ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Beragam Manfaat Olahraga Skipping, Benarkah Mampu Menambah Tinggi Badan?

Olahraga skipping atau lompat tali sering disepelekan, karena dianggap permainan alih-alih olahraga. Padahal nih, menurut para pelatih dan pakar kesehatan, olahraga skipping justru punya banyak kelebihan ketimbang olahraga mainstream, seperti berlari di treadmill atau angkat beban. Yuk, baca beberapa manfaat olahraga skipping di bawah ini. Siapa tahu Anda jadi tertarik mencobanya!

Membakar Kalori Lebih Banyak daripada Olahraga Kardio

Percaya atau tidak, olahraga skipping adalah olahraga yang menuntut semua anggota tubuh untuk bergerak. Skipping juga bisa dikategorikan HIIT (High-Intensity Interval Training) workout. Dengan seluruh tubuh yang bergerak, skipping bisa membakar kalori hingga 1.300 hanya dalam waktu sejam. Lalu, yang lebih mencengangkan lagi, berdasarkan British Rope Skipping Association, 10 menit melakukan skipping memiliki manfaat kesehatan yang setara dengan berlari selama 45 menit!

Aman untuk Persendian

Ada beberapa orang yang malas melakukan olahraga kardio karena khawatir mengalami masalah persendian. Bagusnya, olahraga skipping termasuk olahraga low impact. Dibandingkan dengan olahraga lari, tekanan dalam skipping tidak besar dan olahraga ini terbilang aman untuk persendian.

Olahraga Tanpa Perlu Pemanasan

Karena menggerakkan seluruh tubuh dan tidak ada tekanannya, Anda tidak perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum skipping. Olahraga ini memiliki efek stretching yang bagus dan tubuh akan terasa lebih lentur. Nah, karena efek stretching inilah, olahraga skipping seringkali dianggap membuat tubuh lebih tinggi. Padahal, manfaat satu ini besar kemungkinan bisa dirasakan jika Anda sudah rutin melakukan skipping sejak anak-anak. Sedangkan bagi mereka yang baru menjajal latihan skipping di usia dewasa, efek menambah tinggi badan tidak akan terjadi, mengingat bagian tulang panjang sudah tak lagi tumbuh atau menutup.

Memperbaiki Keseimbangan Tubuh

Ada banyak martial artist, atlet, pentinju, hingga pemain tenis yang memasukkan skipping ke dalam porsi latihannya. Bahkan, selebriti seperti Justin Bieber dan Kate Hudson pun juga rutin melakukan skipping. Hal ini dilakukan karena skipping membuat Anda meloncat ke atas dan ke bawah, sehingga tubuh bagian tengah akan secara otomatis menjaga keseimbangan keseluruhan badan. Skipping juga menuntut koordinasi tubuh yang baik. Olahraga ini dijamin akan melatih keseimbangan tubuh Anda, deh.

Cocok untuk Pemula

Ya, baik tua maupun muda, gemar olahraga atau tidak, siapa saja bisa mencoba skipping. Anda tidak butuh skill berlari yang baik atau otot yang kuat, karena skipping hanya mengandalkan lompatan dan stamina. Selain itu, olahraga ini juga bisa dibilang sangat terjangkau. Alat skipping tidak terlalu mahal, Anda bisa membawanya dalam tas, dan melakukan skipping di mana saja.

Baca juga: Yuk, Mulai Berolahraga Sesuai Fase Usia untuk Mendapatkan Tubuh yang Selalu Bugar

PREVIOUS ARTICLE

Bisa Memberi Efek Buruk bagi Kesehatan, Sebaiknya 5 Kebiasaan Sehat ini Tidak Dilakukan Sembarangan

NEXT ARTICLE

Pasangan punya Sifat Pelit atau Hanya sedang Berhemat? Yuk Cari tahu Perbedaannya

RELATED ARTICLES

comments