Guide

Cinta Sih Cinta, tapi Urusan Meminjamkan Uang kepada Pacar Ada Aturannya, Lho

Mustahil rasanya menjalin hubungan tanpa menghadapi berbagai masalah. Mulai dari rasa cemburu, kurang perhatian, isu selingkuh hingga soal uang, bisa jadi pemicu pertengkaran yang membuat hubungan adem ayem berubah jadi penuh konflik. Faktor yang terakhir disebutkan juga tak kalah sensitif dengan masalah orang ketiga. Bahkan masalah keuangan seringkali jadi penyebab utama perceraian pasangan.

Tak kalah krusial, dalam hubungan berpacaran masalah uang juga kerap memancing konflik. Terutama bagi mereka yang memiliki pasangan dengan kebiasan gemar meminjam uang. Cinta sih cinta, tapi sebelum merelakan sebagian uang milik Anda dipinjam oleh sang pacar, sebaiknya ketahui dulu aturan-aturan berikut ini!

1. Anda Sudah Sangat Mengenal Pacar

Durasi kedekatan menjadi salah satu pertimbangan Anda dalam meminjamkan uang kepada pacar. Nggak mungkin kan baru jadian seminggu sudah berani meminjamkan uang dan Anda atas nama cinta mengiyakan saja? Cinta sih cinta, tapi tetap harus pakai logika. Jika umur hubungan Anda baru beberapa bulan, dan Anda belum mengetahui karakter dan lingkungan keluarga pasangan dengan baik tak ada salahnya untuk menolak permintaan dia. Daripada harus meminjamkan langsung lebih baik bantu dia dengan mencari peluang untuk mendapatkan uang. Meskipun tidak membantu secara materi, tapi Anda tetap membantunya secara moril.

2. Anda Tahu Pasti Alasannya

Jangan asal memberikan uang kalau Anda tidak tahu alasannya apa. Tidak ada salahnya kepo untuk kebaikan Anda dan dia pastinya. Salah satu cara membangun kepercayaan ya dengan sama-sama jujur. Jangan menyembunyikan masalah, ceritakan apa adanya. Anda bisa tanyakan pelan-pelan kepada pacar, problem apa yang ia hadapi, sampai membutuhkan bantuan dana dari Anda. Siapa tahu selain membantu dari sisi keuangan Anda bisa memberikan solusi lain. Positifnya, kalau berhasil melewati ini, hubungan kalian bisa jadi semakin erat.

3. Pasti Dibayar atau…

Sebelum meminjamkan uang, sebaiknya Anda tahu lebih dulu apakah uang tersebut bisa dikembalikan atau tidak. Kalau seandainya tidak bisa jangan sampai ini menjadi masalah di kemudian hari dan membuat Anda dan dia bertengkar. Jika jumlah uang yang dipinjamkan tergolong besar, sebaiknya buat perjanjian secara resmi mengenai waktu pelunasannya. Bukannya bersikap pelit dan tidak percaya, namun masalah uang cukup sensitif dan bisa membuat kawan jadi lawan. Lagi pula kalau pacar sungguh-sungguh akan menggantinya tentu membuat perjanjian secara sah tidak akan jadi masalah untuk dia. Kalaupun ia menolak, Anda perlu curiga dan berhati-hati, nih.

4. Ini yang Pertama atau Kesekian Kalinya?

Apakah ini yang pertama kali atau jangan-jangan sudah kesekian kalinya? Jangan sampai meminjam uang ke Anda jadi kebiasaan si pacar. Apalagi dia menjadikan Anda sebagai ‘lumbung emas’. Ingat hubungan yang masih dalam tahap berpacaran tidak mewajibkan Anda untuk saling bertanggung jawab dengan nafkah hidup. Jadi kalau merasa pacar sering meminjam uang demi kebutuhan hidup, sudah waktunya Anda menyudahi hubungan dan mencari sosok yang lebih baik.

5. Meminta dengan Memaksa

Meminjam uang kepada pacar juga ada aturannya. Bagaimana cara dia meminjam uang? Apakah memaksa, merayu sampai Anda merasa bersalah atau seolah menjadikan ini sebagai kewajiban Anda? Jangan sampai menjadi korban manipulasi pria kere juga ladies. Be a smart and bold woman!

Baca juga: Jangan Terus Diikuti, 5 Mitos Keuangan Ini Sudah Ketinggalan Jaman

PREVIOUS ARTICLE

5 Fakta Menarik Seputar Coachella Festival, Festival Musik Tahunan Paling Populer di Dunia

NEXT ARTICLE

Ketemu Teman Baru Saat Traveling Memang Asyik, tapi Wajib Hati-hati dengan 5 Hal Ini

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments