat benda ini dari tampilannya, misalnya saja barang sudah mulai berdebu. Karena jika sudah setahun tidak digunakan, kecil kemungkinan barang tersebut tiba-tiba menjadi penting di kemudian hari. Sedangkan untuk barang yang hanya digunakan 3 tahun sekali, atau hanya pada momen tertentu, Anda bisa menyewa dibandingkan menyimpannya. Karena menyimpan barang membuat Anda harus mengeluarkan energi untuk rutin melakukan perawatan, juga menambah ruang untuk penyimpanannya.

Buang barang yang dibeli hanya demi citra diri

Ada kalanya seseorang membeli barang hanya demi citra diri. Coba tanyakan pada diri Anda, apa alasan Anda membeli benda-benda tertentu. Memang butuh, atau sekadar sebagai pembuktian untuk menunjukkan aspek diri yang ingin ditonjolkan? Ada banyak orang yang membeli barang mewah hanya demi tampilan diri, padahal mungkin saja pada kenyataannya ia tidak benar-benar membutuhkan atau suka dengan benda tersebut. Untuk itu Anda juga perlu menghindari ‘jebakan’ gaya hidup sukses yang hanya diukur dari berbagai benda yang Anda miliki.

Bedakan keinginan dengan kebutuhan

Pemikiran lain yang bisa ditanamkan saat mulai menyortir barang adalah membedakan mana benda yang memang dibutuhkan dan benda yang sekadar diinginkan. Dengan memikirkan manfaat dan kegunaan benda tersebut, Anda bisa membedakan mana benda yang akan berguna dan mana benda yang nantinya hanya akan menumpuk dan sekadar memenuhi ruang tempat tinggal Anda. Seperti memiliki selimut untuk menghangatkan diri memang sebuah kebutuhan, tetapi jika jumlah selimut yang Anda miliki lebih dari 2 dan hadir dalam motif yang berbeda-beda, tentu hal ini sudah bukan lagi sebuah kebutuhan melainkan keinginan. Maka Anda bisa menyimpan 2 selimut dan sisa selimut lain bisa dijual atau sumbangkan pada yang lebih membutuhkan.

Baca juga: Berbagai Keuntungan Mengikuti Gaya Hidup Minimalis bagi Kesehatan Finansial

PREVIOUS ARTICLE

Ragam Profesi Unik yang Diprediksi akan Ada di Masa Depan. Tertarik Menggelutinya?

NEXT ARTICLE

Dapat Menenangkan Pikiran Hingga Meningkatkan Konsentrasi, Ini 5 Comfort Food yang Bisa Anda Coba

RELATED ARTICLES

comments