Lifestyle

Kok Dihitung-Hitung Malah Anda yang Rugi? Ini Nih Aturan Sharing Dengan Teman!

Salah satu aktivitas yang identik dengan pergaulan adalah sharing cost, entah itu makan bareng saat hang out, membeli tiket pesawat saat promo sedang gila-gilaan, hingga traveling bareng dan berbagi uang penginapan. Coba Anda ingat-ingat, apa semua biaya tadi dibagi secara merata atau ada yang berat sebelah dan setelah dipikir ulang, Anda sering mendulukan segalanya dan jadinya nombok? Kalaupun sudah dihitung ulang, kok rasanya uang Anda kurang. Pernah merasakan hal tersebut ketika sharing dengan teman? Makanya, Anda perlu membaca aturan tak tertulis ini supaya tak terus merugi ladies

1. Perjelas Kalau Memang Ini Cost Sharing

Aturan Sharing Dengan Teman

Kadang-kadang, ada beberapa hal yang memang perlu dikatakan secara jelas, supaya tidak bikin salah paham. Jika ada acara kumpul-kumpul dan biaya yang dikeluarkan harus dari kantong masing-masing, katakan saja pada teman-teman Anda. Tidak perlu sungkan untuk mengatakannya, teman sendiri juga kan?

2. Jangan Malas Mengingatkan Teman yang Belum Bayar

Aturan Sharing Dengan Teman

“Eh say kamu belum bayar deh yang pas kita hang out kemarin…” Katakan saja hal ini dan jangan takut dibilang perhitungan. Tidak perlu merasa tidak enak atau memperhitungkan perasaan-perasaan khas orang Timur lainnya. Jangan sampai Anda memikirkan perasaan orang lain, sedangkan orang tersebut tidak memikirkan Anda. Yang ada, Anda akan capek sendiri!

Baca Juga: Hati-Hati, Jangan Jadi Tukang Kredit! Ini 5 Tanda yang Membuktikan Kalau Anda Terlalu Sering Pinjam Uang ke Teman

3. Lupa Menghitung Pajak

Aturan Sharing Dengan Teman

Ini nih kesalahan yang sering dilakukan orang-orang pada umumnya, mengabaikan pajak ketika sharinig dengan teman, terutama ketika makan bersama. Kalau dihitung-hitung, pajak makanan dan service tax bisa berjumlah ratusan ribu lho! Kalau Anda termasuk orang yang sering hang out bersama teman-teman di restoran atau sering melakukan pesan-antar, poin ini juuga wajib dicermati!

4. Hanya Mengandalkan Ingatan

Aturan Sharing Dengan Teman

Kalau semua pembayaran dilakukan oleh Anda, pastikan Anda mencatat seluruh pengeluarannya. Kadang, yang bikin Anda merugi adalah karena Anda melupakan beberapa pengeluaran penting. Kalau hanya sharing makan siang, mungkin hal ini tak akan terlupa dari ingatan. Nah, kalau Anda pergi liburan dan banyak pengeluaran yang di-handle oleh Anda bagaimana? Siapkan catatan khusus untuk hal-hal seperti ini ketika sharing dengan teman. Kalau tak mau repot, Anda bisa mencatat pembagian pengeluaran di balik receipt dan simpan di dalam dompet. Kalau belum terbayar semua, jangan dibuang!

5. “Dibulatkan Jadi Sekian”

Aturan Sharing Dengan Teman

Apakah kata-kata ini sering keluar dari mulut Anda? Untuk Anda yang tak suka memiliki banyak pecahan uang di dompet, membulatkan bagian pembayaran orang lain adalah hal yang praktis ketika sedang sharing dengan teman. Misalnya saja, si A yang harusnya membayar Rp7.250, Anda bulatkan pembayarannya menjadi Rp7.000 saja. Lebih enak menghitungnya kan? Nah, jika ada banyak orang yang ikutan sharing dan Anda melakukan pembulatan ke bawah untuk semuanya, tak heran kalau Anda merasa uang Anda kurang. Sesekali sih tidak apa-apa, namun usahakan tidak melakukannya terlalu sering. Lebih baik, Anda beritahukan total yang harus dibayarkan dan selalu siapkan uang kembaliannya. Kalau teman tak mau ada kembalian, maka itu rezeki yang tak boleh ditolak. He he he….

PREVIOUS ARTICLE

Hati-Hati, Masalah Rambut Ini Bisa Menjadi Tanda Adanya Masalah Pada Kesehatan Tubuh

NEXT ARTICLE

Bebas Junk Food, Ini 3 Rekomendasi Tempat Makan Enak Tanpa 'Rasa Bersalah'

RELATED ARTICLES

comments