ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Kenali Bahaya dari Online Dating untuk Menghindari Hal yang Tidak Diinginkan

Seiring dengan perkembangan jaman, online dating turut menjadi tren yang jadi pilihan para pria dan wanita lajang dalam mencari pasangan hidup. Namun sayangnya tren ini tidak hanya dilakukan oleh wanita dewasa, loh! Dalam salah satu video Social Media Experiment (Child Predator Experiment) yang dilakukan oleh Coby Persin, Coby membuat akun sosial media palsu dan bekerja sama dengan orangtua dari para gadis yang akan ia ajak bertemu. Tiga gadis yang masih berada di bawah usia 15 tahun dengan berani mengiyakan ajakan Coby untuk bertemu padahal baru saja berkenalan selama 4 hari! Mengejutkan, bukan?

Sebenarnya tren online dating bisa menjadi salah satu alternatif yang menarik untuk dicoba bagi mereka yang sudah cukup umur dan memahami berbagai kemungkinan dan risiko yang bisa didapatkan. Karena meskipun menawarkan pilihan yang lebih luas dalam mencari pasangan, online dating juga menyimpan berbagai sisi buruk yang bisa Anda alami jika tidak hati-hati.

1. Pemalsuan identitas

Cukup banyak orang yang memanfaatkan online dating sebagai sarana untuk mencari teman kencan. Biasanya, situs atau aplikasi online dating mengharuskan seseorang mendaftar terlebih dahulu dan mengisi beberapa data diri seperti tanggal lahir, email, daerah tempat tinggal, dan lainnya. Namun, banyak pengguna yang melakukan kebohongan terutama saat mengisi data terkait usia. Biasanya, pengguna berbohong demi mendapatkan akses masuk situs ataupun untuk mendapatkan akun dalam aplikasi online dating. Hati-hati, ladies! Bisa saja pasangan kencan adalah orang yang umurnya jauh di atas Anda!

2. Cyber sex

Cyber-sex (aktivitas seksual yang dilakukan melalui internet) menjadi hal yang paling menakutkan ketika melakukan online dating. Anda bisa saja terperangkap oknum jahat yang memanfaatkan situasi dalam kencan online. Umumnya, mereka akan melakukan rayuan saat melakukan chat, baik melalui kata-kata maupun video dan mengajak kita untuk berinteraksi dengan hal-hal yang berkaitan dengan seks atau meminta untuk memperlihatkan bagian tubuh pribadi dan masih banyak lagi. Hati-hati ladies! Jangan sampai Anda memenuhi permintaan orang seperti ini!

Baca juga: Ketemuan dengan Calon Gebetan dari Dating Apps? Jangan Coba-Coba Lakukan 5 Hal Ini

3. Penipuan

Kasus penipuan sepertinya menjadi kasus yang paling banyak ditemukan di dunia maya terutama ketika menyangkut masalah uang. Meskipun sudah merasa cocok dengan pasangan di dunia maya, Anda harus selalu waspada bila suatu waktu pasangan tampak berani meminjam uang untuk keperluan pribadinya. Mungkin pada awalnya ia bisa mengembalikan jumlah uang yang dipinjam dan Anda pun terbiasa meminjamkan uang padanya. Namun, tak menutup kemungkinan juga setelah mendapatkan uang dari Anda, ia akan menghilang tanpa jejak. Ladies, jangan tertipu dengan cerita dan rayuan yang bisa merugikan Anda secara materi ya!

4. Kasus kekerasan dan tindak kriminal

Tidak peduli seberapa baik Anda berpikir tentang pasangan dunia maya, tetap ingat bahwa semua yang Anda lihat adalah kata-kata dan gambar pada layar komputer dan smartphone. Percakapan telepon pun tidak bisa memberitahu jika seseorang itu ternyata berbahaya karena ‘orang jahat’ sudah sangat mengerti apa yang harus dikatakan dan dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan kita. Cukup banyak loh kasus pencurian, pemerkosaan, hingga pembunuhan yang diawali dari online dating!

Meskipun ada berbagai bahaya yang bisa saja mengintai, tapi online dating tidak serta-merta buruk, kok. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mendapatkan tambatan hati. Hanya saja tetap perlu waspada dan tidak mudah percaya dengan apa yang Anda lihat secara digital. Berikut beberapa Tips Aman yang bisa Anda terapkan.

  • Jangan memasang gambar provokatif
    Hindari penggunaan profile picture dengan pose seksi ataupun menggunakan pakaian yang ketat karena foto tersebut dapat mengundang perhatian seseorang untuk berbuat hal yang tidak diinginkan.
  • Bertemu di tempat ramai
    Jika Anda merencanakan untuk bertemu, pilihlah tempat umum seperti pusat perbelanjaan yang ramai, coffee shop, ataupun tempat umum yang ramai lainnya. Jangan mengajak atau mengiyakan ajakan untuk bertemu di rumah, kosan, dan tempat sepi. Hindari juga meminta pasangan untuk menjemput dengan mobil. Selain itu, perhatikan waktu bertemu dengan pasangan online dating. Usahakan bertemu di jam-jam normal, dan tidak bertemu saat tengah malam atau larut malam.
  • Punya kontrol diri
    Jangan biarkan teman kencan Anda bebas melakukan apa yang dia inginkan. Ingat jika kalian baru pertama kali bertemu dan jangan segan untuk menolak ketika pasangan kencan mulai membuat Anda merasa terintimidasi.
  • Siapkan berbagai alasan untuk bisa meninggalkan acara kencan
    Untuk beberapa hal, memiliki excuse diperlukan demi keselamatan diri. Jika Anda mulai merasa tidak nyaman baik saat belum bertemu atau ketika bertemu, selalu siapkan lebih dari 1 alasan yang bisa Anda gunakan untuk menolak permintaan pasangan kencan!

Bagaimana, ladies? Seram sekali ya jika kita bertemu dengan orang yang memanfaatkan hanya untuk kesenangan semata! Semoga hal tersebut tidak pernah terjadi pada Anda, ya!

Baca juga: Jangan Asal Main Kuis Online. Ketahui Dulu Bahaya Tersembunyinya Berikut

[Sumber Foto]

PREVIOUS ARTICLE

Ini 5 Hal yang akan Anda Rasakan jika Menggunakan Sandal Terlalu Lama

NEXT ARTICLE

5 Efek Samping dari Kebiasaan Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

RELATED ARTICLES

COMMENTS

2comments


  • Tiffania Evananda1 week ago

    follback yaa

  • To Marzuki Clavicula Dextra1 week ago

    Follback ya