ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Inspiration

Deretan Artis Wanita Inspiratif yang Sukses Melawan Kanker Payudara

Bulan Oktober diperingati sebagai Breast Cancer Awareness. Di mana pada bulan ini para wanita di dunia beramai-ramai mengkampanyekan pentingnya melakukan pencegahan dan deteksi dini kanker payudara. Seperti diketahui, kanker payudara masih menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi para wanita. Kanker payudara disebut sebagai salah satu penyakit ganas yang memiliki angka kematian cukup tinggi pada wanita. Setiap tahun terdapat 7 juta penderita kanker payudara dan 5 juta orang meninggal.

Bahkan menurut data dari Globocan, International Agency for Research on Cancer (IARC) tahun 2012, kanker payudara merupakan kanker dengan persentase kasus baru tertinggi di dunia, yakni sebesar 43,3%. Walau jenis kanker ini masih dibilang sulit untuk disembuhkan, tetapi tak perlu berkecil hati karena dengan keyakinan dan tekat yang kuat untuk sembuh, penyakit mematikan ini dapat dilawan. Seperti beberapa artis cantik yang sukses melawan keganasan kanker payudara bahkan telah dinyatakan sembuh berikut ini.

1. Kylie Minogue

Penyanyi asal Australia yang kini telah memasuki usia 50 tahun ini pada 13 tahun silam sempat di diagnosa menderita kanker payudara. Setelah dinyatakan oleh dokter bahwa dirinya mengidap penyakit tersebut pelantun Spinning Around ini pun terpaksa membatalkan tur Showgirl di Australia pada Mei 2005 untuk berkonsentrasi penuh pada pengobatannya.

Dalam proses pengobatannya Kylie Minogue mengalami masa sulit hinga ia sempat merasa down. Namun untungnya semangat untuk terus sembuh, membuat wanita berzodiak gemini ini akhirnya dinyatakan sembuh setelah 8 bulan lamanya berjuang melawan kanker yang diderita. Kini Kylie kerap mengkampanyekan pentingnya untuk melakukan pemeriksaan sejak dini ke dokter apabila mengalami tanda-tanda menyerupai gejala kanker payudara.

2. Cynthia Nixon

Aktris cantik yang terkenal lewat perannya pada serial Sex and the City ini pernah dinyatakan mengidap kanker payudara pada tahun 2006.  Di tahun tersebut Nixon merasa ada sesuatu yang salah pada tubuhnya sehingga ia memutuskan untuk melakukan mammogram secara rutin. Hasil pemeriksaan menemukan benjolan yang ternyata tumor di payudara kanannya. Untungnya benjolan tersebut masih tergolong kecil sehingga ia mendapat perawatan berupa lumpektomi dan radiasi setelahnya. Hal ini membuat Nixon tak perlu melakukan kemoterapi.

Pada saat dirinya didiagnosa terkena kanker payudara Nixon tidak ingin khalayak umum mengetahuinya. Ia baru menceritakan pengalamannya melawan kanker setelah dirinya dinyatakan sembuh. Saat ini Cynthia Nixon diketahui menjadi aktivis The Cure. Dalam organisasi tersebut Nixon tak hanya menjadi penyandang dana, tetapi juga mengedukasi wanita di seluruh dunia tentang bahaya kanker payudara. Tak hanya itu, Nixon juga berbagi pengalaman tentang pentingnya pemeriksaan payudara secara rutin.

3. Sheryl Crow

Dikenal sebagai salah satu penyanyi country, di tahun 2006 Sheryl Crow sempat mendapatkan kabar buruk jika dirinya diketahui menderita kanker payudara ductal. Setelah mendapatkan kabar tersebut ia pun langsung membatalkan seluruh jadwal konsernya. Sheryl Crow menjalani operasi lumpektomi serta pengobatan radiasi selama tujuh minggu lamanya. Tidak hanya menjalani proses pengobatan kedokteran, mantan tunangan dari Lance Amstrong ini juga mengombinasikan pengobatannya dengan terapi akupuntur dan rutin meminum teh herbal. Selain itu Sheryl Crow juga menjaga agar tetap berada dalam suasana lingkungan yang positif untuk penyembuhannya.
Sheryl mengaku terinspirasi dari kisah seorang wanita yang berhasil sembuh dalam melawan kanker berkat dukungan positif dari keluarga dan teman-temannya. Tidak ingin wanita lain merasakan penderitaan yang dialaminya, sejak itu Sheryl mulai ikut memberikan penyuluhan yang menganjurkan para perempuan untuk melakukan deteksi dini kanker payudara. Dan pada tahu 2010, wanita berusia 56 tahun ini mendirikan The Sheryl Crow Center, sebagai bagian dari Pink Lotus Breast Cancer.

4. Rima Melati

Perjuangan aktris senior Indonesia ini melawan kanker payudara mungkin sudah sering kita dengar. Pada saat Rima Melati masih berusia 45 tahun dirinya terdiagnosa menderita kanker payudara stadium 3B.  Saat memeriksakan diri ke dokter, Rima diberitahu jika operasi pengangkatan payudara sebelah menjadi jalan satu-satunya yang harus ditempuh. Namun saat itu sang suaminya mengajaknya ke negara Kincir Angin untuk melakukan pengobatan di salah satu Rumah Sakit di Kota Rotterdarm. Di sana ia menjalankan puluhan kali kemoterapi, dan akhirnya setelah berjuang selama beberapa tahun ia pun dinyatakan sembuh tanpa perlu melakukan mastektomi. Dan kini memasuki usia yang ke 79 tahun, aktris peran ini masih terlihat begitu sehat dan bugar. Ia mengatakan setelah dirinya dinyatakan sembuh, ia pun mulai menerapkan gaya hidup sehat. Salah satunya adalah menjaga asupan makanan, ia sama sekali tidak mengonsumsi daging-dagingan untuk menghindari pemicu kanker.

Baca juga: Berbagai Gangguan Psikologis yang Rentan Dialami Wanita

PREVIOUS ARTICLE

Nomad Hostel Kemang, Penginapan yang Tepat untuk Menghabiskan Waktu Berkualitas Bersama Sahabat

NEXT ARTICLE

5 Alasan yang Membuat Seseorang Memilih Kembali pada Mantan Meski Sudah Disakiti

RELATED ARTICLES

QC Content at Beauty Journal

comments